Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akuntansi

Asrida Asrida(1*), Muhammad Azis(2), Thamrin Tahir(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v4i3.24403

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik SMK Negeri 1 Makassar; (2) Pengaruh Pemberian Punishment Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik SMK Negeri 1 Makassar; (3) Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik SMK Negeri 1 Makassar; (4) Variabel yang Pengaruhnya Dominan Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik SMK Negeri 1 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jumlah populasi yaitu seluruh siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Makassar yang berjumlah 142 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling dengan sampel sebanyak 59 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen, analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan pemberian reward terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran akuntansi SMK Negeri 1 Makassar; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan pemberian punishment terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran akuntansi SMK Negeri 1 Makassar; (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pemberian reward dan punishment terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran akuntansi SMK Negeri 1 Makassar; (4) Variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik adalah variabel punishment.

Keywords


Reward, Punishment, Motivasi Belajar.

Full Text:

PDF

References


Anri, Naldi. (2018). Persepsi Guru Tentang Punishment dan Di Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Medan Tembung. Tesis. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Djamarah, S. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Faidy, Ahmad Bahril, and I Made Arsana. (2014). Hubungan Pemberian Reward dan Punishment dengan Motivasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Ambunten Kabupaten Sumenep.” Kajian Moral Dan Kewarganegaraan 2, 454–68.

Haling, A. (2007). Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Hamalik, O. (2015). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Lestari, Anrea. (2019). Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN 2 Jambukidul, 1–70.

Mudyahardjo, R. (2014). Pengantar Pendidikan Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-Dasar Pendidikan Pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers.

Ramayulis. (2015). Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Kalam Mulia.

Salamor, Jenny M. (2017). Hubungan Antara Pemberian Reward dari Guru Dengan Motivasi Berprestasi Siswa Di SMA Kristen Halmahera Utara.” Hibualamo : Seri Ilmu-Ilmu Sosial Dan Kependidikan, 1(1),21–29. http://journal.unhena.ac.id/index.php/HibSos/article/view/28.

Santrock, J. W. (2017). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri.

Sardiman, A. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutikno, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Prospect.

Wahab, R. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.


Article Metrics

Abstract view : 355 times | PDF view : 69 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: