Desain Evaluasi Ranah Afektif Dalam Mata Pelajaran PPKN di SMP Negeri 8 Makassar

Hafsah Hafsah(1*), Firman Umar(2), Sangkala Ibsik(3),

(1) SMP Negeri 8 Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v4i3.24425

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran kebutuhan produk evaluasi afektif dalam penilaian ranah afektif pada mata pelajaran PPKn, mendeskripsikan desain produk evaluasi afektif dalam penilaian ranah afektif pada mata pelajaran PPKn, mengetahui gambaran kevalidan dan keefektifan produk evaluasi afektif dalam penilaian ranah afektif pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini merupaakan penelitian pengembangan untuk keperluan penilaian pembelajaran. Prosedur pengembangan dilakukan dengan tahapan Analysis (Analisi), Desaign (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implentasi), dan Evaluation (Evaluasi). Subjek penilaian ini: pakar media pembelajaran 2 orang, 3 orang guru mata pelajaran PPKn dan 36 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka, lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data digunakan analisis deskriptif kualitatif, analisis dan validitas media penilaian dan analisis data kepraktisan media penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk media evaluasi afektif sangat valid dan praktis digunakan dalam proses penilaian ranah afektif dan dapat menumbuhkan optimaliasasi penilaian afektif dalam penilaian pembelajaran pada ranah afektif sehingga layak digunakan pada sasaran penelitian.

Keywords


Pengembangan, Penilaian Pembelajaran, Produk Media Evaluasi Afektif.

Full Text:

PDF

References


Daryanto H. 2009. Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotorik. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto H. 2009. Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Jakarta: Rineka Cipta..

Delion F. 2008. Proses Pembelajaran Ilmiah dan Konsep. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djudju Sudjana. Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Gulo W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Grasindo.

Hamalik, O. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Hamid, H.,2009. Penilaian Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotorik. http://ranah-penilaian-kognitif-afektif-psikomotorik.biologionline.htm.

Hermawan AH. 2008. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara..

Ibrahim M. 2011. Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algasindo..

Margono, 2005. Metodologi Penelitian pendidikan, PT PT Rineka Cipta, Jakarta

Paul H. G. 2007. Educational Research an introduction. USA: Allyn and Bacon, Inc.

Purwanthi K. 2009. Pengetahuan, ketrampilan dan penumbuhan sikap. Jakarta: Erlangga.

Rohani A. 2004. Pengelolaan Pengajar. Jakarta: Rineka Cipat

Sudjana N. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sudjana N. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Sudijono, A., 2011. Pengantar Statistik Pendidikan, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sukardi, 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta.

Suprijono A. 2011. Dasar-dasar pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Suyanto, 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif, Mas Media Buana Pustaka, Sidoarjo.

Widioyoko E. P. 2010. Evalusai Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajaran.

Zaenal Arifin. 2009. EvaluasiPembelajaran Prinsip Teknik. Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract view : 78 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PIR My Stats

 

Phinisi Integration review editorial :