Literasi Numerasi: Pengenalan, Penguatan dan Pemberdayaan Guru SD

Bobby Poerwanto(1*), Fajar Arwadi(2), Moh. Ardani Samad(3),

(1) Prodi Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(3) Institut Kesehatan Pelamonia KESDAM VII/Wirabuana
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v4i2.56406

Abstract


Abstrak Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan numerasi guru sesuai dengan kerangka kompetensi literasi dan numerasi untuk guru sekolah dasar. Dengan meningkatkan keterampilan numerasi guru, tujuannya adalah memberikan pengaruh positif pada siswa, pada akhirnya menghasilkan generasi yang memiliki kemampuan numerasi yang kuat. Pelatihan melibatkan 7 guru dari SDI Bollangi 1, dan hasilnya menunjukkan bahwa sebagian besar peserta melihat peningkatan signifikan sebagai hasil dari program ini. Selain itu, mereka mencatat bahwa program ini sesuai dengan standar kompetensi saat ini..

Kata kunci: Hasil belajar, Numerasi, PISA.


Full Text:

PDF

References


Afriansyah, E. A., & Arwadi, F. (2021). Learning Trajectory of Quadrilateral Applying Realistic Mathematics Education: Origami-Based Tasks. Mathematics Teaching Research Journal, 13(4), 42–78.

Ali, B., & Poerwanto, B. (2017). Motivasi dan Hasil Belajar Statistika Menggunakan Multimedia Pembelajaran Program Studi Teknik Informatika UNCP. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 59–69.

Arwadi, F., & Bustang. (2018). Supporting elementary school children’s skill and concept understanding in solving combinatorics problems. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 51(1), 23–31.

Arwadi, F., & Putriz, R. I. I. (2018). Design research on mathematics education: Assisting elementary school children in grasping multiplication concept and solving three-dimensional multiplication principle problems. Journal of Physics: Conference Series, 1028(1), 012159.

Dantes, N., & Handayani, N. N. L. (2021). Peningkatan Literasi Sekolah Dan Literasi Numerasi Melalui Model Blanded Learning Pada Siswa Kelas V SD Kota Singaraja. WIDYALAYA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 269–283. http://jurnal.ekadanta.org/index.php/Widyalaya/article/view/121

Daroin, A. D., Santoso, O. V. K., Pranidia, D. M. A., & Halimah, L. L. (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Siswa Di Sdn 2 Gombang Tulungagung. D’edukasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 38. https://doi.org/10.25273/dedukasi.v2i1.12670

Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(9), 1–58.

Poerwanto, B. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Media Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Siswa Kelas VIII6 SMP Negeri 17 Makassar. D’ComputarE, 6(1), 12–22.

Poerwanto, B., & Ali, B. (2018). MATAPPA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Kelompok Guru Kecamatan Bua Meneliti. 1, 107–112.

Poerwanto, B., & Ismail, A. (2022). PKM Pelatihan Literasi Data bagi Siswa dan Guru. MATAPPA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 457–463.

Samad, M. A., & Mangindara. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran, Akreditasi Sekolah dan Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Gowa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 74–84.

Siskawati, F. S., Chandra, F. E., Irawati, T. N., Studi, P., Matematika, P., Jember, U. I., Kaliwates, K., Kaliwates, K., & Timur, J. J. (2021). Profil Kemampuan Literasi Numerasi di Masa Pandemi Cov-19. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 253–261.

Wuryanto, H., & Abduh, M. (2022). Mengkaji Kembali Hasil PISA sebagai Pendekatan Inovasi Pembelajaran untuk Peningkatan Kompetensi Literasi dan Numerasi. Kemdikbudristek. https://gurudikdas.kemdikbud.go.id/news/mengkaji-kembali-hasil-pisa-sebagai-pendekatan-inovasi-pembelajaran--untuk-peningkatan-kompetensi-li


Article Metrics

Abstract view : 54 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.