Peningkatan Kemampuan Ibu Rumah Tangga Melalui Pelatihan Produksi Pangan Kue Bapia

Ferlya Elyza(1*), Yuliana Yuliana(2), Azlim Azlim(3), Rini Susiani(4), Asih Winarty(5), Hasanah Hasanah(6), T. Mukhlisin(7), Mhd. Zawil Alfaizin(8), Abdul Haliq(9),

(1) Universitas Abulyatama
(2) Universitas Abulyatama
(3) Universitas Abulyatama
(4) Universitas Abulyatama
(5) Universitas Abulyatama
(6) Universitas Abulyatama
(7) Universitas Abulyatama
(8) Universitas Abulyatama
(9) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v4i2.59510

Abstract


Abstrak. Pemberdayaan sumber daya manusia di tingkat gampong (desa) perlu dilaksanakan secara kontinu, khususnya pendampingan bagi Ibu Ibu Rumah Tangga (IRT) dalam meningkatkan kemampuan produksi pangan sederhana. Namun, rendahnya pengetahuan IRT dalam proses produksi pangan sederhana masih sangat rendah, sehingga peluang peningkatan sumber daya desa tidak dapat dikembangkan maksimal. Metode yang diadaptasi dalam kegiatan pengabdian ini adalah pemberian pelatihan produksi pangan sederhana yaitu kue Bapia. Sampel kegiatan pengabdian ini adalah ibu ibu rumah tangga yang berdomisili di Desa Lamreh, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar berjumlah 17 peserta. Kegiatan ini dilaksanakan dengn berkolaborasi dengan mahasiswa yang melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa tersebut. Berdasarkan hasil observasi, antusiasme Ibu Ibu rumah tangga dalam mengikuti kegiatan sangat tinggi. Interaksi selama kegiatan berlangsung sangat baik dan banyak hal baru terkait trik produksi sederhana yang diperoleh dalam kegiatan ini. Pada akhir kegiatan pengetahuan IRT terhadap proses produksi Kue Bapia dan bagaimana proses pengemasan mampu ditingkatkan.

 

Keywords: pelatihan; Ibu rumah tangga; produksi pangan sederhana.

PENDAHULUAN


Full Text:

PDF

References


Asih, E. R., & Arsil, Y. (2019). Penerapan Cara Produksi Pangan Yang Baik Pada IRT Bawang Goreng Kota Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dinamisia, 3(2), 221–227.

Kusumaningrum, A. P. (2014). Strategi pengembangan industri rumah tangga pangan olahan berbasis waluh dengan menggunakan pendekatan rantai nilai. In Unpublish report.

Christiana, R., & Stj, M. A. (2021). Upaya Meningkatkan Pengetahuan Olahan Berbasis Tepung Terigu Ibu-Ibu Pkk Di Desa Medono. 2(02), 109–117.

Rahayuni, M. D., Syamsiatun, N. H., & Paramanitya, Y. (2014). Pengaruh Peningkatan Pengetahuan terhadap Cara Produksi Pangan yang Baik pada Industri Rumah Tangga Pangan yang Telah diberi Penyuluhan pada Bulan Desember 2016 di Kabupaten Wonosobo. Unpublished Article, 1(5), 1–5.


Article Metrics

Abstract view : 43 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.