Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) Siswa Di Sd Wilayah Kecamatan Murhum Kota Baubau

Tisa Amaliah Umar(1*), Bastiana Bastiana(2), Patahuddin Patahuddin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) universitas negeri makassar
(3) universitas negeri makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v5i1.31722

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Minat Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa di SD Wilayah Kecamatan Murhum Kota Baubau; (2) Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Minat Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa di SD Wilayah Kecamatan Murhum Kota Baubau; (3) Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah terhadap Minat Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa di SD Wilayah Kecamatan Murhum Kota Baubau. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel 186 siswa yang terdiri dari kelas IV dan V di seluruh SD Wilayah Kecamatan Murhum Kota Baubau. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa di SD Wilayah Kecamatan Murhum Kota Baubau dengan nilai probabilitas (Sig.) 0,004 lebih kecil dari 0,05, (2) Terdapat pengaruh lingkungan sekolah terhadap minat belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa di SD Wilayah Kecamatan Murhum Kota Baubau dengan nilai probabilitas (Sig.) 0,000 lebih kecil dari 0,05, (3) Terdapat pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap minat belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa di SD Wilayah Kecamatan Murhum Kota Baubau. Besar kontribusi pengaruh ditunjukan oleh nilai R Square atau R2 sebesar 23,1% dan selebihnya sebesar 76,9%.Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa di SD Wilayah Kecamatan Murhum Kota Baubau.


Keywords


Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah, Minat Belajar

Full Text:

PDF

References


Ahmadi Abu dan Widodo Supriyono. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Andriana Ade. (2017). No Title [Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/ bitstream/123456789/36285/1/ADE ANDRIANA-FITK. di akses pada tanggal 9 September 2021.

Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hanafy, M. S. (2014). Konsep dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan, 17(1), 66–79.

http://103.55.216.55/index.php/lenter a_pendidikan/article/viewFile/516/49

di akses pada tanggal 20 Januari 2021.

Hasbullah. (2011). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Idzhar, A. (2016). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Office, 2(2), 221–228. https://doi.org/10.30863/didaktika.v1 2i2.181. di akses pada 82 tanggal 23 Januari 2021.

Kurniawan, A., Khafid, M., & Pujiati, A. (2016). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Motivasi, dan Kepribadian

Terhadap Minat Wirausaha Melalui Self Efficacy. Journal of Economic Education, 5(1), 100–109. https://bit.ly/36BxWvm. di akses pada tanggal 20 Januari 2021.

Latif, A. (2007). Pendidikan Berbasis Nilai Kemasyarakatan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Muhammad, D. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Rosmalina, W. (2015). Psikologi Belajar.

Jakarta: Bumi Aksara.

Sadirman, A. . (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Setianti, F., Wiguna, A., & Setiawan, W. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Belajar Anak. Jurnal Paedagogie, 5(2), 13. http://www.journal.walisongo.ac.id/i ndex.php/Phenomenon/article/view/1 22/103. di akses pada tanggal 16 April 2021.

Slameto. (2013). Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Supardi. (2011). Dasar-Dasar Ilmu Sosial.

Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Syah, M. (2006). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tambirin, A. (2019). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Belajar IPS DI SDN 4 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo. https://repository.ung.ac.id/skripsi/sh ow/151415114/pengaruh-

lingkungan sekolah-terhadap-minat- belajar-ipa-di-sdn-4-talaga-jaya-


Article Metrics

Abstract view : 174 times | PDF view : 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: