Permainan Tradisional Hadang Dan Boi Batu Sebagai Media Pembentukan Karakter Anak

Romadhan Ridwan(1*), Muhamad Ihsan Azhim(2),

(1) Dinas Pendidikan Provinsi Nusa Tenggara Timur
(2) Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v5i3.38168

Abstract


This study aims to determine the formation of character and character values through the traditional game of Hadang and Boi Batu in the B-73 learning park. This type of research is qualitative. This research is a descriptive-qualitative research. The subjects in this study were children who were members of the study group. Data collection techniques in this study include interview, observation, and documentation techniques and then the data is analyzed using the Miles and Huberman model, namely data reduction, data display, and drawing conclusions. The results of the study indicate that character building through the traditional game of Hadang and Boi Batu in the B-73 learning park is through three components, namely: 1) providing knowledge about the values of kindness through traditional games, 2) providing motivation to do good values through games. traditional games, 3) giving direction to do good values through traditional games. Character values in the traditional game of Hadang and Boi Batu in the Learning and Playground Park B-73 include religious, honest, disciplined, hard work, creative, democratic, curiosity, friendly / communicative, love peace, care for the environment, responsibility, courage .

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  pembentukan karakter dan nilai-nilai karakter melalui permainan tradisional Hadang dan Boi Batu di taman belajar B-73. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif-kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak yang tergabung dalam kelompok belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi kemudian data dianalisis dengan menggunakan model Miles and Huberman, yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menujukan bahwa pembentukan karakter melalui permainan tradisional Hadang dan Boi Batu di taman belajar B-73 adalah melalui tiga komponen yaitu : 1) pemberian pengetahuan tentang nilai-nilai kebaikan melalui permainan tradisional,  2) pemberian motivasi untuk melakukan nilai-nilai kebaikan melalui permainan tradisional, 3) pemberian arahan untuk melakukan nilai-nilai kebaikan melaui permainan tradisional. Nilai-nilai Karakter dalam Permainan Tradisional Hadang dan Boi Batu di Taman Belajar dan Bermain B-73 diantaranya religius, jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, demokratis, rasa ingin tahu, bersahabat / komunikatif, cinta damai, peduli lingkungan, tanggungjawab, berani.


Keywords


Characters; Traditional Games; Karakter; Permainan Tradisional

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Aisyah. 2018. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya. Jakarta: Prenada Media Group.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Aunillah, Nur Isna. 2015. Membentuk Karakter Anak Sejak Janin. Yogyakarta: Flashbook.

Fadlillah, Muhammad. 2012. Desain Pembelajaran PAUD. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Fadlillah, Muhammad & Khorida,Lilif Mualifatu. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Konsep & Aplikasinya Dalam PAUD. Jakarta: Ar-Ruzz Media

Fadlillah, Muhammad. 2017. Buku Ajar Bermai & Permainan Anak usia Dini. Jakarta: Prenada Media Group.

Helmawati. 2017. Pendidikan Karakter Sehari-hari. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Lexy, J. Moleong. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Lickona, Thomas. 2014. Pendidikan Karakter Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan baik. Bandung: Nusa Media.

Mulyani, Novi. 2016. Super Asyik Permainan Tradisional Anak Indonesia. Yogyakarta: Diva Press.

Majid, Abdul, Andayani Dina. 2017. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosda karya.

Musfiroh, Tadkirotun & Tatminingsih, Sri. 2015. Bermain dan Permainan Anak.Tangerang selatan: Universitas Terbuka.

Semiawan,R. Conny. 2008. Belajar dan pembelajaran Pra sekolah dan Sekolah. Jakarta: Indeks.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Samani, Muchlas dan Hariyanto.2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wiyani, Ardy Novan. 2014. Buku Ajar Penanganan Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Wiyani Ardy Novan. 2015. Manajemen PAUD Bermutu Konsep dan Praktik MMT di KB, Tk/RA. Yogyakarta: Gava media.

Wiyani, Ardy Novan. 2018. Pendidikan Karakter Anak Konsep dan Implementasi di SD dan MI. Purwokerto: STAIN Press.

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan karakter. Jakarta: Kencana Prenada Group.


Article Metrics

Abstract view : 69 times | DOWNLOAD PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: