Pengaruh Status Sosial Ekonomi Dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah (Mts)

Marwati Marwati(1*), Supriadi Torro(2), A. Octamaya Tenri Awaru(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v5i1.31747

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi terhadap kinerja guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) As’adiyah di Kecamatan Belawa Kabupaten Wajo. 2) Untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) As’adiyah di Kecamatan Belawa Kabupaten Wajo. 3) Untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi dan kompetensi guru terhadap kinerja guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) As’adiyah di Kecamatan Belawa Kabupaten Wajo. Penelitian ini menggunakan korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) As’adiyah di Kecamatan Belawa Kabupaten Wajo yang berjumlah 83 guru, kemudian dilakukan pengolahan data dengan menggunakan analisis regresi berganda. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Secara parsial variabel status sosial ekonomi (X1) mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) As’adiyah di Kecamatan Belawa Kabupaten Wajo dengan persentase sebesar 11,7%. 2) Secara parsial variabel kompetensi guru mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) As’adiyah di Kecamatan Belawa Kabupaten Wajo dengan persentase sebesar 32,2%. 3) Secara simultan (uji F) variabel-variabel bebas dalam penelitian ini mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja guru sebagai variabel terikat. Berdasarkan uji determinasi disimpulkan masing-masing variabel bebas status sosial ekonomi dan kompetensi guru berpengaruh terhadap variabel terikat kinerja guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) As’adiyah di Kecamatan Belawa Kabupaten Wajo dengan persentase sebesar 77,2% terhadap variable terikat yaitu kinerja guru, sedangkan sisanya 22,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.


Keywords


Status sosial ekonomi, kompetensi guru, kinerja guru

Full Text:

PDF

References


Arini, N. K. S. (2009). Pengaruh Tingkat Intelegensi Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Siswa Kelas II SMA Negeri 99. Universitas Gunadarma.

Cahyono, P. (2017). PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN STATUS SOSIAL EKONOMI TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SMA NEGERI 13 SURABAYA. JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 1(2), 177. Https://Doi.Org/10.26740/Jepk.V1n2.P177-188

Novita, L., & Latifah, M. (2014). Strategi Pengaturan Diri Dalam Belajar Sebagai Mediator Harapan Orang Tua Dan Motivasi Intrinsik Terhadap Prestasi Akademik. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 7(3), 143–153. Https://Doi.Org/10.24156/Jikk.2014.7.3.143

Poloma, M. M. (2017). Sosiologi Kontemporer. Raja Grafindo Persada.

Pramesti, D., & Muhyadi, M. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Guru SMA. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 5(1), 43–56. Https://Doi.Org/10.21831/Hsjpi.V5i1.11854

Soekanto, S. (2002). Sosiologi Suatu Pengantar. PT. Rajagrafindo Persada.

Werang, B. R. (2012). Teachers’ Socioeconomic Status And Its Relationship With Teachers Work Morale And Teachers’ Job Performance At State Senior High Schools In Merauke Regency – Indonesia. 3(8), 5.

Werang, B. R., Lewaherilla, E. D., & Irianto, O. (2016). The Effect Of Teachers’ Socioeconomic Status On Elementary Schools’ Life In Indonesia: An Empirical Study In The Elementary Schools Of Merauke District, Papua. International Journal Of Research Studies In Management,6(1). Https://Doi.Org/10.5861/Ijrsm.2017.1657


Article Metrics

Abstract view : 159 times | PDF view : 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: [email protected]

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: