PKM Pembuatan Modul Pembelajaran Internet of Things (IoT) sebagai Media Pembelajaran SMKN 4 Gowa

Muliadi Muliadi(1*), Hilda Ashari(2), Nurul Mukhlisah Abdal(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v5i1.61928

Abstract


Abstrak. Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) “PKM Pembuatan Modul Pembelajaran Internet Of Things (IoT) Sebagai Media Pembelajaran SMKN 4 Gowa” bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pengetahuan dan keterampilan terkait materi Internet of Things (IoT) bagi tenaga pendidik kompetensi keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik dan Teknik Komputer dan Jaringan SMKN 4 Gowa. Solusi yang dilakukan dalam menyelesaikan persoalan mitra, yaitu memberikan pelatihan (IoT) dan implementasinya terhadap capaian target pembelajaran untuk menambah dan meningkatkan pengetahuan tenaga pendidik tentang Internet of Things (IoT).  Selain itu pembuatan modul pembelajaran berupa Trainer IoT sebagai Internet of Things media pembelajaran untuk mendukung pelaksanaan praktikum pada kompetensi Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) dan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Metode yang digunakan dalam kegiatan yaitu metode ceramah, diskusi dan  tanya jawab, digunakan pada materi pelatihan yang bersifat pengetahuan. Metode simulasi, demonstrasi, pemberian tugas dan metode praktik digunakan pada materi pelatihan yang bersifat keterampilan. Hasil yang dicapai dalam kegiatan kemitraan masyarakat ini adalah 10 orang peserta pelatihan dapat terampil dan kompeten dalam menggunakan Modul Pembelajaran Internet Of Things (IoT) sebagai media pembelajaran di SMKN 4 Gowa.

Kata Kunci: Modul Pembelajaran, Internet of Things, Media Pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Achmad, A., Areni, I. S., Palantei, E., Achmad, A. D. & Muliadi (2022b). IoT Network of Sensor Array for Intrusion Detection and Diagnosis of Electrical Systems. International Journal on Advanced Science Engineering Information technology.

Achmad, A., Muliadi., Areni, I. S., Palantei, E., Hadis, M. S., & Achmad, A. D. (2022a). Smart Electrical Devices Control with Intrusion Detection Alert. International Journal of Interactive Mobile Technologies.

Data Pokok Pendidikan, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. 2023.

Djojonegoro, Wardiman. 1998. Catatan Pemikiran, Mengenang 100 tahun Prof. Dr (HC). Ir. Roosseno Soerjohadikoesoemo (Roosseno Jembatan dan Menjembatani). Yayasan Pustaka Obor Indonesia, Jakarta.

Peraturan Pemerintahan Nomor 29 Tahun 1990.

Salinan Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 033/H/KR/2022 tentang Perubahan atas Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka.


Article Metrics

Abstract view : 23 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.