Keefektifan Metode Field Trip Dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/phonologie.v2i1.31217
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Alvionicha, F., Jufri, J., & Dalle, A. (2021). Keterampilan Menulis dan Berbicara Bahasa Jerman Siswa Berbasis Model Pembelajaran SAUD. Interference: Journal of Language, Literature, and Linguistics, 2(1), 1-10.
Angreany, F., Saleh, N., & Mannahali, M. (2021, March). YouTube-Based Audio Visual Media in German Listening Learning. In International Conference on Science and Advanced Technology (ICSAT).
Azizah, L., & Saleh, N. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Reward And Punishment dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman. Interference: Journal of Language, Literature, and Linguistics, 2(2), 98-104.
Djamarah, S.B. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Djiwandono, Soenardi. (2011). Tes Bahasa Pegangan bagi Pengajar Bahasa. Jakarta: PT Indeks.
Fachrurrazi dan Mahyudin. (2010). Pembelajaran Bahasa Asing Metode Tradisonal dan Kontemporer. Jakarta: Bania Publishing.
Fatimah, F., Asri, W. K., & Saleh, N. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Pop-Up Book Dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman. Phonologie: Journal of Language and Literature, 1(2), 76-82.
Hamdayana, Jumanta. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Iskandarwassid & Sunendar. (2008). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Jaswandi, J. (2020). Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Melalui Metode Field Trip Siswa SMPN 4 Tapung Hilir. Journal of Education and Teaching, 1(1), 81-84.
Jufri, J. Yusri. Y., & Mantasiah R.(2019). The Interference of First Foreign Language (German) in the Acquisition of Second Foreign Language (English) by Indonesian Learner. Asian EFL Journal, 23(6.2), 27-41.
Mannahali, M., & Rijal, S. (2020). Communicative translation method in increasing students’ performance in translation class. Asian ESP Journal, 16(4), 259-270.
Mantasiah, R. (2020). Linguistik Mikro (Kajian Internal Bahasa Dan Penerapannya). Deepublish.
Mulyo, S., Ilyas, M., & Ridhani, A. (2019). Pembelajaran Keterampilan Berbicara Dengan Metode Field Trip Pada Peserta Didik Kelas IX SMP Samarinda. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2(2), 115-126.
Nugriyantoro, Burhan. (2010). Penelitian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompotensi. Yogyakarta : BPFE.
Nurjamal, dkk. 2011. Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta.
Pringgawidagda, Suwarna. (2002). Strategi Penguasaan Berbahasa. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.
Roestiyah, NK. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Romadloni, A., & Mantasiah, R. (2017). Intercultural approach in foreign language learning to improve students’ motivation. Senior Editors, 61.
Sagala, S. (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Syaputra, A. F., Mantasiah, R., & Rijal, S. (2021, March). Web-Based Mentimeter Learning Media in Learning German Writing Skills. In International Conference on Science and Advanced Technology (ICSAT).
Tarigan, Djago. (1987). Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Widiyanto, B. (2017). Penerapan Metode Field trip pada MK. Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Meningkatkan Kepedulian Mahasiswa terhadap Permasalahan Sampah. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 11(2), 159-169.
Article Metrics
Abstract view : 178 times | PDF view : 37 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.