Peran Karang Taruna SMADAP Dalam Menyiapkan Pemimpin Berkarakter di Desa Pollewani Kecamatan Tutar Kabupaten Polewali Mandar

Ismail Ismail(1*), Andi Kasmawati(2), Mustari Mustari(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v5i3.38105

Abstract


This study aims to examine and describe the role of SMADAP Karang Karuna in preparing character leaders in Pollewani Village, Tutar Subdistrict, Polewali Mandar Regency, Implementation of SMADAP Youth Organization work programs in preparing character leaders in Polewani Village, Tutar District, Polewali Mandar Regency, Barriers to SMADAP Youth Organizations in preparing leaders. Characterized in Pollewani Village, Tutar District, Polewali Mandar Regency and Constructing SMADAP Youth Organizations in preparing character leaders in Pollewani Village, Tutar District, Polewali Mandar Regency. This type of research uses descriptive qualitative research by determining the number of informants consisting of 9 informants selected with the criteria of management informants and members of SMADAP youth organizations, local government, local BPD members, community leaders and youth leaders who live in Pollewani Village. Data collection techniques used are observation, interviews and documentation. The data analysis technique used by the researcher went through three stages, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The data validation technique used is the addition of observations, increased persistence, triangulation, and member checks. The results showed that (1) the implementation of the SMADAP youth organization work program was still not running optimally because there was no work program in the field of human resource education and training that led to an increase in character values in preparing character leaders in Pollewani village, (2) Barriers This can be seen because the SMADAP youth organization's work program is unclear and does not have a program that leads to strengthening leadership character values. And external obstacles due to the lack of human resources for this SMADAP youth group have competencies related to leadership issues. (3) Constructing SMADAP youth groups in preparing leaders with character in the village of pollewani, namely collaborating with related parties with the local government and the community in the village of pollewani.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan peran karang karuna SMADAP dalam menyiapkan pemimpin berkarakter di desa pollewani kecamatan tutar kabupaten polewali mandar, Pelaksanaan program kerja karang taruna SMADAP dalam menyiapkan pemimpin berkarakter di desa pollewani kecamatan tutar kabupaten polewali mandar, Hambatan karang taruna SMADAP dalam menyiapkan pemimpin berkarakter di desa pollewani kecamatan tutar kabupaten polewali mandar dan Mengkonstruksi karang taruna SMADAP dalam menyiapkan pemimpin berkarakter di Desa Pollewani Kecamatan Tutar kabupaten polewali mandar. Jenis penelitian ini menggunankan penelitian deskriptif kualitatif dengan penentuan jumlah informan terdiri dari 9 informan yang dipilih dengan kriterian informan pengurus serta anggota karang taruna SMADAP, pemerintah setempat, anggota BPD setempat, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda yang tinggal di Desa Pollewani. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obervasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti melalui tiga tahapan kerja yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data yang digunakan yakni perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan program kerja karang taruna SMADAP masih kurang berjalan secara optimal disebabkan karena belum ada program kerja dibidang pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia yang mengarah kepada penguatan nilai-nilai karakter dalam menyiapkan pemimpin berkarakter di desa Pollewani, (2) Hambatan utama ataupun internal karang taruna SMADAP dalam menyiapkan pemimpin berkarakter di desa pollewani kecamatan tutar kabupaten polewali mandar hal ini dapat dilihat karena program kerja dari karang taruna SMADAP ini yang tidak jelas dan tidak memiliki program yang mengarah kepada penguatan nilai-nilai karakter kepemimpinan. Dan hambatan eksternal karena kurangnya sumber daya manusia dari karang taruna SMADAP ini yang memiliki kompetensi yang terkait tentang masalah kepemimpinan. (3) Mengkonstruksi karang taruna SMADAP dalam menyiapkan pemimpin berkarakter didesa pollewani yakni melakukan kerja sama dengan pihak-pihak terkait pemerintah setempat dan masyarakat di desa pollewani.


Keywords


SMADAP Youth Organization; Leadership; Organization; Community Empowerment; Character; Karang Taruna SMADAP; Kepemimpinan; Organisasi; Pemberdayaan Masyarakat; Karakter

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Anshori, M.Y., & dkk. (2021). “Jurnal Abdimas”, Februari, Vol.I, No.1, hal. 1-6.

Bennis, W.(1994). Menjadi Pemimpin Efektif. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Berger, P. & Luckman, T. (1990). ”Tafsiran Sosial Atas Kenyataan Risalah Tentang Sosiologi Pengetahuan”. LP3ES, Jakarta.

Chaniago, A. (2016). Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta Pusat: Gd.Sentra Kramat Raya.

Covey, S.R. (1987). Kepemimpinan yang Berprinsip. Jakarta: Binarupa Aksara.

Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Destinasari, D., H. Nurmalisa,A., & Yunisca. (2016). “Peranan Karang Taruna dalam Meningkatkan kepedulian sosial Pemuda Kelurahan Margodadi.” Jurnal Kultur Demokrasi. Vol 4, No 6 (2016), hal. 1-9.

Direktorat Bina Karang Taruna. (2005). Buku pedoman dasar karang taruna. Departemen Sosial. RI.

Galuh, A. (2019). “Pelatihan E-Leaderships”. “Bagi Karang Taruna P4dk”. Volume 1, Nomor 1, September 2019, hal. 60-66.

Hilda, I. (2011). Tesis. “Peran Karang Taruna dalam Pembinaan Generasi Muda di Desa Bulusari Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes”. (tidak diterbitkan), hal.46-47

Https://argyo.staff.uns.ac.id/2013/04/10/teori-konstruksi-sosial-dari-peter-l-berger-dan-thomas-luckman/

Husaini, U. (2013). “Jurnal Pendidikan Karakter”, Tahun III, Nomor 3, Oktober 2013, hal.265-275

Ife, Jim & Tesorierro, Frank. 2008. Community Development: Alternatif Pengembangan Masyarakat di Era Globalisasi, Edisi Ketiga (Sastrawan Manullang, Nurul Yakin, M. Nursyahid; alih bahasa). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kartono.K. (2004). Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta (ID): Raja Grafindo Persada.

Kartono.K. (2020). Pemimpin dan Kepemimpinan: Apakah itu kepemimpinan Abnormal Itu?/Kartini Kartono –Ed.1.-20- Jakarta: Raja Wali Pers.

Kouzes, J.M., & Posner, B.Z. (2007). The Leadership Challenge Tantangan Masa Depan (AlihBahasa: Anton Adiwiyoto). Jakarta: Interaksara.

Kurniatun.T.C. & Suryana,A. (2016). Kepemimpinan dan Manajemen Pendidikan Dasar. Universitas Terbuka. Tangeran Selatan.

Kusrini, N., Sulistiawati, R., Imelda, & Hurriyanti, Y. 2017. Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pemanfaatan Sumber Daya Lokal di Desa Jeruju Besar Kecamatan Sungai Kakap. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 2 (2) 139-150.

Littlejohn, Stephen W Littlejohn dan Karen A Foss. (2009). Teori Komunikasi, Theories of Human Communication, Edisi 9, Jakarta: Salemba Humanika

Margareth, P. (2004).“Sosiologi Kontemporer”. PT.Raja Grafindo Persada,Jakarta.

Nawawi, H.(1995). Kepemimpinan Yang Efektif. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Nawawi,H. (1993). Kepemimpinan Menurut Islam, Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

O’leary, Elizabeth.2011. Kepemimpinan. Edisi Pertama. Yogyakarta

Peraturan Menteri Sosial RI Nomor 25 Tahun 2019 Tentang Pedoman Dasar Karang Taruna.

Peter.,L.B & Luckman,T .(1990). Tafsir Sosial atas Kenyataa., (Jakarta : LP3S)

Program Pascasarjana UNM. 2019. Pedoman Penulisan Tesis. Makassar: PPS UNM

Rinakit, S. (2010). Jurnal tenaga kependidikan. vol.5 no. 2 agustus 2010. hal.1-5.

Robbins, Stephen P. (1994). Teori Organisasi, Struktur, Desain dan Aplikasi, edisi 3, Penerbit Arcan.

Robbins, Stephen. (1996). Perilaku Organisasi. Jilid 1. Salemba Empat. Jakarta

Semiawan, Conny R.. (2006). Memantapkan Peran LPTK dalam Peningkatan Profesi Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Pidato Dies Natalis ke-42 Universitas Negeri Yogyakarta.

Siagian, Sondang P. (2010). Teori & Praktek Kepemimpinan. Jakarta: Rineka Cipta.

Siswanto. (2013). “Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Religius”, dalam Jurnal Tadrîs. Volume 8 Nomor 1 Juni 2013.

Soekanto, S. (2007). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Grafindo Persada.

Spencer, L.M., & Spencer, S.M. (1993). Competence at Work Models for Superior Performance. New York: John Wiley & Son, Inc.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Suharyanti. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana

Sutarto. (2006). Dasar-dasar Organisasi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sutrisno. (2019). Kegiatan-kegiatan Positif Yang Bisa Dilakukan Karang Taruna Desa. Jawa Tengah: Desa Pustaka Indonesia.

Thoha, M. (2003). Kepemimpinan Dalam Manajemen. Jakarta: Raja Grafindo Parsada.

Uphord, P.Q. (1987). Local Leadership and Programme Implementation in Indonesia. Amsterdam: Free University Press.

Wahyudin, Y., & Mahipal. (2018). Pendidikan Kepemimpinan dan Pembinaan Karakter. Jurnal Cendekia Ihya.Vol.1 No.1, Oktober 2018, ISSN 2623-0453 (media-CD), hal. 33-40.

Wenti. (2013). “Eksistensi Karang Taruna dalam Aktivitas Kepemudaan (Studi Kasus di Desa Gunawan Kecamatan Sesayap Kabupaten Tana Tidung)”. Ejournal Pemerintahan Integratif, hal 29-32

Widjajanti, K. 2011. Model Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 12 (1), 15-27.

Winardi, J. (2003). Teori Organisasi dan Pengorganisasian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.


Article Metrics

Abstract view : 131 times | DOWNLOAD PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: [email protected]

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: