Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Guru Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening di SMK Negeri 5 Pangkep

Fadillah Fadillah(1*), Thamrin Tahir(2), Inanna Inanna(3), Muhammad Azis(4), Najamuddin Najamuddin(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v5i3.38164

Abstract


This study aims to examine (1) the influence of education and training on motivation partially, (2) the influence of education and training on motivation simultaneously, (3) the influence of education on teacher performance directly and indirectly through motivation, (4) the influence of training on teacher performance directly and indirectly through motivation, and (5) the influence of motivation on teacher performance directly. This study employs ex post facto method using a quantitative approach. The sampling employed the saturated sample technique where the entire population was used as the research sample. The sample of the study was all teachers consisted of 39 teachers. The results of the study reveal that (1) Partially, there is a direct influence significantly of education and training on motivation, (2) Simultaneously, there is a direct influence significantly of education and training on motivation, (3) there is a direct and significant influence of education on teacher performance as well indirectly through motivation, (4) there is a direct and significant influence of training on teacher performance as well as indirectly through motivation, and (5) there is a direct and significant influence of motivation on teacher performance at SMKN 5 Pangkep.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap motivasi secara parsial, (2) pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap motivasi secara simultan, (3) pengaruh pendidikan terhadap kinerja guru secara langsung dan tidak langsung melalui motivasi, (4) pengaruh pelatihan terhadap kinerja guru secara langsung dan tidak langsung melalui motivasi, (5) pengaruh motivasi terhadap kinerja guru secara langsung. Penelitian ini menggunakan metode expost facto menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampel jenuh dimana seluruh populasi dijadikan sebagai sampel penelitian Sampel penelitian ini adalah seluruh guru yang terdiri dari 39 guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Secara parsial terdapat pengaruh langsung yang signifikan pendidikan dan pelatihan terhadap motivasi, (2) Secara simultan terdapat pengaruh langsung yang signifikan pendidikan dan pelatihan terhadap motivasi, (3) terdapat pengaruh secara langsung dan signifikan pendidikan terhadap kinerja guru juga secara tidak langsung melalui motivasi, (4) terdapat pengaruh secara langsung dan signifikan pelatihan terhadap kinerja guru juga secara tidak langsung melalui motivasi, (5) terdapat pengaruh secara langsung dan signifikan motivasi terhadap kinerja guru di SMK Negeri 5 Pangkep.


Keywords


Education; Training; Motivation; Teacher Performance; Pendidikan; Pelatihan; Motivasi; Kinerja Guru

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Ahmadi, Rulam. 201. Pengantar Penddidikan, Asas dan Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Anwar Prabu Mangkunegara. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Bafadal, Ibrahim. 2003. Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Danyal. Hubungan antara Pelatihan dengan Profesionalisme Guru pada SMP Negeri di Kabupaten Konawe. Jurnal Edukasi: Volume 6, Nomor 2, Agustus 2005.

Fahmi, Irham. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Fuad, H. Ihsan. 2011. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Halid Hanafi, La Adu & H Muzakkir. 2019. Profesionalisme Guru dalam Pengelolaan Kegiatan Pemebelajaran di Sekolah. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Handoko, T Hani. 2001. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Edisi Kedua. Yogyakarta: Penerbit BPFE.

___________ . 2005. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Edisi Kedua. Yogyakarta: Penerbit BPFE.

___________ . 2018. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Edisi Kedua. Yogyakarta: Penerbit BPFE.

Hasibuan, Malayu. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Lukitoyo, Pristi Suhendro & Mahasiswa PGSD Reguler C 2019. 2021. Eksistensi Guru. Medan: Gerhana Media Kreasi.

Mulyasa, Dedy. 2011. Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2009. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Rosdakarya.

Mulyasa, H. E. 2017. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nor, Moh. 2019. Guru Profesional dan Berkualitas. Semarang: ALPRIN.

Pedoman Portofolio 2009. http://seertifikasiguru.unm.ac.id/Buku%20dan%20 Pedoman/BUKU_3_2009.pdf .

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kompetensi Guru.

Pratiwi, Heny. 2019. Komitmen Mengajar. Yogyakarta: Andi Offset.

Rivai Veithzal dan Fawzi Ahmad. 2005. Performance Appraisal: Sistim yang tepat untuk menilai kinerja karyawan dan maningkatkan daya saing perusahaan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Ramli, Rahmatullah, Inanna, Dangnga. 2018. Peran Media dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar.

Saleh, Aksa. 2013. Pengaruh Pelatihan Kerja terhadap Motivasi Kerja Karyawan Koperasi ASD Cooperative Micro Finance Kabupaten Bireuen. Variasi. ISSN: 2085-6172. Vol.4, No.01. Halaman 77-94

Sitorus, Raja Maruli Tua. 2020. Pengaruh Komunikasi antar Pribadi Pimpinan terhadap Motivasi Kerja. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Syntha, S. 2018. Pengaruh Program Praktik Keerja Industri dan Unit Produksi Sekolah terhadap Pengembangan Kompetensi dan Kesiapan Kerja Siswa SMK di Kota Makassar. Tesis, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Supardi. 2016. Kinerja Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suryadi, Ace. 2002. Pendidikan, Investasi SDm, dan Pembangunan: Isu, Teori, dan Aplikasi. Jakarta: Balai Pustaka.

Suwatno. 2013. Manajemen Sumber daya Manusia dalam Organisasi Publik dan Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.

Tabrani Rustan, dkk. 2007. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Triyani, Apri. 2009. Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan, Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Ekonomi-Akuntansi SMA Negeri dan Swasta Se-Purwokerto. Skripsi Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Triyono Urip dan Mufarohah. 2018. Bunga Rampai Pendidikan (Formal, NonFormal, dan Informal). Yogyakarta: CV Budi Utama.

Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wahyudi, Imam. 2012. Pengembangan Pendidikan: Strategi Inovatif dan Kreatif dalam Mengelola Pendidikan secara Komprehensif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Zusmawati. 2014. Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan terhadap Motivasi Kerja Peserta Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan (Studi Kasus Badan Kepegawaian Daerah Kota Padang), Jurnal KBP, vol.2, no.2, hal 298-3316Akib, H., Zainal, H., Parinsi, W., & Hasan, M. (2018). The Influence Of Strategic Assets And Market Orientation To he Performance Of Family Business In Makassar City, Indonesia. Academy of Strategic Management Journal.


Article Metrics

Abstract view : 372 times | DOWNLOAD PDF view : 80 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: