Pengaruh Pemberian Tugas Melalui Quizizz Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Sejarah di MAN 2 Makassar
(1) Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, MAN 2 Kota Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v5i3.38100
Abstract
This study aims to examine (1) the influence of task giving through Quizizz on students' learning motivation in History learning at MAN 2 in Makassar City, (2) the influence of task giving through Quizizz on learning outcomes in History learning at MAN 2 in Makassar City, and (3) the influence of task giving through Quizizz and without Quizizz on students’ motivation and learning outcomes in History learning at MAN 2 in Makassar City. The type of research used is quasi-experimental. The population was all students in grade XI IPS at MAN 2 in Makassar. The research samples were grade XI IPS 1 and XI IPS 3 with 36 students. The data analysis techniques used were descriptive analysis and inferential analysis. The results of the study reveal that (1) there is a difference in learning motivation in the class assigned with a Quizizz with tcount 89.39 and the class without given the Quizizz with tcount 86.64, (2) there are differences in learning outcomes in the class assignment with Quizizz with tcount 87.86 while the other class without the Quizizz obtained tcount 78.72, and (3) task giving through Quizizz gives good influence on students' motivation and learning outcomes in History learning at MAN 2 in Makassar City.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh pemberian tugas melalui Quizizz terhadap motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah di MAN 2 Kota Makassar. (2) mengetahui pengaruh pemberian tugas melalui Quizizz terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah di MAN 2 Kota Makassar. (3) mengetahui pengaruh pemberian tugas melalui Quizizz dan bukan melalui Quizizz terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah di MAN 2 Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan populasi adalah seluruh peserta didik di kelas XI IPS di MAN 2 Makassar. Sampel penelitian ini yaitu XI IPS 1 dan XI IPS 3 dengan jumlah 36 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adlah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Terdapat perbedaan motivasi belajar pada kelas yang diberi penugasan melalui Quizizz dengan t_hitung 89,39 dan kelas yang tidak diberikan perlakuan dengan t_hitung 86,64. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar pada kelas yang diberikan penugasan melalui Quizizz dengan perolehan t_hitung 87,86 sedangkan pada kelas lain yang tidak diberi perlakuan memperoleh t_hitung 78,72. (3) Pemberian tugas melalui Quizizz memberi pengaruh baik terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah di MAN 2 Kota Makassar
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD PDFReferences
Ahmad, H., Latif, A., & Yakin, A. A. (2021). Media quizizz sebagai aplikasi assessment pembelajaran. Makassar: Nas Media Pustaka.
Arief, Armai. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta : Ciputat Pers
Aritonang, Keke T. 2008. Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur - No.10/ Tahun ke-7/ Juni 2008 (http://academia.edu) diakses 4 Desember 2021
Badaruddin, Ahmad, 2015. Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Konseling Klasikal. Jakarta: Abe kreatifindo
Batubara, H. H. 2020. Media Pembelajaran efektif. Semarang: Fatawa Publishing
Darmadi, H. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Jogjakarta : Penerbit Deepublish
Erawan, Aidid. 2020. Meningkatkan Prestasi Belajar Melalui Metode Resitasi. Madiun : CV. Bayfa Cendikia Indonesia
Hamalik, Oemar. 2011. Media pendidikan. Bandung: PT Citra Aditya bakti
Hendrik, Lita. 2020. Sekolah Dalam Jaringan. Surabaya : Scopindo media pustaka
Ibrahim, M. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : Universitas Surabaya
Muhammad, MH. 2017. Penerapan Metode Pemberian Tugas Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 004 Tembilahan Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir. Jurnal Primary Program Studi PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, Vol. 6, No. 1, April – September 2017, ISSN: 2303-1514 (http://primary.ejournal.unri.ac.id) diakses 19 Desember 2021
Multasih, Bekti. 2020. Penerapan Aplikasi Google Clasroom, Google From, Dan Quizizz Dalam Pembelajaran Kimia Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Karya Ilmiah Guru. Vol.5, Edisi khusus KBM Pandemi COVID-19, Hal 16-25.(http://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id) diakses 12 Desember 2021
Nasution. 2000. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara
Prasetya, A. E. 2021. Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif Inovatif dan Menyenangkan. Surabaya : Guepedia group
Rafika. 2021. Pengaruh Penggunaan Media Game Edukasi Quizizz Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Al – Rifa’ie, Gondanglegi. Skripsi. Malang: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Maulana Ibrahim (http://etheses.uin-malang.ac.id) diakses 14 november 2021
Sudarma, Momon. 2021. Merdeka Belajar, Menjadi Manusia Autentik. Jakarta: Gramedia
Suhartatik, Tony. 2020. Best Practice (Implikasi Media Quizizz Berbasis Android Terhadap Kualitas Pembelajaran Dalam Mencetak Siswa Berprestasi Di Tingkat Nasional). Malang: CV Multimedia Edukasi
Sukardi. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta : Bumi Aksara
Sugiono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Penerbit Alfabeta
Uno, H. B. 2016. Teori Motivasi Dan Pengukurannya (Analisis di Bidang Pendidikan). Jakarta: Bumi aksara
Article Metrics
Abstract view : 154 times | DOWNLOAD PDF view : 36 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh :
Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id
085399235423
Phinisi Integration review telah terindex oleh :
Phinisi Integration review dilisensi oleh :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Phinisi Integration Review Editorial: