Pengaruh Minat Belajar Dana Manajemen Waktu Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Gowa

Nurul Atifa Mawaddah(1*), Tamrin Thahir(2), Basri Bado(3), Inanna Inanna(4), Nurafiah Nurafiah(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) UPT SMAN 6 BULUKUMBA
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v5i3.38162

Abstract


This study aims to discover the influence of learning interest and time management partially, simultaneously, and dominantly on learning outcomes in grade XI of Online Business and Marketing at SMKN 1 Gowa. This type of study is quantitative research. The population were all students of grade XI of Online Business and Marketing at SMKN 1 Gowa with the total of 101 students and the research samples were 34 students. Data collection techniques used were questionnaires and documentation. The data analysis techniques used were descriptive data analysis, classical assumption test, and hypothesis testing supported by SPSS program. The results of the t-test obtained are the t-count of learning interest is greater than the t-table (2.878 >1.694) and the t-count of time management is greater than the t-table (2.542>1.694) with each sig value. 0.007 and 0.016 at a significant level of 5%. The learning interest and time management are able to explain variations in learning outcomes by 21.7%, while the rest is influenced by other variables that are not included in this study. The results of the study indicate that the learning interest and time management partially and simultaneously have a positive and significant influence on learning outcomes in grade XI of Online Business and Marketing at SMKN 1 Gowa, and the learning interest has a more dominant influence on learning outcomes in grade XI of Online Business and Marketing at SMKN 1 Gowa. Therefore, it can be concluded that the proposed hypothesis is accepted.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan manajemen waktu secara parsial, simultan, dan dominan terhadap hasil belajar siswa kelas XI Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Gowa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Gowa yang berjumlah 101 siswa, sedangkan jumlah sampel adalah 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif data, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis dengan bantuan program SPSS. Hasil uji-t yang diperoleh adalah t hitung minat belajar lebih besar dari t tabel (2,878>1,694) dan t hitung manajemen waktu lebih besar dari t tabel (2,542>1,694) dengan masing-masing nilai sig. 0,007 dan 0,016 pada taraf signifikan 5%. Minat belajar dan manajemen waktu mampu menjelaskan variasi terhadap hasil belajar siswa sebesar 21,7%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar dan manajemen waktu secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Gowa, serta minat belajar lebih dominan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa kelas XI Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Gowa. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan dinyatakan diterima.


Keywords


Learning Interest; Time Management; Learning Outcomes; Minat Belajar; Manajemen Waktu; Hasil Belajar

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


. 2015. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Arbayah. 2013. Model Pembelajaran Humanistik. Dinamika Ilmu Vol 13. No. 2.

Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran (Prinsip Teknik dan Prosedur),Cetakan Kedelapan. Jakarta: Rosda Karya.

Badarrudin, A. 2015. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Konseling Klasikal. Padang: CV. Abe Kreatifindo.

Berutu, M., & Tambunan, M. 2018. Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Se-Kota Stabat. Jurnal Biolokus, Vol. 1, No.2. https://media.neliti.com

Dalyono. 2012. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rineka Cipta.

Dembo, Myron H. 2004. Motivation and learning strategies for college success: a self-management approach. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.

Dimyati & Mudjiono. 2015. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta. Djaali. 2017. Psikologi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri., & Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Endang, Sri Astuti., & Resminingsih. 2010. Bahan Dasar Untuk Pelayanan Konseling Pada Satuan Pendidikan Menengah Jilid I. Jakarta: PT Grasindo.

Eudya, A., Prihatin, I., Saputro, M. 2021. Pengaruh Motivasi, Minat Dan Manajemen Waktu terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Tumbang Titi. Jurnal Ilmia Pendidikan, Vol. 2, No. 1, 50-57. https://e- journal.uniflor.ac.id

Falah, B. 2018. Pengaruh Gaya Belajar Siswa dan Minat Belajar Matematika Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN 1 Pogalan Kelas VIII D. Jurnal Euclid, Vol. 6, No. 21 pp. 25. https://jurnal.ugj.ac.id

Farouq, Ahmad. 2010. Mengupas Kiat Sukses Mengatur Waktu. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Fitria, Nita. 2012. Prinsip Dasar dan Amplikasi Penulisan Laporan Pendahuluan dan Strategi Pelaksanaan Tindakan. Jakarta: Salemba Medika.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Hakim, T.2008. belajar secara efektif . Jakarta : Pustaka Pembangunan Swadana Masyarakat.

Hamalik, Oemar. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Harlina, A., Suharso., & Hartati, M. 2014. Mengembangkan Kemampuan Manajemen Waktu Melalu Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Kontrak Perilaku. Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 3(1). https://journal.unnes.ac.id.

Hasan, M., & Sari, K. 2021. Pengaruh Manajemen Waktu Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Fiqih Di MTs Al-As’ad Brambang Diwek Jombang. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 5, No. 1. https://jurnal.situwjombang.ac.id.

Hidayat, Sholeh. 2013. Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Bandung.

Ihsana, 2017. Belajar dan Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kompri. 2015. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru Dan Siswa: Bandung PT Remaja Rsdkarya.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Nurhadi. 2003. Pendekatan Konstekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta. Depdiknas.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. 2016. Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol. 1 No. 1, 128-135. https://ejournal.upi.edu.

Nurmala, I. 2020. Mewujudkan Remaja Sehat Fisik, Mental Dan Sosial: (Model Intervensi Health Educator For Youth). Airlangga University Press.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pratiwi, N., Faisal, E., & Waluyati, S. 2018. Pengaruh manajemen waktu belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Tanjung Raja. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika. Vol. 5, No. 2. https://ejournal.unsri.ac.id.

Priansa, D. J. 2015. Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Safari. 2013. Indikator Minat Dalam Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Sardiman. 2014. Interaksi dan motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta:Rajawali Pers.

Siregar, Syofian. 2014. Metode penelitian kuantitatif dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual dan SPSS. Jakarta: Kencana.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. 2017. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung; PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Goup.

Suyono, Haryanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Undang – undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://pusdiklat.perpusnas.go.id


Article Metrics

Abstract view : 242 times | DOWNLOAD PDF view : 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: