Sekolah Berbasis Boarding School dalam Pembentukan Karakter Sosial Peserta Didik

Salwia Salwia(1*), Hamsu Abdul Gani(2), Suardi Suardi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v3i2.14879

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pelaksanaan kegiatan sekolah berbasis boarding school dalam pembentukan karakter sosial peserta didik di SMA Negeri 17 Makassar.  2) Karakter sosial peserta didik yang mengikuti boarding school di SMA Negeri 17 Makassar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang melibatkan 15 orang sebagai informan (10 orang peserta didik, 4 orang pembina asrama, dan kepala sekolah). Data penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan kegiatan sekolah berbasis boarding school dalam pembentukan karakter sosial peserta didik di SMA Negeri 17 Makassar meliputi bimbingan keagamaan, pengembangan bakat dan minat, keterampilan sikap prososial dan bimbingan belajar. Selain kegiatan asrama juga terdapat penerapan tata tertib, pemberian hukuman yang konsisten sesuai dengan tingkat pelanggaran sebagai rangkain pelaksanaan kegiatan sekolah. (2) Karakter sosial peserta didik yang mengikuti boarding school di SMA Negeri 17 Makassar dapat dilihat dari segi kejujuran kurang baik karena masih terdapat peserta didik yang tidak memiliki perilaku jujur. Dari segi toleransi, peserta didik saling menghargai dan menghormati tanpa membeda-bedakan keyakinan. Dari segi demokratis, pengambilan keputusan selalu diputuskan bersama. Dari segi semangat kebangsaan, selalu memperingati hari nasional. Dari segi peduli lingkungan, selalu menjaga kebersihan dan keamanan asrama. dari segi peduli sosial, melaksanakan kegiatan baksos. Dari segi tanggung jawab, melaksanakan dengan baik segala kegiatan dan dari segi kerjasama, peserta didik saling membantu melakukan segala kegiatan seperti kerja bakti.

Keywords


Boarding School, Karakter Sosial

Full Text:

PDF

References


Admodiwiro, Soebagio. 2000. Manajemen Pendidikan. Jakarta: PT Ardadizya.

Ali, Muhammad. 2009. Pendidikan untuk Pembangunan Nasional. Jakarta: grasindo.

Alwisol. 2014. Psikologi Kepribadian: Edisi Revisi. Malang: UMM Press.

Baedowi, Ahmad, dkk. 2015. Manajemen Sekolah Afektif. Cetakan 1. Jakarta: PT Pustaka Alfabet.

Haworth, R. 2004. Are There Differences in Moral and Social Character Between High School Athletes and Non-Athletes. US: UMI.

Idi, Abdullah. 2011. Sosiologi Pendidikan. Cetakan ke 2. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Khalidah. 2013. Pendidikan Karakter dalam Sistem Boarding School. Skripsi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Pers.

Lickona, Thomas. 1991. Education for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York, Toronto, London, Sydney, Aucland: Bantam Books.

Maksudin. 2013. Pendidikan Islam Alternatif Membangun Karakter Melalui Sistem Boarding School. cetakan ke 2. Yogyakarta: UNY Pers.

Supardi. 2015. Sekolah Efektif: Konsep Dasar dan Praktiknya. Cetakan ke 2. Jakarta: Rajawali Pers.

Syahri, Akhmad. 2019. Pendidikan Karakter Berbasis Sistem Islamic Boarding School (Analisis Perspektif Multididipliner). Cetakan 1. Junrejo-Batu: Literasi Nusantara.

Tetep. 2017. Penanaman Nilai-nilai Karakter Sosial dalam Pendidikan Kewarganegaraan dan IPS dalam Konteks Perspektif Global. Garut: Jurnal Petik, 2(2).

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Cetakan ke-1. Jakarta: Kencana Pernada Media Group.


Article Metrics

Abstract view : 579 times | PDF view : 75 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: