Penerapan Model Regresi Logistik Pada Kasus Kekambuhan Penderita Penyakit Asma

Wahidah Sanusi(1*), Rahmat Syam(2), Hisyam Ihsan(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijfs.v9i2.54385

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model regresi logistik dalam mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap kekambuhan penderita penyakit asma. Data yang digunakan adalah data sekunder, yaitu data rekam medis pasien yang mengalami kekambuhan penyakit asma pada tahun 2021. Data tersebut diperoleh dari Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat (BBKPM) Makassar. Pada penelitian ini digunakan pendekatan model regresi logistik dikotomus, dimana variabel responnya adalah frekuensi kekambuhan penderita penyakit asma. Variabel ini dibagi dalam dua kategori, yaitu pasien yang mengalami satu kali kekambuhan penyakit asma, dan lebih dari satu kali. Sementara variabel bebasnya adalah Usia pasien, Jenis Kelamin, status Merokok, status Alergi, status Riwayat Atopik, dan status Obesitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Jenis Kelamin dan status Merokok berpengaruh secara signifikan terhadap frekuensi kekambuhan penyakit asma, dimana jenis kelamin perempuan 8.053 kali lebih berisiko mengalami kekambuhan asma lebih dari satu kali dibanding dengan laki-laki, sementara pasien yang merokok mempunyai risiko 13.359 kali dibanding dengan yang tidak merokok. Nilai koefisien determinasi model regresi logistik yang diperoleh sebesar 49.5% dan tingkat akurasi klasifikasi model sebesar 78.4%.


Keywords


regresi logistik; koefisien determinasi; penyakit asma

Full Text:

PDF

References


Abdy, M., Sanusi, W. & Aulia, H. (2022). Analisis Survival terhadap Kekambuhan Pasien Penderita Asma menggunakan Pendekatan Counting Process (Studi Kasus: Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat Makassar). Journal of Mathematics, Computations, and Statistics, 5(2): 140 – 150.

Basuki, A. T. (2018). Regresi Logistik Biner. Jurnal Pendidikan MIPA, 7(2).

Djamil, A., Hermawan, N. S. A., Febriani & Arisandi, W. (2020). Faktor yang Berhubungan dengan Kekambuhan Asma pada Pasien Dewasa. Wellness and Healthy Magazine, 2(1): 29-40.

Hosmer, D. W. & Lemeshow, S. (2000). Applied Logistic Regression, John Wiley & Sons, Inc., New York.

Paru, komite staf medis. (2020). Asma: Faktor Penyebab, Gejala, Pengobatan & Pencegahan Asma. RSUD Dr. Mohammad Soewandhie. https://rs-soewandhi.surabaya.go.id/asma-faktor-penyebeb-gejala-pengobatan-pencegahan-asma/. Telah diakses pada 18 Februari 2023.

RISKESDAS. (2019). Laporan Provinsi Sulawesi Selatan RISKESDAS 2018. Jakarta: Lembaga Penerbit Badan Litbang Kesehatan.

Sitepu, D. E. (2019). Analisis Faktor Penyebab Penyakit HIV/AIDS dengan Metode Regresi Logistik di RSUP H. Adam Malik. Skripsi. Universitas Sumatera Utara. Medan.

Tampil, Y., Komaliq, H. & Langi, Y. (2017). Analisis Regresi Logistik Untuk Menentukan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa FMIPA Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal d’Cartesian, 6(2): 56 - 62.

Ummah, I. (2018). Estimasi Parameter Pada Model Regresi Logistik Untuk Respon Biner Bivariat. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Varamita, A. (2017). Analisis Regresi Logistik dan Aplikasinya pada Penyakit Anemia untuk Ibu Hamil di RSKD Ibu dan Anak Siti Fatimah Makassar. Skripsi. Universitas Negeri Makassar. Makassar.


Article Metrics

Abstract view : 79 times | PDF view : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.