Pengaruh Pembelajaran Daring dan Motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS Peserta Didik
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v5i1.31773
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: Pengaruh pembelajaran daring secara langsung terhadap hasil belajar IPS, pengaruh pembelaaran daring secara langsung terhadap motivasi belajar IPS, pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar IPS, pengaruh motivasi belajar IPS, secara langsung terhadap hasil belajar IPS, pengaruh pembelajaran daring dan motivasi belajar IPS secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jumlah populasi 93 kelas V, IV, dan VI SD Tappale Kecamatan Libureng Kabupaten Bone. Sampel diambil menggunakan random sampling dengan jumlah sampel 75. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji prasyarat, analisis jalur dan uji hipotesis dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Tidak terdapat pengaruh signifikan pembelajaran daring secara langsung terhadap hasil belajar IPS, terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran daring secara langsung terhadap motivasi belajar IPS, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS, Secara tidak langsung terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran daring terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar IPS, dan terdapat pengaruh signifikan pengaruh pembelajaran daring dan motivasi belajar IPS, secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPS.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ghozali. (2009). Analisis Statistik. Bandung: Alfabeta
Magdalena, I., & Dkk. (2020). Pengelolaan Pembelajaran Daring yang Efektif Selama Pandemi di SDN 1 Tanah Tinggi. Edukasi Dan Sains, 2(01), 366–377. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Kadir. (2015). Statistika Terapan. Jakarta: Rajawali Pers
Sardiman A.M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Article Metrics
Abstract view : 70 times | PDF view : 18 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh :
Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id
085399235423
Phinisi Integration review telah terindex oleh :
Phinisi Integration review dilisensi oleh :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Phinisi Integration Review Editorial: