Minat Murid Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga Di SD Negeri Sudirman 1 Kota Makassar

Sahabuddin Sahabuddin(1*), Sudirman Sudirman(2), Ricardo Valentino Latuheru(3), La Kamadi(4),

(1) Universitas Negeri Makassar, SINTA ID : 6709128
(2) Univesitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v5i3.40392

Abstract


The purpose of this study was to determine the level of student interest in sports extracurricular activities. This research is a descriptive study using a survey method, and collecting information or data using a questionnaire. As for the population in this study were all students of SD Negeri Sudirman 1 Makassar City. The sampling technique for this research was purposive sampling where the sampling technique was based on considerations with a total sample of 40 people. Collecting data in a study is very important, because the data collected is material for testing a research hypothesis that has been proposed. Data collection in principle must be in accordance with the desired target. Data collection was carried out as follows: observation/survey, questionnaire/questionnaire and documentation. Data analysis techniques in this study used descriptive data analysis techniques. While the calculations in the questionnaire use a descriptive percentage. The results of this study explain that students' interest in sports extracurricular activities at SD Negeri Sudirman 1 Makassar City out of 40 students, 22 students (55.0%) have a very high category and 18 students (45%) in the high category while the average score results -the average obtained is 75.8750 or 76 (rounded value). Thus it can be concluded that students' interest in sports extracurricular activities at SD Negeri Sudirman 1 Makassar City is categorized as very high.


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat minat murid pada kegiatan ekstrakurikuler olahraga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survei, dan pengumuplan informasi atau data dengan menggunakan kuesioner. Adapun yang dijadikan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh murid SD Negeri Sudirman 1 Kota Makassar. Teknik dalam pengambilan sampel penelitian ini adalah sampling purposive dimana teknik pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 40 orang. Pengumpulan data dalam suatu penelitian adalah hal yang sangat penting, sebab data yang dikumpulkan merupakan bahan untuk menguji suatu hipotesis penelitian yang telah diajukan. Pengumupulan data pada prinsipnya harus sesuai dengan sasaran yang diinginkan. Pengumpulan data yang dilakukan adalah sebagai berikut: observasi/survei, angket/kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif. Sedangkan perhitungan dalam angket menggunakan deskriptif presentase. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa minat murid pada kegiatan ekstrakurikuler olahraga di SD Negeri Sudirman 1 Kota Makassar dari 40 murid, yang memiliki kategori sangat tinggi sebanyak 22 murid (55,0%) dan kategori tinggi sebanyak 18 murid (45%) sedangkan hasil nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 75,8750 atau 76 (nilai pembulatan). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa minat murid pada kegiatan ekstrakurikuler olahraga di SD Negeri Sudirman 1 Kota Makassar dikategorikan sangat tinggi.


Keywords


Interests; Extracurriculars; Sports; Minat; Ekstrakurikuler; Olahraga

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Apriansyah, B., Sulaiman, & Mukarromah, S. B. (2017). Kontribusi Motivasi, Kerjasama, Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Atlet Sekolah Sepakbola Pati Training Center di Kabupaten Pati. Journal of Physical Education and Sports, 6(2), 101–107.

Arifin, S. (2017). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1), 78–92. https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3666

Bangun, S. Y. (2019). Peran Pelatih Olahraga Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Bakat Dan Minat Olahraga Pada Peserta Didik. Jurnal Prestasi, 2(4), 29. https://doi.org/10.24114/jp.v2i4.11913

Bangun, & Yunis, S. (2016). Peran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Pada Lembaga Pendidikan di Indonesia. Publikasi Pendidikan, 6(3). https://doi.org/10.26858/publikan.v6i3.2270

Bismar, A. R., & Sahabuddin. (2019). Studi Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Siswa SMP di Makassar. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar, 103–107. https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/8250

Burhanuddin, S., Syahruddin, S., Sahabuddin, S., & Majang, M. (2022). Pendekatan Saitifik Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menggiring Bola. Jambura Journal of Sports Coaching, 4(2), 88–102. https://doi.org/10.37311/jjsc.v4i2.15499

Cahyono, N. D. (2017). Minat Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga Di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Playen Kabupaten Gunungkidul. E-Journal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 6(5), 5–9. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pjkr/article/view/6692

Clarita, N., Raibowo, S., Prabowo, A., & Nopiyanto, Y. E. (2021). Peran guru pendidikan jasmani dalam pelaksanaan sekolah siaga bencana pada kawasan pesisir pantai. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 10(2), 143–154. https://doi.org/10.36706/altius.v10i2.14718

Dhedhy, Y. (2016). Pembentukan Karakter Anak Dengan Jiwa Sportif Melalui Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Jurnal Sportif, 2(1), 101–112.

Faozi, A. (2016). Peningkatan Hasil Belejar Memukul Bola Kasti Melalui Permainan Drop Ball.

Furqoni, R. S., & Wisnu, H. (2015). Peranan Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembelajaran Pendidikan Kesehatan Di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMP) Se Subrayon 06 Kabupaten Bondowoso. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(2), 249–253. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/9/article/view/13522

Gede Yogi Saputra, R. M. A. (2021). Minat Siswa Kelas VII Dan VIII Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan SMP Negeri 15 Mesuji. Journal of Physical Education (JouPE), 2(1), 17–25. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanolahraga/index

Haris, F., Taufan, J., & Nelson, S. (2021). Peran Guru Olahraga bagi Perkembangan Pendidikan Jasmani Adaptif di Sekolah Luar Biasa. Jurnal Basicedu, 5(5), 524–532. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1469

Harvianto, Y. (2019). Minat Partisipasi Dalam Olahraga Ditinjau Dari Suku Bangsa Pada Siswa DI Kota Palangka Raya. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 4(4), 17–30. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPE/article/view/674

Ikhsan, A., & Argantos. (2019). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. JP&O (Jurnal Pendidikan Dan Olahraga), Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Padang, 2(1), 171–176.

Jatmika, H. M. (2005). Pemanfaatan Media Visual Dalam Menunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(1), 89–99. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpji.v3i1.6176

Kamnuron, A., Hidayat, Y., & Nuryadi. (2020). Perbedaan Kepercayaan Diri Pada Siswa yang Mengikuti Ekstrakurikuler Olahraga. Physical Activity Journal, 1(2), 133–141. https://doi.org/doi.org/10.20884/1.paju.2020.1.2.2394

Kusuma, R. A., & Winarno, M. . (2018). Efektifitas Waktu Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP. Gelanggan Pendidikan Jasmani Indonesia, 2(2), 135–141. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um040v2i2p135-141

MahPutra, A., & Wisnu, H. (2019). Identifikasi Penyebab Rendhanya Minat Siswa Terhadap Ekstrakurikuler Olahraga di SMAN 11 Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 7(1), 75–78. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/26445/

Maulizar, A., Jafar, M., & Masri. (2018). Minat Siswa Terhadap Ekstrakurikuler Cabang Olahraga DI SMP Negeri 18 Banda Aceh Tahun Ajaran 2016. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unsyiah, 4(1), 43–48. http://www.jim.unsyiah.ac.id/penjaskesrek/article/view/7084

Musthofa, M., Wiyanto, A., & Setyawan, D. A. (2019). Minat Siswa Dalam Ekstrakurikuler Olahraga Futsal Di SMA N 1 Pamotan Kabupaten Rembang. Jurnal Ilmiah Penjas, 5(1), 1–22. http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/770

Nazirun, N., Gazali, N., & Fikri, M. (2020). Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Penjakora, 6(2), 119. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/penjakora.v6i2.20898

Nur, H. W., Nirwandi, N., & Asmi, A. (2018). Hubungan Sarana Prasarana Olahraga Terhadap Minat Siswa Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sma N 1 Batipuah Kabupaten Tanah Datar. Jurnal MensSana, 3(2), 93. https://doi.org/10.24036/jm.v3i2.82

Nurmawati, N., Resita, C., & Afrinaldi, R. (2021). Minat Siswa dalam Mengikuti Ekstrakurikuler Olahraga di SMA Negeri 20 Kabupaten Tangerang. Jurnal Literasi Olahraga, 1(2), 153–161. https://doi.org/10.35706/jlo.v1i2.3910

Pohan, R. A. (2016). Kontribusi kepercayaan diri dan persepsi siswa terhadap kegiatan merespon dalam pembelajaran serta implikasinya dalam bimbingan dan konseling. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 146–161.

Prasetyo, E., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Kelas III SDN Buluh 2. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1), 76–82. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1015

Prayadi, H. Y., & Putra, H. D. C. (2022). Peran Guru PJOK dalam Upaya Meningkatkan Minat dan Pelaksanaan Pembelajaran Atletik Nomor Lompat Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 18(1), 48–56. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpji.v18i1.49136

Rizqi Azizah, A., & Pujo Sudarto, E. (2021). Minat Mengikuti Ekstrakurikuler Bola Voli Siswa Smp Negeri 3 Satu Atap Karangsambung Kecamatan Karangsambung Tahun Ajaran 2019/2020. JUMORA: Jurnal Moderasi Olahraga, 1(01), 35–44. https://doi.org/10.53863/mor.v1i01.132

Rohmansyah, N. A. (2015). Peran guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam upaya pembentukan karakter kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah CIVIS, V(2), 879–887. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/civis.v5i2/JULI.906

Rohmansyah, N. A. (2017). Pendidikan Jasmani dan Olahraga Sebagai Media Penegmbangan Karkater Siswa. Jurnal PENJAKORA, 4(1), 38–50. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/penjakora.v4i1.11752

Sahabuddin, Hakim, H., & Bismar, A. R. (2020). Analisis Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Terhadap Motor Ability dan Hasil Belajar Pada Siswa SD Negeri di Kabupaten Pinrang. JCESPORT, Ubharajaya, 1(1), 35–48. https://doi.org/https://doi.org/10.31599/jces.v1i1.84

Saitya, I. (2022). Pentingnya Perencanaan Pembelajaran Pada Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. PIOR: Jurnal Pendidikan Olahraga, 1(1), 9–13. http://jurnal.habi.ac.id/index.php/Pior/article/view/53

Saleh, M. S., & Malinta, S. S. (2020). Survei Minat Belajar Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di SMPN 30 Makassar. Kinestetik, 4(1), 55–62. https://doi.org/10.33369/jk.v4i1.10347

Saputra, I. Y. (2015). Minat Siswa Terhadap Ekstrakurikuler Olahraga Bola Voli Di SMAN 2 Kabupaten Pacitan. Artikel Skripsi, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 01(08), 1–13. simki.unpkediri.ac.id

Setiawan, W., & Wisnu, H. (2019). Survei Peran Guru Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi Terhadap Terlaksananya Pendidikan Kesehatan Di SMP Se- Kecamatan Lakarsantri Kota Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 7(2), 267–271. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/9/article/view/27489

Simorangkir, A. M. A. (2014). Kontribusi Komunikasi Persuasif Guru Terhadap Kepercayaan Diri dan Motivasi Belajar. Jurnal Penlitian Pendidikan, 6(2), 68–76.

Siswandaru. (2015). Hubungan Antara Minat Dengan Keterampilan Dasar Bola Voli Siswa yang Mengikuti Ekstrakurikuler Bola Voli di SMP Negeri 2 Sewon Tahun Ajaran 2014/2015. EPrints@UNY, Lumbung Pustaka Universitas Negeri Yogyakrta. https://eprints.uny.ac.id/32207/

Subekti, T. (2005). Minat Siswa SMA Negeri di Kabupaten Kulonprogo terhadap Kegiatan Ekstrakulikuler Olahraga. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta, 2, 109–116. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpji.v2i2.4317

Sudirman, Syahruddin, & Sahabuddin. (2022). Tingkat Keterampilan Gerak Dasar Sepakbola Pada Siswa SMA Negeri 2 Majene. JOKER, Jurnal Olahraga Kebugaran Dan Rehabilitasi, 2(1), 43–52. https://doi.org/https://doi.org/10.35706/joker.v2i1.6479

Suganda, O., Syafrial, S., Sutisyana, A., Arwin, A., & Prabowo, A. (2021). Peran Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Dalam Kegiatan Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Di SMK Negeri Se-Kabupaten Bengkulu Utara. SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(2), 319–327. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v2i2.17102

Syahrin, A., & Bustamam, A. (2017). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Membentuk Karakter Siswa Pada MTs Se-Banda Aceh Tahun Pelajaran 2016-2017. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi, 3(2), 76–91. http://www.jim.unsyiah.ac.id/penjaskesrek/article/view/3276

Valentino, R. F., & Ardian, A. (2017). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas Khusus Olahraga. Jurnal Olahraga, 3(1), 41–50. https://doi.org/https://doi.org/10.37742/jo.v3i1.71

Valentino, R. F., & Iskandar, M. (2020). Identivikasi minat siswaa pada ekstrakulikuler sepak bola. Jurnal Master Penjas & Olahraga, 1(1), 55–64. https://doi.org/doi.org/10.37742/jmpo.v1i1.7


Article Metrics

Abstract view : 190 times | DOWNLOAD PDF view : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: [email protected]

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: