Solidaritas Fans Klub Kota Makassar (Studi: Milanisti Sezione Makassar)

Muh. Rijal(1*), Jumadi Jumadi(2), A. Octamaya Tenri Awaru(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v4i3.24411

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (i) Mengetahui bagaimana pola komunikasi yang suporter AC Milan Indonesia Sezione Makassar dalam membangun solidaritas. (ii) Mengetahui bentuk tindakan suporter AC Milan Indonesia Sezione Makassar dalam membangun solidaritas. (iii) Mengetahui makna solidaritas bagi suporter AC Milan Indonesia Sezione Makassar. Jenis penelitian yang ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan menggambarkan secara mendalam Solidaritas Fans Klub Kota Makassar (Studi: Milanisti Sezione Makassar) dengan mewanwancarai enam informan yang telah memenuhi kriteria yaitu anggota fans klub yang aktif sepuluh tahun terakhir. Adapun teknik pengumpulan data yaitu dengan melakukan observasi, wawancara, disertai dengan dokumentasi serta menggunakan teknik keabsahan data triangulasi sumber. Dari hasil penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa (i) pola komunikasi yang digunakan oleh anggota dan pengurus Milanisti Indonesia Sezione Makassar adalah pola komunikasi satu arah, pola komunikasi dua arah dan pola komunikasi multi arah tetapi pola komunikasi yang lebih dominan yang di gunakan pada komunitas ini yaitu pola komunikasi multi arah dimana memberikan kebebasan kepada anggota lain untuk saling berinteraksi tanpa melihat usia, status dan pekerjaan. Komunikasi secara langsung juga sangat berpengaruh dalam membangun solidaritas. (ii) Tindakan suporter yang mampu membangun solidaritas pada kelompok suporter Milanisti Indonesia Sezione Makassar dapat berupa kegiatan nonton bareng, gathering dan kegiatan sosial seperti donasi amal bagi korban bencana yang juga melibatkan masyarakat secara langsung. (iii) Makna solidaritas bagi anggota Milanisti Indonesia Sezione Makassar berbeda-beda, ada yang memaknai sebagai sebuah rasa kekeluargaan/persaudaraan seperti prinsip Milanisti lebih dekat dari saudara lebih besar dari keluarga dan juga ada yang memaknai sebagai sebuah loyalitas.

Keywords


milanisti, solidaritas, suporter

Full Text:

PDF

References


Gabe, D. T. (2017). Pola Komunikasi Suporter Sepakbola Ac Milan Indonesia (Studi Deskriptif Kualitatif Pola Komunikasi Milanisti Sezione Tangerang). Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Hendriyanto, A. R. (n.d.). Jurnal Sosial Dan Ilmu Politik Konstruksi Sosial Perubahan Perilaku Suporter Persebaya.

Johnson, D. P., & Lawang, R. M. Z. (1994). Teori sosiologi klasik dan modern. Gramedia Pustaka Utama.

Poloma, M. (2013). Sosiologi Kontemporer Margaret M. Poloma. Terjemahantim Yosogama-Ed.

Ritzer, G., & Goodman, D. J. (2009). Teori Sosiologi: Dari Teori Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Mutakhir Teori Sosial Postmodern. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Soeprapto, S. (2010). Materi Kuliah Sosiologi Hukum. Yogyakarta.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. PT. Alfabeta.

Syuhudi, M. I. (2018). PSM Ku, PSM Mu, PSM Kita: Solidaritas Suporter Makassar. MIMIKRI, 4(1), 106–121.

Wicaksono, A. R. (2011). Tidak adanya rasa persatuan antar supporter sepakbola. Karya Ilmiah Mahasiswa S1 Sistem Informasi AMIKOM


Article Metrics

Abstract view : 171 times | PDF view : 37 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: