Pelibatan Organisasi Aisyiyah dalam Menjaga Lingkungan Melalui Penanaman Pohon di Kota Makassar
(1) Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v5i1.62395
Abstract
Abstrak. Penanaman pohon dilakukan sebagai bentuk untuk mengantisipasi peningakatan pemanasan global. Penanaman pohon ini dilakukan pada halaman rumah untuk menciptakan ruang terbuka hijau. Metode pelatihan pembuatan manisan buah rambutan dilakukan dengan memberikan pelatihan secapelaksanaan dilakukan melalui tiga tahapan yaitu perancangan program, pelaksanaan kegiatan dan evaluasi kegiatan. Kegiatan ini dilakukan dengan melibatkan Organisasi Aisyiyah pada seluruh cabang di Kota Makassar dan masing-masing cabang melibatkan 10 peserta. Kegiatan ini bertujuan sebagai bentuk dukungan organisasi terhadap penyediaan ruang terbuka hijau di Kota Makassar. Pada kegiatan ini terdapat 35% anggota cabang merasa sulit untuk menanam pohon di halam rumah dan terdapat sebanyak 65% anggota yang bersedia menanam pohon di halaman rumah.
Kata Kunci: Ruang Terbuka Hijau, Penanaman Pohon, Pemanasan Global
Full Text:
PDFReferences
Claridge, T. (2018). Functions of social capital–bonding, bridging, linking. Social Capital Research, 20(1), 1–7.
Dang, W. (2020). How culture shapes environmental public participation: case studies of China, the Netherlands, and Italy. Journal of Chinese Governance, 5(3), 390–412.
Kasymova, J., & Gaynor, T. S. (2014). Effective citizen participation in environmental issues: What can local governments learn? State and Local Government Review, 42(2), 138–145.
Miller, R. W., Hauer, R. J., & Werner, L. P. (2015). Urban forestry: planning and managing urban greenspaces. Waveland press.
Umar, T. M., Chaerowati, D. L., Yulianti, Y., Permatasari, A. N., Al Hanif, K. L., Jamil, I., … Rinaldi, M. Z. A. (2022). Empowering women Aisyiyah business actors through digital marketing during the pandemic. 4th Social and Humanities Research Symposium (SoRes 2021), 39–44. Atlantis Press.
Article Metrics
Abstract view : 25 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.