Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jeneponto

Sahabuddin Sahabuddin(1*), Hasnawi Haris(2), Hamsu Abdul Gani(3),

(1) Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jeneponto
(2) Universitas negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v3i2.14904

Abstract


Madrasah sebagai wahana pendidikan karakter berlangsung proses transformasi nilai-nilai luhur melalui pendidikan karakter. Pendidikan karakter merupakan kata kunci dari proses transformasi nilai-nilai luhur di Madrasah. Guru menjadi transformer nilai-nilai luhur kepada peserta didik untuk menjadi bagian dari masyarakat yang berbudaya. Penelitian Ini bertujuan (i) Untuk mengetahui bagaimana implementasi penguatan pendidikan nilai – nilai karakter  ke dalam mata pelajaran Agama dan PPKn di MTs Negeri 1 Jeneponto, (ii) Untuk mengetahui bagaimana implementasi penguatan pendidikan nilai-nilai karakter melalui pengembangan diri di MTs Negeri 1 Jeneponto, dan (iii) Untuk mengetahui apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan penguatan pendidikan nilai-nilai karakter di MTs Negeri 1 Jeneponto.Jenis Penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari (i) para Tenaga pendidik PPKn, dan (ii) para Tenaga Pendidik Agama. Pada penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel dengan metode Purposive Sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi penguatan pendidikan nilai-nilai karakter melalui pengintegrasian ke dalam mata pelajaran Agama dan PPKn di MTs Negeri 1 Jeneponto mencakup beberapa aspek diantaranya (i) Mampu menanamkan nilai-nilai kejujuran dan cinta tanah air antar sesama, (ii) membentuk rasa nasionalisme dan cinta tanah air antar sesama  (iii) Implementasi Proses pembelajaran pendidikan karakter dalam mencapai tujuannya adalah dengan menyiapkan silabus, RPP dan memperhatikan rana afektif dan koknitif dalam proses pembelajaran, dan (iv) Memberikan motivasi terhadap para peserta didik dan mampu memberikan semacam penghargaan kepada mereka agar mampu meningkatkan minat peserta didik dalam proses pembelajaran. Pada Implementasi penguatan pendidikan nilai-nilai karakter melalui pengembangan diri di MTs Negeri 1 Jeneponto meliputi (i) Mampu memberikan pemahaman tentang wawasan kebangsaan dan keagamaan terhadap peserta didik dan mampu menjelaskan makna tentang Bhineka Tunggal Ika (ii) Tenaga pendidik mampu menerapkan metode pembelajaran dengan strategi memberikan pemahaman terhadap para peserta didik dengan kehidupan sosial mereka. (iii) tenaga pendidik mampu menanamkan rasa patriotisme terhadap para peserta didik.


Keywords


Pendidikan Karakter, Peserta didik, Tenaga Pendidik.

Full Text:

PDF

References


Ardy Wiyani, Novan. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya di Madrasah.Jogyakarta : Pedagogia

Dharma Kesuma, dkk. 2011. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Doni Koesoema A. 2007. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo. Cet. I.

Fitri Zaenul, Agus.2012Pendidikan Karakter berbasis Nilai dan Etika di MadrasahJogyakarta : AR-RuzzMedia

Gunawan, H. 2012. Pendidikan Karakter (Konsep dan Implementasi). Bandung:Alfabeta.

Mu’in, Fatchul. 2011.Pendidikan Karakter Konstruksi Teoritik dan Praktik.Jogyakarta : AR-RuzzMedia

Musfah. 2011. Pendidikan Karakter: Sebuah Tawaran Model Pendidikan Holistik-Integralistik. Jakarta: Prenada Media

Muslich, Masnu Mustari, Mohamad. 2011. Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan Karakter. Jogyakarta : Laksbang Pressindo

Saleh, Muwafik AKH. 2011. Membangun Karakter dengan Hati Nurani PendidikanKarakter Untuk Generasi Bangsa.Malang : Erlangga

Saptono.2011.Dimensi-dimensi Pendidikan Karakter Wawasan, Strategi, dan Langkah Praktis. Malang : Erlangga

Sugiyono, 2012.Metode penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta

Tohirin.2011.Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan danBimbinganKonseling.Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)


Article Metrics

Abstract view : 446 times | PDF view : 42 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: