Literasi Keselamatan bagi Keluarga di Daerah Rawan Bencana

Hasriani Hasriani(1*), Sakaria Sakaria(2), Yasdin Yasdin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v5i1.62781

Abstract


Abstrak. Pemberdayaan masyarakat dengan judul Literasi Keselamatan bagi Keluarga di Daerah Rawan Bencana bertujuan untuk meningkatkan kapasitas individu, kelompok, dan keluarga dalam menghadapi dan merespon bencana yang suatu waktu dapat terjadi. Bukan hanya itu, pemberdayaan masyarakat ini juga memberikan edukasi kepada masyarakat sasaran untuk pulih dan bangkit pascabencana. Pemberdayaan ini dilakukan dengan memberikan pelatihan dan simulasi kepada masyarakat sebelum, saat, dan setelah bencana. Hasil dari pemberdayaan masyarakat ini menunjukkan hasil yang siginifikan. Masyarakat sasaran telah memahami langkah-langkah keselamatan, memiliki kemampuan kesiapsiagaan melalui penyusunan rencana evakuasi. Dari hal ini, masyarakat perlahan menunjukkan budaya keselamatan yang perlahan meningkat. Tantangan yang dihadapi pembedayaan ini adalah dukungan dari berbagai pihak yang berkepentingan terhadap kesiapsiagaan dan penanganan bencana.

 

Kata kunci: Bencana, Keluarga, Keselamatan, Literasi, Pemberdayaan


Full Text:

PDF

References


Cahyo, F. D.,dkk. (2023). Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi Dalam Keperawatan: Tinjauan Penelitian. JPP (Jurnal Kesehatan Poltekkes Palembang), 18(1), 87-94.

Kamasuta, K., Widayanti, B. H., & Lestari, S. A. P. (2021). Mitigasi Bencana Longsor Dan Banjir Bandang Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Desa Bentek Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara. CIVeng: Jurnal Teknik Sipil Dan Lingkungan, 2(1), 19-28.

Karlina, A., Legiana, W. H., & Fitrayadi, D. S. (2022). Perspektif masyarakat terhadap pelaksanaan literasi mitigasi bencana tsunami untuk membentuk civic knowledge. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 112-131.

Khoiriah, Z., & SOS, S. (2021). Siaga Bencana dalam Paradigma Perilaku Sosial. GUEPEDIA.

Mandela, W., & Torang, D. (2022). Desain Jalur Evakuasi Gedung Politeknik Katolik Saint Paul Kota Sorong Papua Barat. Jurnal Karkasa, 8(1), 34-42.

Taklal, S. A., Ikka, E. G., Ajeng, J., & Deliviana, E. (2023). Pendidikan kebencanaan bagi siswa berkebutuhan khusus. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 3(1), 1-6.

Wicaksono, F. A., & Sibuea, R. P. (2022). Efektivitas program satuan pendidikan aman bencana di SMA Negeri 1 Cangkringan Kabupaten Sleman Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Pemerintahan Dan Keamanan Publik (JP Dan KP), 63-73.


Article Metrics

Abstract view : 14 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.