Upaya Guru IPS Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Masa Covid 19 Di SMP

Andi Yosi Adiwisastra Agustang(1*), Herman Herman(2), Muh. Said(3), Andi Agustang(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v4i1.19399

Abstract


Upaya guru IPS dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada masa Covid–19 di SMP Negeri 1 Kecamatan Simbulue Kabupaten Bone dengan melakukan pendekatan personal yaitu menghubungi siswa satu persatu baik dengan berkomunikasi langsung melalui smartphone ataupun dengan chat pribadi lewat whatsapp. Selain itu, upaya yang dilakukan guru untuk siswa yang tidak memiliki smartphone adalah dengan menganjurkan siswa datang ke sekolah untuk mengambil materi dan tugas pembelajaran. Selain itu juga guru melakukan kunjungan ke rumah siswa namun tetap dengan mengikuti protokol kesehatan. Informan pada penelitian ini dengan mewawancarai 3 guru dari tiap kelas yang telah mengajarkan mata pelajaran IPS (Ilmu Pendidikan Sosial) yaitu, 1 orang dari kelas VII, 1 orang dari Kelas VIII, dan 1 orang dari Kelas IX. Hasil penelitian dalam pemberian reward selama pembelajaran online membuat siswa termotivasi untuk terus belajar meski bukan lewat tatap muka. Guru IPS juga melakukan upaya pendekatan emosional dengan orang tua siswa sebagai bentuk control terhadap perilaku dan disiplin siswa saat belajar online.  Sementara upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yang berhubungan dengan bentuk ekspresi siswa yaitu pengerjaan tugas kelompok yang diberikan kepada siswa. Guru memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengkomunikasikan tugas tersebut dengan cara dan aplikasi yang diinginkan oleh siswa. Hasil dari penugasan tersebut akan dipublikasikan secara umum.

Keywords


Upaya Guru IPS, Motivasi Belajar, Pandemi Covid19

Full Text:

PDF

References


Andi Agustang. (2015). Dasar-Dasar Filsafat Penelitian Untuk Pengembangan Ilmu.

Aulina, C. N. (2018). Penerapan Metode Whole Brain Teaching dalam Meningkatkan

Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,

(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.1

Cleopatra, M. (2015). Pengaruh gaya hidup dan motivasi belajar terhadap

prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA,

Fathurrahman. (2020). Penggunaan Metode Pembelajaran Role Playing Dalam

Menumbuhkan Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Sejarah [Preprint].

https://doi.org/10.35542/osf.io/stnwa

Hamzah B. Uno. (2007). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi

Aksara

Hapsari, R. P., & Christiana, E. (2013). Studi Tentang Pelaksanaan Pemberian

Reward Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Kelompok-A Di TK Islam Al-Azhar 35 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling UNESA, 4(1), 274–

Diambil dari http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/6591

Isjoni. (2012). Memajukan Bangsa Dengan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Mona, N. (2020). Konsep Isolasi Dalam Jaringan Sosial Untuk Meminimalisasi

Efek Contagious (Kasus Penyebaran Virus Corona Di Indonesia). Jurnal

Sosial Humaniora Terapan Universitas Indonesia,

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar

Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232.

https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939

Patria, L., & Yulianto, K. (2011). Pemanfaatan Facebook untuk Menunjang

Kegiatan Belajar Mengajar Online Secara Mandiri. Repository UT,

Sardiman. A. M. (2007). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.

Raja Grafindo Persada.

Siregar, H. I. (2015). Peningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran

Microsoft Excel Dengan Menggunakan Metode Tutor Sebaya Di Kelas VIII-

D SMP Negeri 1 Batangkuis. SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 4(1), 127–140. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v4i1.2982

Suryani, M. (2015). Meningkatkan Motivasi Belajar Pembelajaran Untuk Siswa

Kelas V SD Negeri 04 Pasar Pandan Air (PPA) Mati Solok Melalui Metode

Inquiry. Inovasi Pembelajaran Berbasis Riset di Sekolah Dasar, 1, 1.

Diambil dari

http://ejournal.unp.ac.id/index.php/prosidingpgsd/article/view/4872


Article Metrics

Abstract view : 1270 times | PDF view : 282 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PIR My Stats

 

Phinisi Integration review editorial :