Hubungan Lingkungan Sosial Sekolah dan Tingkat Pendidikan Orang Tua dengan Prestasi Belajar IPS Peserta Didik
(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v2i2.10048
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Hubungan lingkungan sosial sekolah dengan prestasi belajar IPS peserta didik, 2) Hubungan tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi belajar IPS peserta didik, dan 3) Hubungan lingkungan sosial sekolah dan tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi belajar IPS peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV, V dan VI berjumlah 65 orang peserta didik dan 65 orang tua. Teknik pengambilan sampel adalah dengan teknik Purposive Sampling dengan kriteria peserta didik yang nilai prestasinya dalam kategori rendah, sedang, dan kategori tinggi. Data penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan sosial sekolah dengan prestasi belajar IPS peserta didik yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi rx1y sebesar 0,730. Kedua, tidak terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi belajar IPS peserta didik yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi rx2y sebesar -0,272. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan sosial sekolah dan tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi belajar IPS peserta didik yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi 0,756 dan secara simultan ada 57,2% kontribusi lingkungan sosial sekolah dan tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi belajar IPS peserta didik SD Negeri 2 Parepare.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hidayati, dkk. (2008). Pengembangan Pendidikan IPS SD. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Priyatno, Duwi. (2017). Panduan Praktis Olah Data Menggunakan SPSS. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Sapriya. (2017). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2007). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.
Tu’u, Tulus. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Peserta didik. Jakarta: Grasindo.
Muzakky, Muhammad Faiz. (2015). Pengaruh Self-Efficacy, Lingkungan Sosial dan Lingkungan Fisik Sekolah terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS MAN Babakan Lebaksiu Tahun Ajaran 2014/2015.
Sandrawati F, Indira. (2016). Pengaruh Lingkungan Sosial Siswa dan Kondisi Ekonomi Orangtua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 9 Kota Probolinggo. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI), Vol.10 No.2 (2016) 245-260.
Article Metrics
Abstract view : 1399 times | PDF view : 142 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh :
Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id
085399235423
Phinisi Integration review telah terindex oleh :
Phinisi Integration review dilisensi oleh :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Phinisi Integration Review Editorial: