Pengaruh Penggunaan Multimedia Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Peserta Didik SMA Negeri 5 Makassar

Wahyu Muh Syata(1*),

(1) Universitas Halu Oleo
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v5i3.38167

Abstract


Based on the result of observation at SMAN 5 in Makassar on the utilization of multimedia on Economy subject in IPS (Social Sciences) class showed that the learning quality was low which made impact on students’ learning achievement. The study aimed at explaining the influence of utilizing multimedia and teacher’s creativity on students’ learning achievement in Economy at SMAN 5 in Makassar. The study was a survey research with verificative research and commonly known as explanation research. Technique used in obtaining the sample was Proportional Random Sampling. Data obtained were analyzed using two types of statistics, namely descriptive statistics and inferential statistics. The results of the study reveal that  there is influence of utilizing multimedia on students’ learning achievement in economy in IPS at SMAN 5 in Makassar.

 

Berdasarkan hasil observasi di SMA Negeri 5 Makassar tentang penggunaan multimedia pada mata pelajaran ekonomi di kelas IPS menujukkan bahwa mutu pembelajaran rendah sehingga berdampak  terhadap prestasi belajar peserta didik. Penelitian  ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh penggunaan multimedia terhadap prestasi belajar ekonomi peserta didik pada jurusan IPS SMA Negeri 5 Makassar. Metode penelitian ini adalah penelitian survai yang bersifat verificative research dan lazim diartikan penelitian penjelasan. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel ini adalah Proportional random sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan dua jenis statistik yaitu statistik deskriptif dan statistic inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat  pengaruh antara penggunaan multimedia dengan prestasi belajar ekonomi peserta didik pada jurusan IPS SMA Negeri 5 Makassar.


Keywords


Multimedia; Learning Achievement; Multimedia; Prestasi Belajar

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Astuti, S.P., 2015. Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Form. J. Ilm. Pendidik. MIPA 5. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.167

Chairunnisa, C., 2018. Pengaruh Literasi Membaca Dengan Pemahaman Bacaan (Penelitian Survei pada Mahasiswa STKIP Kusumanegara Jakarta). J. Tuturan 6, 745. https://doi.org/10.33603/jt.v6i1.1584

Chisita, C.T., Chiparausha, B., Tsabetse, V., Olugbara, C.T., Letseka, M., 2022. Remaking academic library services in Zimbabwe in the wake of COVID-19 pandemic. J. Acad. Librariansh. 48, 102521. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2022.102521

Hakim, A.R., Windayana, H., 2016. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. EduHumaniora J. Pendidik. Dasar Kampus Cibiru 4. https://doi.org/10.17509/eh.v4i2.2827

Kovtun, V., Izonin, I., Gregus, M., 2022. Model of functioning of the centralized wireless information ecosystem focused on multimedia streaming. Egypt. Inform. J. S1110866522000512. https://doi.org/10.1016/j.eij.2022.06.009

Krautscheid, L., Fifer, P., Hernandez, R., Blum, T., 2022. Perceptions and utilization of a multimedia teaching strategy to prevent student nurse attrition. Teach. Learn. Nurs. S1557308722000828. https://doi.org/10.1016/j.teln.2022.07.002

Malhotra, R., Verma, N., 2020. An Impact of Using Multimedia Presentations on Engineering Education. Procedia Comput. Sci. 172, 71–76. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.05.011

Miftah, M., 2018. Pengembangan Dan Pemanfaatan Multimedia Dalam Pembelajaran Interaktif. J. Litbang Media Inf. Penelit. Pengemb. Dan IPTEK 14, 147–156. https://doi.org/10.33658/jl.v14i2.117

Nauli Thaib, E., 2013. Hubungan Antara Prestasi Belajar Dengan Kecerdasan Emosional. J. Ilm. Didakt. 13. https://doi.org/10.22373/jid.v13i2.485

Novitasari, D., 2016. Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Fibonacci J. Pendidik. Mat. Dan Mat. 2, 8. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18

Sabillah, BM. Supardi, R. Indrabudiman, M.,2019. Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaraan terhadap Hasil belajar IPS di SD. jurnal kajian pendidikan dasar (JKPD). volume 4 no 2 (2019) issn online 2622-5123 https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/view/2369

Sirait, E.D., 2016. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Form. J. Ilm. Pendidik. MIPA 6. ttps://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750

Supartini. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dan Kreativitas Guru terhadap Prestasi Belajar Peserta didik Kelas Tinggi di SDN Mangunharjo 3 Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI) Volume 10 No 2 (2016) 277-293 ISSN (Print) : 1858-4985 http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI.

Steves, S.L., Scafide, K.N., 2021. Multimedia in preoperative patient education for adults undergoing cancer surgery: A systematic review. Eur. J. Oncol. Nurs. 52, 101981. https://doi.org/10.1016/j.ejon.2021.101981


Article Metrics

Abstract view : 131 times | DOWNLOAD PDF view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: