Pengaruh Aktivasi Terhadap Morfologi Karbon Aktif Dari Kulit Kacang Tanah

Sumiati Side(1), Diana Eka Pratiwi(2), Nita Magfirah Ilyas(3), Mega Putri Aulia Rahim(4), Suriati Eka Putri(5*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijfs.v9i2.54397

Abstract


Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh proses aktivasi terhadap karakteristik karbon aktif dari kulit kacang tanah. Penelitian ini terdiri dari tahapan preparasi sampel, tahapan karbonisasi karbon, aktivasi karbon, dan karakterisasi menggunkaan Scanning Electron Microscope (SEM). Aktivator yang digunakan pada penelitian ini adalah H3PO4 dan ZnCl2. Hasil yang diperoleh menunjukkan adanya perbedaan morfologi permukaan karbon sebelum dan setelah aktivasi. Morfologi permukaan karbon dari kulit kacang tanah menunjukkan adanya pori setelah dilakukan proses aktivasi. Jumlah pori yang banyak dihasilkan dengan menggunakan aktivator H3PO4 sedangkan pori dengan penampakan pori yang lebih kecil dihasilkan dengan menggunakan aktivator ZnCl2

Keywords


karbon aktif; kulit kacang tanah; SEM

Full Text:

PDF

References


Kristianto, Hans. 2017. “Review: Sintesis Karbon Aktif Dengan Menggunakan Aktivasi Kimia ZnCl2.” Jurnal Integrasi Proses 6(3).

Oko, Syarifuddin, Mustafa, Andri Kurniawan, and Ega Sthefani Bara Palulun. 2021. “Pengaruh Suhu Dan Konsentrasi Aktivator HCl Terhadap Karakteristik Karbon Aktif Dari Ampas Kopi.” Metana: Media Komunikasi Rekayasa Proses dan Teknologi Tepat Guna 17(1): 15–21.

Putri, S.E. et al. 2022. “The Renewable of Low Toxicity Gelcasting Porous Ceramic as Fe2O3 Catalyst Support on Phenol Photodegradation.” International Journal of Design and Nature and Ecodynamics 17(4).

Putri, Suriati Eka et al. 2018. “Performance Test of Gelcasted Porous Ceramic as Adsorbent of Azo Dyes.” Journal of Physics: Conference Series 1028(1).

Rahmadani, Noor, and Puji Kurniawati. 2017. “Sintesis Dan Karakterisasi Karbon Teraktivasi Asam Dan Basa Berbasis Mahkota Nanas.” Prosiding Seminar Nasoinal Kimia dan Pembelajarannya 2017 (November): 154–61.

Rastini, Endah Kusuma. 2018. “Pembuatan Serbuk Karbon Aktif Dari Limbah Bambu Sebagai Penyangga Katalis Logam Dalam Sintesis Biofuel Secara Fischer-Tropsch.” Indonesian Chemistry and Application Journal 2(1): 19.

Riyanto, Cucun Alep, Ezra Kurniawan, and November Rianto Aminu. 2021. “Pengaruh NaOH Dan Suhu Aktivasi Terhadap Karakteristik Karbon Aktif Sekam Padi Teraktivasi H3PO4.” Rafflesia Journal of Natural and Applied Sciences 1(2): 59–68.

Side, Sumiati, Suriati Eka Putri, and Nur Intan S. “Determination of the Effectiveness of Phenol Degradation Types Using Zeolite / TiO2 Composites.” (51): 1358–63.

Tarmidzi, Fadhil Muhammad et al. 2021. “Pengaruh Aktivator Asam Sulfat Dan Natrium Klorida Pada Karbon Aktif Batang Semu Pisang Untuk Adsorpsi Fe.” Jurnal Rekayasa Bahan Alam dan Energi Berkelanjutan 5(1): 17–21.

Wanda, Yolla Rama, and Ananda Putra. 2021. “Preparasi Dan Karakterisasi Karbon Aktif Dari Kulit Kacang Tanah (Arachis Hypogaea L.).” Jurnal Periodic Jurusan Kimia UNP 10(2): 1.


Article Metrics

Abstract view : 75 times | PDF view : 51 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.