Sinergitas Orang Tua dan Guru dalam Pengasuhan Anak Berkarakter di Era Digital Kabupaten Maros
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v4i3.24430
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (i) Bentuk sinergitas orang tua dan guru dalam pengasuhan anak berkarakter di era digital di SDN 57 Bulu-Bulu Kabupaten Maros, (ii) Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat sinergitas orang tua dan guru dalam pengasuhan anak berkarakter di era digital di SDN 57 Bulu-Bulu Kabupaten Maros, (iii) Upaya yang dilakukan pihak sekolah untuk membangun sinergitas antara orang tua dan guru dalam mengembangkan karakter anak di era digital di SDN 57 Bulu-Bulu Kabupaten Maros. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian inimelibatkan 31 informan yang ditentukan melalui teknik purposeful sampling.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis melalui tiga tahap yaitu; reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) Bentuk sinergitas yang dilakukan guru yaitu pemberian pesan singkat melalui WhatsApp kelompok Parenting, pembuatan video motivasi pembelajaran, guru melakukan kunjungan rumah, guru datang langsung ke sekolah, pelibatan orang tua dalam penataan pojok baca, dan meminta orang tua menyaksikan kegiatan lomba antar kelas, (ii) Faktor pendukung sinergitas yaitu bangunan sekolah bertingkat, halaman luas dan jauh dari jalan raya, perhatian orang tua tinggi, memiliki guru berpengalaman dengan jumlah dan kualitas memadai, sekolah model, guru kreatif, dan memiliki orang tua dengan perhatian tinggi, Adapun faktor penghambatnya orang tua (bapak) yang sibuk sehingga jarang bisa menghadiri undangan ke sekolah, dan sikap ketergantungan anak terhadap gadget, dan (iii) upaya yang dilakukan sekolah untuk menjaga kualitas sinergitas mulai dari penyusunan program sekolah, saat pelaksanaan, monitoring dan evaluasi, menghadirkan kelas inspirasi, dan menjalin hubungan baik dengan seluruh stakeholder pendidikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Burhan, Bungin. 2007. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Pemahaman Filosofis dan Metodologis Kearah Penguasaan Model Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Cox-Petersen, A. (2011). Educational partnership, connecting schools, families and the community. Sage Publication, Inc.
Depdiknas, 2005. Pendidikan Kewarganegaraan, Kurikulum dan Silabus Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Depdiknas
Depdiknas, 2005. Pendidikan Kewarganegaraan, Strategi dan Metode Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Depdiknas
Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Akasara.
Djamarah, Syaiful. 2005. Gurudan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful, 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Fathurrohman, 2007. Strategi belajar Mengajar. Bandung: PT. Refika Aditama
Haris, M. 2007. Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ima Fatimah. 2019. Revolusi Sekolah Dari Bedah Menjadi Beda. Makassar: Kaaffah Learning Center
Undang-undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional, 2003. Jakarta: Depdiknas
Yuniarti, S. L., Prabowo, Y. T., Zakaria, M. R., Prasetyo, N. E., Nurmiyati, & Mareta Wahyuni. (2016). Petunjuk Teknis Kemitraan Satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dengan Keluarga dan Masyarakat. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Article Metrics
Abstract view : 493 times | PDF view : 127 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh :
Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id
085399235423
Phinisi Integration review telah terindex oleh :
Phinisi Integration review dilisensi oleh :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Phinisi Integration Review Editorial: