Peningkatan Kosakata Bahasa Jerman Melalui Model Make A Match
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/phonologie.v2i1.25691
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharmi, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara
Cornelis, T. A. (2020). EFEKTIVITAS TEKNIK PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
DY BORE, Ferdinandus. 2015. Hasil Belajar Menulis Kalimat.
Harahap, E. H. (2013). Die Anwendung des Lernmodells Make A Match zur Steigerung der Wortschatzbeherrschung der Schϋler in der Klasse XI an der SMA Negeri 2 Sidikalang Jahrgang 2013/2014 (Doctoral dissertation, UNIMED).
Hasmawati, H., Mantasiah, R., & Yusri, Y. (2020). A Contrastive Analysis of the Use of Prepositions in German and Indonesian. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 4(1), 106-112.
Ira, Engliana. 2015. Penggunaan Media Lagu Anak-Anak Dalam Mengembangkan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Siswa di PAUD. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2).
Johar, J., Asri, W. K., & Hasmawati, H. (2021). Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Poster Session Dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Jerman. Phonologie: Journal of Language and Literature, 1(2), 58-64.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Mode Pembelajaran Untuk Meningkatkan Profesionalititas Guru. Jakarta: Kata Pena.
Mantasiah, R., Yusri, Y., Syaputra, A. F., Angreany, F., & Hasmawati, H. (2020). Verb Conjugation in Different Languages: A Preliminary Study in Developing German Grammar Book Based Contrastive Analysis. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 4(2), 184-197.
Ningsih, R. S., Isnaini, Z. L., & Widiati, S. W. 2017. Peningkatan Penguasaan Kosakata Dengan Metode Cooperative Learning Tipe Make a Match Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Taruna Mandiri Pekanbaru (Doctoral dissertation, Riau University).
Nur, M., Burhanuddin, B., & Mannahali, M. (2021). Hubungan Antara Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Menulis Puisi Bahasa Jerman. Interference: Journal of Language, Literature, and Linguistics, 2(1), 64-70.
Putra, B. I. S. (2020). Penerapan permainan make a match pada keterampilan membaca Bahasa Jerman siswa kelas XI lintas minat SMA Negeri 8 Malang. SKRIPSI Mahasiswa UM.
Putra, R. A., & Bangunan, P. V. K. (2020). Kendala pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dalam masa pandemi. Journal of Chemical Information and Modeling. https://doi. org/10.1017/CBO9781107415324, 4.
Rusman, Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, (Jakarta: Rajawali Pers, 2012) , hal 223
Salwa, R., Usman, M., & Saleh, N. (2021). Media Puzzle Dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Jerman. Phonologie: Journal of Language and Literature, 1(2), 108-114.
Selviana, Y., Mannahali, M., & Dalle, A. (2020). Hubungan antara Penguasaan Kosakata dengan Kemampuan Menyimak Bahasa Jerman Siswa Kelas XI Bahasa. Interference: Journal of Language, Literature, and Linguistics, 1(2), 148-152.
Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wermke, Mathias., et al. 2007. DUDEN Universal Wörterbuch. Mannhei: Bibliographisches Institut & F.A. Brockhaus AG.
Zulfikar, Z., & Azizah, L. (2017). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Kuartet Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Siswa Kelas Xi Ma Negeri 1 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1(2).
Article Metrics
Abstract view : 352 times | PDF view : 101 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.