Implementasi Pembelajaran PPKN Dalam Menanamkan Nilai Karakter Peserta Didik Pada Satuan Pendidikan SMK Harapan Kabupaten Mamasa

Muh. Paris(1*), Hasnawi Haris(2), Mustari Mustari(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v4i2.21519

Abstract


Implementasi Pembelajaran PPKN Dalam Menanamkan Nilai Karakter Peserta Didik pada Satuan Pendidikan SMK Harapan Kabupaten Mamasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Gambaran implementasi pembelajaran PPKN dan mendukung penanaman nilai karakter; (2) Faktor-faktor apa saja yang menghambat strategi pembelajaran guru dalam menanamkan nilai karakter; (3) Strategi pembelajaran PPKN dalam penanaman nilai karakter pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi Data yang terkumpul dari teknik tersebut di analisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi (kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa :(1) Gambaran implementasi pembelajaran PPKN dan mendukung penanaman nilai karakter di SMK Harapan Salualo pada tahap pendahuluan sebelum masuk pembelajaran dimulai siswa disiapkan lalu berdoa bersama. Sebelumnya aturanya yang diterapkan kedisiplinan datang tepat waktu dan saling menghargai antara teman. Pada kegiatan penutup guru memberikan kesimpulan menanamkan nilai pembelajaran pada peserta didik.(2) Faktor-faktor yang menghambat strategi pembelajaran guru dalam menanamkan nilai karakter adalah kurangnya sarana dan prasarana yang mendukung, dan kurangnya pengetahunan orang tua siswa tentang pendidikan karakter sehingga tidak adanya kerja sama antara pihak sekolah dan orang tua siswa. (3) Strategi pembelajaran PPKN dalam penanaman nilai karakter (a) Mengidentifikasi perubahan tingkah laku dan kepribadian peserta didik ; b) memilih sistem pendekatan dalam proses pembelajaran yang sesuai c) memilih dan menetapkan kebijakan dan teknik belajar mengajar yang untuk menjadi pedoman guru dalam menjalankan kegiatan mengajar; d) menetapkan ketentuan keberhasilan sebagai tolak ukur standar keberhasilan sehingga bisa dijadikan panduan guru melakukan evaluasi hasil aktivitas belajar mengajar.

Keywords


karakter, pendidikan nilai karakter, dan pembelajaran PPKN.

Full Text:

PDF

References


Adisusilo, Sutarjo, 2012.Pembelajaran Nilai Karakter, Kontruktivisme danVCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembeajaran Afektif, Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Agustini, D. A. E., D. K. Tantra dan N. K. Wedhanti. 2014. Implementasi Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikandan Pengajaran: Vol.47, No. 2-3.

Ahmadi & Ubhiyati, 2007.Ilmu Pendidikan,(Jakarta: Rineka Cipta:)

Anni, Catharina Tri, dkk. 2006.Psikologi Belajar. Semarang: Unniversitas NegeriSemarang.

Arifin, Zaenal, 2012.Evaluasi Pembelajaran ; Teknik, Pinsip, Prosedur, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi, 1996.Pengelolaan Kelas dan Siswa Sebuah Pendekatan Evaluasi, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Bisri Mustofa dan Tin Tisnawati, 2009.Teknik Menulis Karya Ilmiah Menghadapi Sertifikasi, Semarang: Ghyyas Putra.

Djamarah, Syaful Bahri & Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar Edisi Resivi. Jakarta: Rineka Cipta.

Dirman dan Cicih Juarsih. 2014. Karakteristik Peserta Didik. Jakarta: RinekaCipta.

Doni Koesoema A. 2007. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Modern. (Jakarta: Grasindo,)

Gandasetiawan, Ratih Zimmer, 2011.Mendesain Karakater Anak Melalui Sensomotorik, Jakarta: Libri.

Fitri, Agus Zaenul. 2012. Pendidikan Karakter berbasis Niai dan Etika diSekolah.Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Kementerian Pendidikan Nasional, Badan Penelitian Dan Pengembangan Pusat Kurikulum, Pengembangan PendidikanBudaya Dan Karakter Bangsa, 2010.

Mifrohah, Etik, 2011.Pendidikan Karakter dalam Pendidikan Agama Islam pada Kelas V (Studi Kasus pada SD Alam Ungaran, Skripsi,Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Waliongo Semarang.

Mu’in, Fathul, 2011. Pendidikan Karakter: Konstruksi Teoretik dan Praktik, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Muhibbin Syah, 2008. Psikologi Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya,)

Narwanti, Sri. 2011. Pendidikan karakter. Yogyakarta : Familia

Pendidikan Karakter KI Hadjar Dewantara: Studi Kritis Pemikiran Karakter dan Budi Pekerti Dalam Tinjauan Islam Profetika, Jurnal Studi Islam,Vol. 16, No. 2, Desember 2015

Permendikbud.(2016) Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah atas.

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Priyono dan Maarif. 2010. Penyusunan Kurikulum Berbasis Pendidikan Karakter. Andi : Yogyakarta.

Yahya Khan.2010. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri: MendongkrakKualitas Pendidikan. (Yogyakarta: Pelangi Publishing,).

Sutarjo Adisusilo, 2013. Pembelajaran Nilai Karakter (Jakarta: PT. Raja Gravindo Persada,).


Article Metrics

Abstract view : 321 times | PDF view : 48 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: