Peningkatan Kemampuan Membaca Memahami Teks Bahasa Jerman Melalui PAIKEM
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/phonologie.v2i2.35302
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, L. K., & Amri S. (2011). PAIKEM GEMBROT. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya.
Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta:PT RajaGrafindo Persada
Ehrles, S. (2010). Lesen als Verstehen. Berlin: Durckhaus Langenscheidt.
Hamra, A. & Eny, S. (2010). Model Pembelajaran Membaca Pemahaman Bahasa Inggris Sekolah Menengah. Makassar: Badan penerbit Universitas Negeri.
Indah, S. R., & Saleh, N. (2018). Analisis Materi Ajar Membaca Dalam Buku Deutsch Ist Einfach. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 2(1).
Ismail, S. M. (2009). Strategi Pengajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Semarang: Rasail
Jufri. (2008). Analisis Wacana Kritis. Makassar: Badan Penerbit UNM
Khairani, C. (2015). Strategi Pembelajaran Paikem (Scrambel) dan Peningkatan Motivasi Belajar Siswa SDN 6 Selebung Ketangga. Palapa, 3(1), 23-39.
Komalasari, K. (2010). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
Mahsun. (2014). Teks Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Mannahali, M. (2022). Task Based Learning dalam Pembelajaran Übersetzung in der Praxis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman. Interference: Journal of Language, Literature, and Linguistics, 3(1), 90-97.
Mariona, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Dalam Kemampuan Membaca Bahasa Jerman Siswa Kelas XI IPA Man 1 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1(2).
Mawaresna, A., & Anwar, M. (2020). Hubungan Antara Penguasaan Kosakata (Wortschatz) Dengan Kemampuan Membaca Memahami (Leseverstehen) Teks Bahasa Jerman Siswa Kelas XI. Interference Journal of Language, Literature, and Linguistics, 1(2), 153-158.
Muliani, M., Saud, S., & Junaeny, A. (2021). Penerapan Metode Dikte 听写 (Tīngxiě) dalam Peningkatan Kosakata Bahasa Mandarin. Interference: Journal of Language, Literature, and Linguistics, 2(1), 27-33.
Noor, M. (2010). Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan, Gembira dan Berbobot (PAIKEM GEMBROT). Jakarta: Multi Kreasi
Nurmiati, N., & Mantasiah, R. (2017). Keefektifan Penggunaan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer-Teaching) Dalam Kemampuan Membaca Memahami Bahasa Jerman Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1(1).
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:PT. Rajagrafindo Persada.
Sanusi, Y. H., Mannahali, M., & Anwar, M. (2020). Keefektifan Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Divisions (Stad) Dalam Kemampuan Membaca Teks Bahasa Jerman Siswa Kelas X MIPA SMA NEGERI 1 BARRU. Interference: Journal of Language, Literature, and Linguistics, 1(1).
Sumarno, Y., Christi, A. M., Gracia, F. Y., Runesi, A., & Timadius, H. (2021). Strategi PAIKEM Terpadu Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Era Pandemi Covid-19. Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 4(2), 226-244.
Tahir, I., Jufri, J., & Achmad, A. K. (2021). Murder Dalam Pembelajaran Membaca Memahami Bahasa Jerman. Interference: Journal of Language, Literature, and Linguistics, 2(2), 127-136.
Tuminih, T. (2018). Pengembangan Model Paikem Berorientasi Berpikir Kreatif Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 14 Cirebon. Jurnal Tuturan, 7(1), 837-846.
Usman, M., Dalle, A., Azizah, L., & Ernawati, E. (2020). Efektivitas Penggunaan Laboratorium Bahasa Dalam Pembelajaran Keterampilan Menyimak Bahasa Jerman Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jerman Fbs-Unm. Interference: Journal of Language, Literature, and Linguistics, 1(1).
Article Metrics
Abstract view : 92 times | PDF view : 14 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.