Menilik Jejak Historis Pendidikan IPS Di Indonesia: Konsep Dan Kedudukan Pendidikan IPS Dalam Perubahan Kurikulum Di Sekolah Dasar
(1) Universitas Mataram
(2) Universitas Mataram
(3) Universitas Mataram
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v5i2.33677
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, A. (1991). Ilmu Sosial Dasar. Rineka Cipta.
Anshori, S. (2014). Kontribusi Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Edueksos, III(2), 59–76.
Depdiknas. (2016). Peraturan Mentri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah.
Edi Susrianto, I. P. (2022). Tantangan Pendidikan IPS Di Era Masyarakat Madani. Jurnal Pendidikan Edukasi, 10(1), 38–53.
Endayani, H. (2018). Sejarah Dan Konsep Pendidikan Ips. Ittihad, 11(2), 117–127.
Enoh, M. (2005). Pendekatan Pembelajaran Pengetahuan Sosial dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(1), 1–8.
Gherardini, M., & Frima, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Konsep Dasar IPS Berbasis Karakter untuk Mahasiswa PGSD. Journal of Elementary School (JOES), 2(2), 50–57. https://doi.org/-10.31539/joes.v2i2.950
Gunawan, R. (2016). Pendidikan IPS: Filosofi, Konsep dan Aplikasi (3rd ed.). Alfabeta.
Hidayat, B. (2020). Tinjauan Historis Pendidikan IPS Di Indonesia. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 4(2), 147–154. https://doi.org/-10.23887/pips.v4i2.3493
Nelson, J. L., & Stanley, W. B. (2013). Critical Studies and Social Education: 40 Years of TRSE. Theory & Research in Social Education, 41(4), 438–456. https://-doi.org/10.1080/00933104.2013.842598
Nursyifa, A. (2019). Transformasi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosialdalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1).
Rachmah, H. (2014). Pengembangan Profesi Pendidikan IPS. A.
Ridwan, A. E. (2016). Pendidikan IPS dalam membentuk SDM beradab. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(1), 27–35. https://doi.org/10.17509/jpis.v23i1.2060
Sapriya. (2017). Pendidikan IPS: Konsep dan Pembelajaran (8th ed.). PT Remaja Rosda Karya.
Setiwan, D. (2013). Reorientasi Tujuan Utama Pendidikan IPS Dalam Perspektif Global. Jupiis, 5(2), 60.
Somantri, M. N. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Remaja Rosdakarya.
Susanto, A. (2017). Pendidikan IPS : Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Prosiding Diskusi Panel Pendidikan “Menjadi Guru Pembelajar,” 1(1), 23–28.
Widodo, A. (2020). Nilai Budaya Ritual Perang Topat Sebagai Sumber Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, 5(1), 1–16. https://doi.org/10.25273/gulawentah.-v5i1.6359
Widodo, A., & Indraswati, D. (2021). Analyzing the content of history materials in the 2013 curriculum integrated thematic book for primary schools (SD/MI). Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(3), 590–603. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i3.8123
Yulanda, N. (2018). Revitalisasi Pembelajaran Ips Dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis. Research and Development Journal Of Education, 4(2), 16–24.
Zoher Hilmi, M. (2017). Implementasi pendidikan IPS di sekolah dasar. JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education, 3(2), 168.
Article Metrics
Abstract view : 577 times | PDF view : 202 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh :
Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id
085399235423
Phinisi Integration review telah terindex oleh :
Phinisi Integration review dilisensi oleh :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Phinisi Integration Review Editorial: