Pelatihan Pembuatan Eco Enzyme Sebagai Alternatif Pengelolaan Sampah Organik Rumah Tangga

Fitri Anggraini(1*), Alya Pravita Putri(2), Dafid Permana(3), Rifana Rizki Maulida Ummah(4), Mirza Andrian Syah(5),

(1) Fakultas Pertanian, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
(2) Fakultas Pertanian, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
(3) Fakultas Pertanian, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
(4) Fakultas Pertanian, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
(5) Fakultas Pertanian, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v5i1.64188

Abstract


Abstrak.  Pengelolaan sampah organik di tingkat rumah tangga menjadi tantangan signifikan dalam upaya mewujudkan lingkungan yang berkelanjutan. Sampah organik rumah tangga yang tidak dikelola dengan baik dapat menumpuk dan menghasilkan bau yang tidak sedap serta berdampak negatif terhadap lingkungan dan kesehatan. Salah satu solusi yang inovatif dan ramah lingkungan adalah dengan memanfaatkan teknik fermentasi organik untuk menghasilkan eco enzyme. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berfokus pada pelatihan pembuatan eco enzyme sebagai metode pengelolaan sampah organik rumah tangga. Pelatihan ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat Desa Gelam agar mampu mengolah dan memanfaatkan sampah organik menjadi produk yang bermanfaat seperti eco enzyme serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan. Pelatihan ini diharapkan dapat menjadi model yang efektif dalam mengurangi volume sampah organik rumah tangga dan mempromosikan praktik berkelanjutan di masyarakat. Pelatihan ini dilaksanakan dalam beberapa tahap, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan. Metode yang digunakan dalam pelatihan diantaranya metode ceramah, praktek, serta diskusi dan tanya jawab. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara untuk menganalisis kebutuhan masyarakat serta kuesioner untuk mengevaluasi kebermanfaatan, pemahaman, dan kepuasan peserta setelah mengikuti pelatihan. Hasil dari pelatihan menunjukkan bahwa peserta mampu memahami dan mempraktikkan pembuatan eco enzyme dengan baik serta menunjukkan peningkatan kesadaran akan pentingnya pengelolaan sampah organik yang ramah lingkungan. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah pelatihan pembuatan eco enzyme telah dilaksanakan dengan baik dimana jumlah peserta pelatihan mencapai 100% dari jumlah yang ditargetkan. Melalui kuesioner evaluasi, peserta telah memahami tata cara pembuatan dan penggunaan eco enzyme untuk kehidupan sehari-hari. Peserta juga merasa bahwa materi yang diberikan sangat bermanfaat dan merasa sangat puas setelah mengikuti pelatihan ini.

 

Kata Kunci: Pelatihan, Eco Enzyme, Sampah Organik.


Full Text:

PDF

References


Maulidah, A., & Syah, M. A. (2023) Peningkatan Nilai Tambah Sisa Sortir Sayur dan Buah Melalui Diversifikasi Berbagai Olahan Makanan. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 34-40.

Mugitsah, A. (2021). The Amazing Eco-Enzyme (Kimia Kontekstual: Green Chemistry dan Nilai Islam). https://pubhtml5.com/khrv/qlsf. Diakses tanggal 8 Juni 2024.

Muliarta, I. N., & Darmawan, I. K. (2021). Processing Household Organic Waste into Eco-Enzyme as an Effort to Realize Zero Waste. Agriwar Journal, 1(1), 6-11.

Nufus, T. H., Saidatuningtyas,I., Ardhan, D. T., Arnanda, R., dan Khirunnisa, R. (2024). Pelatihan Pembuatan Eco Enzyme untuk Mengurangi Limbah Organik Pada Warga Rumpin, Bogor. PROFICIO: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. (2), 71-79.

Nurfajriah., Mariati, F. R. I., Waluyo, M. R., Mahfud, H. (2021). Pelatihan Pembuatan Eco-Enzyme Sebagai Usaha Pengolahan Sampah Organik Pada Level Rumah Tangga. Jurnal Ikraith-Abdimas, 3(4), 194-197.

Octavianti, C. T., Wulandari, Y. O., Khasanah, F., & Rahayuningsih, S. (2024). Sosialisasi Pembuatan Eco-Enzyme dari Sampah Organik pada Warga Desa Ngawonggo. Jurnal PEDAMAS (Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 386-391.

Rochyani, N., Utpalasari, R. L., & Dahliana, I. (2020). Analisis Hasil Konversi Eco Enzyme Menggunakan Nenas (Ananas comosus) dan Pepaya (Carica papaya L.). Jurnal Redoks, 5(2), 135–140.

Sari, V. I., Susi, N., & Rizal, M. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Sampah Organik Sebagai Bahan Eco-Enzym Untuk Pembuatan Pupuk Cair, Desinfektan Dan Hand Sanitizer. COMSEP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 323-330.

Setiawati, M. C. N., Munisih, S., Soendoro, A. K., Mutmainah, M., Haryanti, S., Bagiana, K., Puspitaningrum, I., R., Ungsari, & D., F. Yuvianti. (2023). Pembuatan Eco-Enzyme dan Pemanfaatannya untuk Gel Anti Nyamuk di Desa Ngrawan Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang. Jurnal Pengabdian Kesehatan, 6(3), 214-221.

Syah, M. A. & Ratnakanyaka, M. (2024). Kesediaan Membayar Konsumen Terhadap Produk Pisang Cavendish di Toko Ritel Modern Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah Sosial Agribis (JISA), 23(2), 86-93.

Wiryono, B., Sugiarta, S., Muliatiningsih, M., & Suhairin, S. (2021). Efektivitas Pemanfaatan Eco Enzyme untuk Meningkatkan Pertumbuhan Tanaman Sawi dengan Sistem Hidroponik DFT. In Prosiding Seminar Nasional Pertanian, 2(1), 63-68.

Yuliani, F., Kristiowati, D., Hermyanto, C. (2022). Pelatihan Pembuatan Cairan Serbaguna Eco-Enzymedari Sampah Organik dan Cara Pemanfaatannya di Desa Gondangmanis, Bae, Kudus. PRIMA: Journal of Community Empowering and Services. 6(1) : 37-45.


Article Metrics

Abstract view : 4 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.