Sinergitas Orang Tua dan Guru dalam Pengasuhan Anak Berkarakter di Era Digital Kabupaten Maros

Sitti Fatimah Achmad(1*), Mustari Mustari(2), Darman Manda(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v4i3.24430

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (i) Bentuk sinergitas orang tua dan guru dalam pengasuhan anak berkarakter di era digital di SDN 57 Bulu-Bulu Kabupaten Maros, (ii) Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat sinergitas orang tua dan guru dalam pengasuhan anak berkarakter  di era digital di SDN 57 Bulu-Bulu Kabupaten Maros, (iii) Upaya yang dilakukan pihak sekolah untuk membangun sinergitas antara orang tua dan guru dalam mengembangkan karakter anak di era digital di SDN 57 Bulu-Bulu Kabupaten Maros. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian inimelibatkan 31 informan yang ditentukan melalui teknik purposeful sampling.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis melalui tiga tahap yaitu; reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) Bentuk sinergitas yang dilakukan guru yaitu pemberian pesan singkat melalui  WhatsApp kelompok Parenting, pembuatan video motivasi pembelajaran, guru melakukan kunjungan rumah, guru datang langsung ke sekolah, pelibatan orang tua dalam penataan pojok baca, dan meminta orang tua menyaksikan kegiatan lomba antar kelas, (ii) Faktor pendukung sinergitas yaitu bangunan sekolah bertingkat, halaman luas dan jauh dari jalan raya, perhatian orang tua tinggi, memiliki guru berpengalaman dengan jumlah dan kualitas memadai, sekolah model, guru kreatif, dan memiliki orang tua dengan perhatian tinggi, Adapun faktor penghambatnya orang tua (bapak) yang sibuk sehingga jarang bisa menghadiri undangan ke sekolah, dan sikap ketergantungan anak terhadap gadget, dan (iii) upaya yang dilakukan sekolah untuk menjaga kualitas sinergitas mulai dari penyusunan program sekolah, saat pelaksanaan, monitoring dan evaluasi, menghadirkan kelas inspirasi, dan menjalin hubungan baik dengan seluruh stakeholder pendidikan.


Keywords


Sinergitas, pengasuhan, karakter siswa, era digital

Full Text:

PDF

References


Burhan, Bungin. 2007. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Pemahaman Filosofis dan Metodologis Kearah Penguasaan Model Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Cox-Petersen, A. (2011). Educational partnership, connecting schools, families and the community. Sage Publication, Inc.

Depdiknas, 2005. Pendidikan Kewarganegaraan, Kurikulum dan Silabus Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Depdiknas

Depdiknas, 2005. Pendidikan Kewarganegaraan, Strategi dan Metode Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Depdiknas

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Akasara.

Djamarah, Syaiful. 2005. Gurudan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful, 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Fathurrohman, 2007. Strategi belajar Mengajar. Bandung: PT. Refika Aditama

Haris, M. 2007. Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ima Fatimah. 2019. Revolusi Sekolah Dari Bedah Menjadi Beda. Makassar: Kaaffah Learning Center

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional, 2003. Jakarta: Depdiknas

Yuniarti, S. L., Prabowo, Y. T., Zakaria, M. R., Prasetyo, N. E., Nurmiyati, & Mareta Wahyuni. (2016). Petunjuk Teknis Kemitraan Satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dengan Keluarga dan Masyarakat. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan


Article Metrics

Abstract view : 493 times | PDF view : 127 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: