Perbandingan Prestasi Belajar Berdasarkan Gaya Belajar Pada Mahasiswa di Universitas Negeri Makassar

Sirajuddin Saleh(1*), Masna Taslim(2), Muh. Nasrullah(3), Sitti Hardiyanti Arhas(4), Hasaruddin Nur(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Sawerigading Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v5i1.31639

Abstract


Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan proses belajar adalah gaya belajar. Gaya belajar yang tepat merupakan kunci keberhasilan seseorang dalam belajar sehingga dalam kegiatan belajar mahasiswa perlu diberikan arahan untuk mengenali gaya belajar yang tepat dengan begitu tujuan belajar dapat tercapai dengan baik. Penelitian ini bertujian untuk mengetahui gambaran dan perbedaan prestasi belajar berdasarkan gaya belajar pada mahasiswa Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kunatitatif dengan metode komparatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu 288 mahasiswa angkatan 2018, 2019 dan 2020 dengan sampel 143 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan teknik kuisioner dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis stististik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dengan gaya belajar visual pada Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar angkatan 2018, 2019 dan 2020 memperoleh rata-rata prestasi belajar atau Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dengan kategori cumlaude. Begitupun auditorial dan kinestetik. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji Kruskal Wallis dinyatakan tidak terdapat perbedaan sigifikansi prestasi belajar berdasarkan gaya belajar pada mahasiswa Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar.

Keywords


Pola Asuh, Pembentukan Karakter, Peserta Didik.

Full Text:

PDF

References


Agélii, A., & Grönlund, Å. (2013). Computers & Education Improving literacy skills through learning reading by writing : The iWTR method presented and tested. Computers & Education, 67, 98–104. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2013.03.007

Arhas, S. H. (2018). Metode Pembelajaran Black Knight. Apa? Mengapa? dan Bagaimana? Jurnal Ad’ministrare, 5(2), 165–172.

Darwis, M., Rahmawati, R., Sakawati, H., Arhas, S. H., Rizal, M., & Salam, R. (2020). A study of The professionalism of Administrative Personnel at SMK Country 7 Bulukumba, Sulawesi Selatan, Indonesia. GNOSI: An Interdisciplinary Journal of Human Theory and Praxis, 3(2), 23–34.

Hartina, R. S., Tambe, M. N., & Darwis, M. (2015). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN SISWA KELAS XI AP1 DI SMK NEGERI 1 MAKASSAR. Jurnal Office, 1(2), 160–165.

Hodsay, & Zaharuddin. (2016). Perbedaan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa Antara Gaya Belajar Visual, Auditorial dan Kinestetik Pada Program Studi Pendidikan Akutansi FKIP Universitas PGRI Palembang. Jurnal Profit, 3 (1).

Kadir, Sahidin, M., Samparaja, L. O., & Salim. (2015). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Pengetahuan Dasar Matematika. Universitas Halu Oleo Press.

Lestari, A. S. A. (2018). Efektivitas Pelaksanaan Metode Pembelajaran Resitasi Pada Kelas X Mata Pelajaran Kearsipan Jurusan Administrasi Perkantoran Di Smk Negeri 1 Sinjai. UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Mabruroh, & Nisa’i, A. (2021). Perbedaan Prestasi Belajar Ditinjau dari Gaya Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi. Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental, 1 (1).

Permatasari, & Intan, B. (2015). Pengaruh Pola ASuh Orang Tua , Gaya Belajar dan Motivasi berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa MTSN se-Makassar. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 3 (1).

Sonjaya, A. C., & Malik, R. (2020). Pengaruh Gaya Belajar Auditorial dan Visual Terhadap Kelulusan Ujian Teori Blok Biomedik Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Semester Ganjil 2018. Tarumanagara Medical Journal, 2(2).

Sudira, P. (2015). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Praktik kejuruan Siswa SMK Program Studi Keahlian Teknik Komputer dan Informatika. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(3).

Sudira, & Putu. (2015). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Praktik kejuruan Siswa SMK Program Studi Keahlian Teknik Komputer dan Informatika. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(3).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (28th ed.). ALFABETA,CV.

Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 129.

Yuangga, K. D. (2019). The Influence of Learning Motivation and Teacher’s Teaching Style on Student Achievement (At MA Muhammadiyah). PINISI Discretion Review, 3(2), 177–184.

Yulianti, Syamsi, Farida, K., & Sobri, H. (2015). Perbedaan Prestasi Belajar Berdasarkan

Gaya Belajar Pada Mahasiswa Semester IV Diploma III Prodi Kebidana STIKES Aisyiyah Yogyakarta. STIKES Aisyiyah Yogyakarta.


Article Metrics

Abstract view : 358 times | PDF view : 59 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: