Penggunaan Sprachblasen Pada Media Komik Dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman

Rahmawati Rahmawati(1*), Nurming Saleh(2), Misnah Mannahali(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/phonologie.v2i1.25680

Abstract


Abstract. This research is class action research consist of two cycles and is performed virtually. The aim of this research is to get information about the planning, the process and the result of using Sprachblasen on comic media in German speaking skills of student from XI MAN 1 Makassar. The data are qualitative and quantitative. The qualitative data are collected through the observations and the quantitative data through the result of speaking tests in the first and second cycles and analyzed through the percentage technique. The result of this research shows that the students' speaking skills is 70 in the first cycle and in the second cycle is 78. It means the students in class XI MAN 1 Makassar by using Sprachblasen on the comic media has increased the German speaking skills (8%)

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2019. Media Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers.

Djiwandono, M. Soenardi. 2008. Tes Bahasa. Jakarta: PT. Indeks.

Dürscheid, Christa 2005. „E-Mail – verändert sie das Schreiben?“ In: Websprache.net. Sprache und Kommunikation im Internet. Hrsg. von Siever, Torsten, Schlobinski, Peter & Runkehl, Jens. Berlin, S. 85–97.

Hoffman, Roland. 2003. Entwicklung motorischer Fertigkeiten. https://user.phil-fak.uni-duesseldorf.de/~stempert/daten/HSmotentw070103.pdf diakses pada Minggu, 9 Februari 2020 pukul 10.10 WITA. https://books.google.co.id/books/about/Memahami_komik.html?hl=id&id=KK5-g72wjMIC&redir_esc=y diakses pada Minggu, 9 Februari 2020 pukul 10.00 WITA.

King, Larry. 2020. Seni Berbicara Kepada Siapa Saja, Kapan Saja, Di Mana Saja Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. https://books.google.co.id/books?id=LdbnDwAAQBAJ&pg=PA1&hl=id&source=gbs_selected_pages&cad=2#v=onepage&q&f=false diakses pada Minggu, 27 September 2020.

Lestari, Ayulita. 2019. Hubungan antara Penguasaan Kosakata (Wortschatz) dengan Keterampilan Berbicara (Sprechen) Bahasa Jerman Siswa Kelas XI SMA Negeri 12 Makassar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar.

Mayasari, Rati, Johanes Sapri, dan Turdja’i. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Jerman Berbasis Komik Untuk Meningkatkan Kosakata Dan Keterampilan Berbicara. Jurnal. Universitas Bengkulu. http://repository.unib.ac.id/18470/ diakses pada Minggu, 9 Agustus 2020.

McCloud, Scott. 2001. Understanding Comics/MemahamiKomik. Jakarta: Kepustakaan Popular Gramedia.

Mittler, Hubert. 2007. Prinz Eisenherz oder: Das Mittelalter in Der Sprechblase. Frankfurt: Peter Lang GmbH Internationaler Verlag der Wissenschaften. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=Y1ewKZE6SEsC&oi=fnd&pg=PA11&dq=was+ist+sprechblasen&ots=0E1Fcze-M5&sig=ViSHGDIqXzmq7U7ftDeBE5NBVo0&redir_esc=y#v=onepage&q=was%20ist%20sprechblasen&f=false diakses pada Kamis, 13 Agustus 2020 .

Mufida, dkk. 2017. Rolling Ball: Pengembangan Media Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Kelas VIII MTS di Kabupaten Pekalongan. Semarang: Jurnal. Jurusan Bahasa Asing Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang. file:///C:/Users/user/Downloads/14398-Article%20Text-29127-1-10-20170516.pdf diakses pada Minggu, 27 September 2020.

Musaba, Zulkifli. 2012. Terampil Berbicara. Yogyakarta : CV Aswajaya Pressindo.

Öcal, Yeliz. 2013. Sprechfertigkeit. Förderung der mündlichen Kommunikation im Fremdsprachenunterricht. München, GRIN Verlag. https://www.grin.com/document/323114 diakses pada Minggu, 27 September 2020.

Perwitasari, Runi. 2014. Keefektifan Penggunaan Media Komik Berbahasa Jerman Pada Keterampilan Membaca Bahasa Jerman Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 2 Wates Kulon Progo. Yogyakarta: Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=runi+perwitasari&oq=runi+perwi#d=gs_qabs&u=%23p%3DlrbAqZ8-W-sJ diakses pada Senin, 10 Februari 2020 pukul 10.00 WITA.

Putri, Brenda Christina. 2014.Keefektifan Penggunaan Komik Sebagai Media Pembelajaran Drama pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Yogyakarta. Yogyakarta: Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=brenda+christina+putri&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3DbC38WIQi2EYJ diakses pada Senin, 10 Februari 2020.

Rivai, Ahmad dan Nana Sudjana. 2005. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.

Rohani, Ahmad. 2014. Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Sackman, Eckart. 2010. Comic. Kommentierte Definition. Deutsche Comicforschung: Jurnal. Diakses pada Minggu, 27 September 2020.

Sadiman, Arif S, dkk. 2018. Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Depok: Rajawali Pers.

Tarigan, H. G. 2015. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tedjasendjaja, Gratianus Aditya dan Lai Riko. 2014. Visualisasi Karakter Hanoman sebagai Tokoh dalam Komik Digital. Jurnal. Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Bunda Mulia. https://core.ac.uk/download/pdf/268048642.pdf diakses pada Kamis, 13 Agustus 2020.

Wahyuni dan Ibrahim. 2012. Assesmen Pembelajaran Bahasa. Bandung: Refika Aditama.

Yohana, Fenti Mariska. 2017. Komik Sebagai Media Pengajaran Bahasa Inggris Desain Bagi Mahasiswa DKV Unindra. Jurnal. Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Indrapasta PGRI. https://jurnal.trisaktimultimedia.ac.id/index.php/magenta/article/download/15/13 diakses pada Rabu, 12 Agustus 2020.

Zainiyati, Husniyatus Salamah. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT : Konsep dan Aplikasi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta:Kencana.https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=yBVNDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA61&dq=media+pembelajaran&ots=mPjmD9-ITZ&sig=txmKLPnjAJeTo92A7ITXwHoPXUo&redir_esc=y#v=onepage&q=media%20pembelajaran&f=false diakses pada Selasa, 15 September 2020 pukul 23.50 WITA.

Zainurrahman. 2011. Menulis: Dari Teori Hingga Praktik (Penawar Racun Plagiarisme). Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 295 times | PDF view : 54 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter