Pengaruh Penggunaan Multimedia Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Peserta Didik SMA Negeri 5 Makassar
(1) Universitas Halu Oleo
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v5i3.38167
Abstract
Based on the result of observation at SMAN 5 in Makassar on the utilization of multimedia on Economy subject in IPS (Social Sciences) class showed that the learning quality was low which made impact on students’ learning achievement. The study aimed at explaining the influence of utilizing multimedia and teacher’s creativity on students’ learning achievement in Economy at SMAN 5 in Makassar. The study was a survey research with verificative research and commonly known as explanation research. Technique used in obtaining the sample was Proportional Random Sampling. Data obtained were analyzed using two types of statistics, namely descriptive statistics and inferential statistics. The results of the study reveal that there is influence of utilizing multimedia on students’ learning achievement in economy in IPS at SMAN 5 in Makassar.
Berdasarkan hasil observasi di SMA Negeri 5 Makassar tentang penggunaan multimedia pada mata pelajaran ekonomi di kelas IPS menujukkan bahwa mutu pembelajaran rendah sehingga berdampak terhadap prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh penggunaan multimedia terhadap prestasi belajar ekonomi peserta didik pada jurusan IPS SMA Negeri 5 Makassar. Metode penelitian ini adalah penelitian survai yang bersifat verificative research dan lazim diartikan penelitian penjelasan. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel ini adalah Proportional random sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan dua jenis statistik yaitu statistik deskriptif dan statistic inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh antara penggunaan multimedia dengan prestasi belajar ekonomi peserta didik pada jurusan IPS SMA Negeri 5 Makassar.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD PDFReferences
Astuti, S.P., 2015. Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Form. J. Ilm. Pendidik. MIPA 5. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.167
Chairunnisa, C., 2018. Pengaruh Literasi Membaca Dengan Pemahaman Bacaan (Penelitian Survei pada Mahasiswa STKIP Kusumanegara Jakarta). J. Tuturan 6, 745. https://doi.org/10.33603/jt.v6i1.1584
Chisita, C.T., Chiparausha, B., Tsabetse, V., Olugbara, C.T., Letseka, M., 2022. Remaking academic library services in Zimbabwe in the wake of COVID-19 pandemic. J. Acad. Librariansh. 48, 102521. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2022.102521
Hakim, A.R., Windayana, H., 2016. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. EduHumaniora J. Pendidik. Dasar Kampus Cibiru 4. https://doi.org/10.17509/eh.v4i2.2827
Kovtun, V., Izonin, I., Gregus, M., 2022. Model of functioning of the centralized wireless information ecosystem focused on multimedia streaming. Egypt. Inform. J. S1110866522000512. https://doi.org/10.1016/j.eij.2022.06.009
Krautscheid, L., Fifer, P., Hernandez, R., Blum, T., 2022. Perceptions and utilization of a multimedia teaching strategy to prevent student nurse attrition. Teach. Learn. Nurs. S1557308722000828. https://doi.org/10.1016/j.teln.2022.07.002
Malhotra, R., Verma, N., 2020. An Impact of Using Multimedia Presentations on Engineering Education. Procedia Comput. Sci. 172, 71–76. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.05.011
Miftah, M., 2018. Pengembangan Dan Pemanfaatan Multimedia Dalam Pembelajaran Interaktif. J. Litbang Media Inf. Penelit. Pengemb. Dan IPTEK 14, 147–156. https://doi.org/10.33658/jl.v14i2.117
Nauli Thaib, E., 2013. Hubungan Antara Prestasi Belajar Dengan Kecerdasan Emosional. J. Ilm. Didakt. 13. https://doi.org/10.22373/jid.v13i2.485
Novitasari, D., 2016. Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Fibonacci J. Pendidik. Mat. Dan Mat. 2, 8. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18
Sabillah, BM. Supardi, R. Indrabudiman, M.,2019. Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaraan terhadap Hasil belajar IPS di SD. jurnal kajian pendidikan dasar (JKPD). volume 4 no 2 (2019) issn online 2622-5123 https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/view/2369
Sirait, E.D., 2016. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Form. J. Ilm. Pendidik. MIPA 6. ttps://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750
Supartini. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dan Kreativitas Guru terhadap Prestasi Belajar Peserta didik Kelas Tinggi di SDN Mangunharjo 3 Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI) Volume 10 No 2 (2016) 277-293 ISSN (Print) : 1858-4985 http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI.
Steves, S.L., Scafide, K.N., 2021. Multimedia in preoperative patient education for adults undergoing cancer surgery: A systematic review. Eur. J. Oncol. Nurs. 52, 101981. https://doi.org/10.1016/j.ejon.2021.101981
Article Metrics
Abstract view : 131 times | DOWNLOAD PDF view : 18 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh :
Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id
085399235423
Phinisi Integration review telah terindex oleh :
Phinisi Integration review dilisensi oleh :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Phinisi Integration Review Editorial: