Interaksi Sosial Dan Pola Komunikasi Siswa Penyandang Tunarungu di Sekolah Luar Biasa (SLB-B YPPLB Makassar)

Abd Rachman(1*), Andi Octamaya Tenri Awaru(2), Anrical Anrical(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) DDI Mamuju
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v1i1.31495

Abstract


Masalah utama dalam penelitian ini adalah interaksi sosial dan pola komunikasi siswa penyandang tunarungu di sekolah luar biasa (SLB-B YPPLB Makassar).Tujuan penelitian ini adalah: (i) Untuk mengetahui bentuk interaksi sosial siswa penyandang tunarungu di Sekolah Luar Biasa YPPLB Makassar.(ii) Untuk mengetahui bagaimana pola-pola komunikasi guru terhadap siswa yang menyandang tunarungu di Sekolah Luar Biasa YPPLB Makassar. (iii) Untuk mengetahui faktor apa yang mendorong interaksi siswa penyandang tunarungu di Sekolah Luar Biasa YPPLB Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Informan dalam peneltian ini guru sekolah Luar Biasa YPPLB Makassar di Kecamatan Mariso Kota Makassar yang berjumlah 6 orang. Teknik penarikan informan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga tahap yaitu; Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (i) Bentuk interaksi siswa penyandang tunarungu di Sekolah Luar Biasa YPPLB Makassar adalah Bentuk Assosiatif dan Dissosiatif. (ii) Pola-Pola komunikasi guru terhadap siswa penyandang tunarungu di Sekolah Luar Biasa YPPLB Makassar yaitu Pola komunikasi primer berbentuk komunikasi secara verbal dan nonverbal serta Komunikasi Skunder (Media), Komunikasi linear dan Sirkuler. (iii) Faktor pendorong interaksi siswa penyandang tunarungu di Sekolah Luar Biasa (SLB-B YPPLB Makassar) yaitu faktor imitasi, sugesti, identifkasi, simpati dan empati.


Keywords


Siswa, Tunarungu, Interaksi Sosial

Full Text:

PDF

References


Aminuddin. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ali, Asroni. 2010. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Alimanda. 2015. Sosiologi Masyarakat Sedang Berkembang. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Cangara, Hafied. 2005. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Dwijosumarto, Andreas. 1995. Ortopedagogik Anak Tunarungu. Jakarta: Depdikbud Dikti Proyek Penelitian Tenaga Guru.

Edja, Sadjaah. 2005. Pendidikan Bahasa Bagi Anak Gangguan Pendengaran dalam Keluarga. Jakarta: Depdiknas.

Effendy, Onong Uchjiyana.2006. Pengantar Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Farrel. 2008 (http//online Library. Wiley. Com/doi. Diakses 20 November 2017)

Garna, Judistira. 2014. Ilmu-Ilmu Sosial Dasar Konsep Posisi. Bandung: Program Pascasarjana Universitas Padjajaran.

Goldstein. 2005. Psikologi Sosial. Bandung: UNESCO

Hadis.2006. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Alfabeta.

Karuniasih dkk. 2017. Tinjauan Fenomenologi atas Stigmatisasi Sosial Penyandang Disabilitas Tunarungu. Jurnal Ilmiah Sosiologi (Online) Volume 1 Jilid 1.

Saufura Laily, & Supriyani, Sri. 2006. Hubungan Antara Penyesuaian Diri Anak di Sekolah dengan Prestasi Belajar. Jurnal Psikologi.

Narwok, Dwi & Suyanto, Bagong.2016. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: Kencana.

Moleong, Lexy.2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: ROSDA.

Munandar, Utami. 1998. Mengembangkan Bakat dan Kreatifitas Anak Sekolah. Jakarta Rasindo.

Murni, Winarsih. 2007. Intervensi Dini Bagi Anak Tunarungu dalam Pemerolehan Bahasa. Jakarta: Depdiknas.

Mulyana, Deddy. 2005. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Mulyono, 2006. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Pustaka Pelajar. Jakarta.

Purwasito, Andrik. 2002. Komunikasi Multikultural. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Raho, Bernard. 2007. Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Ritzer, Gerge. 2012. Teori Sosiologi: Dari Sosiologi Klasik sampai Perkembangan Terakhir Postmodern. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Salim, Agus. 2007. Pengantar Sosiologi Mikro. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sapoerta, Karta. 2005. Kamus Antropologi. Jakarta: Akademika Persada.

Soekanto, Sarjono. 2000. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

------------------------. 2017. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Solihin, Lukman. 2013. Mereka yang memilih Tinggal Telaah Strategi Adaptasi Mahasiswa Perantau Bugis-Makassar di Malbourne. Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan.

Suanto, Kamanto. 2004. Pengantar Sosiologi. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Stephen, W. Teori Komunikasi Theories of Human Communication. Jakarta.Salemba Komunika

Syarbaini, Syahrial. 2009. Dasar-Dasar Sosiologi. Jakarta: Graha Ilmu

West Richard, dkk. 2008. Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aflikasi,. Jakarta. Salemba.


Article Metrics

Abstract view : 297 times | PDF view : 72 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: