Pendampingan Anak Rentan Jalanan Di Yayasan Smart Home Kota Makassar

Mildayanti Mildayanti(1*), Rasyid Ridha(2), Hasruddin Nur(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Sawerigading Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v4i2.21520

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (i) mengetahui bentuk pendampingan sosial yayasan Smart Home terhadap anak pemulung (ii) mengetahui dampak pendampingan sosial yayasan Smart Home terhadap anak pemulung.  Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan ditentukan secara purposive sampling dan berjumlah 11 orang, yang terdiri dari ketua yayasan, para pendamping, anak pemulung, serta orang tua anak pemulung. Tekhnik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Tekhnik analisis data melalui berbagai tahapan yaitu reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan, sedangkan tekhnik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (i) Yayasan Smart Home dalam melakukan pendampingan terhadap anak jalanan, khususnya anak pemulung menggunakan bentuk pendekatan yang disebut dengan comumunity based, yang memiliki tujuan yakni mencegah anak-anak turun di jalan yang disebut dengan preventif, yang dilakukan melalui pendidikan. (ii) Berbagai bentuk pendampingan yang dilakukan oleh pihak yayasan telah dilakukan semaksimal mungkin. Bukan hanya perihal dunia melainkan juga terkait spiritual sang anak. (iii) Dampak pendampingan yang dilakukan oleh pihak yayasan Smart Home tidak hanya pada anak dampingan, melainkan juga pada pola pikir (mindset) orang tua mereka.


Keywords


Pendampingan, Anak Pemulung, Kesejahteraan Sosial

Full Text:

PDF

References


Amala, Rizki Choir. 2018. Strategi Pendampingan Anak Jalanan Dan Anak Beresiko Di Yayasan Rumah Impian. Yoyakarta: Jurnal Pendidikan Sosiologi

Astuti. 2018. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Anak Usia Wajib Belajar 9 Tahun Yang Bekerja Di Kota Makassar (Studi Pekerja Anak Di Daerah Pemukiman Kumuh Kecamatan Manggala Kota Makassar). Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin.

Fahrudin, Adi. 2012. Pengantar Kesejahteraan Sosial. Bandung: Pt. Refika Aditama

Kordi. Ghurfan. 2015. Durhaka Kepada Anak; Refleksi Mengenai Hak & Perlindungan Anak. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Muller, Johannes. 2006. Perkembangan Masyarakat Lintad Ilmu. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama

Pamuchtia, Yunda & Pandjaitan. Nurmala. 2010. Konsep Diri Anak Jalanan: Kasus Anak Jalanan Di Kota Bogor Jawa Barat). Sodality: Jurnal Transdisiplin, Sosiologi, Komunikasi, Dan Ekologi Manusia.

Ritzer, George. 2014. Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Salla, Nasruddin. 2012. Eksploitasi Anak Jalanan (Studi Kasus Anak Jalanan Di Pantai Losari Kota Makassar. Makassar: Universitas Hasanuudin.

Setiawan, Harjanto Hari. 2019. Mencegah menjadi anak jalanan dan mengembalikannya kepada keluarga melalui model community based. Jurnal penelitian dan pengembangan kesejahteraan sosial

Setyowati, Yuli. Albizzia, Oktariana. Dkk. 2020. Manifestasi Program Kesejahteraan Sosial Anak (Pksa) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Sosial Anak Jalanan Di Rumah Singgah Anak Mandiri (Rsam) Yogyakarta. Yogyakarta: Jurnal Academia Praja.


Article Metrics

Abstract view : 318 times | PDF view : 67 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: