Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Menggunakan Platform Animaker Bagi Guru SDN 008 Sungai Kunjang

Rosita Putri Rahmi Haerani(1*), Erna Suhartini(2),

(1) Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Mulawarman
(2) Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Mulawarman
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v4i2.56404

Abstract


Abstrak. Maksud dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan peran guru di SDN 008 Sungai Kunjang dalam mengembangkan inovasi pembelajaran interaktif. Inovasi media pembelajaran ini berupa media pembelajaran berbasis animasi. Kendala dalam kemampuan guru dalam menciptakan media pembelajaran merupakan masalah yang perlu dicari solusinya. Salah satu perkembangan dalam ilmu dan teknologi yang bisa digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif dan efisien di sekolah dasar adalah dengan menciptakan media pembelajaran interaktif berbasis animasi. Pendekatan yang digunakan dalam kegiatan ini mencakup metode presentasi untuk memperkenalkan media pembelajaran animasi dan platform animaker, metode demonstrasi untuk mengenalkan pengoperasionalisasi Animaker, dan metode praktik untuk membuat animasi secara langsung sesuai dengan jenjang kelas yang diajarkan oleh guru. Evaluasi dilakukan melalui penyelenggaraan kuesioner, yang bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan peserta terhadap pelatihan pembuatan animasi. Kuesioner ini terdiri dari tiga aspek yang mencakup 13 pernyataan. Kegiatan pengabdian masyarakat di SDN 008 Sungai Kunjang berjalan dengan baik, sebagaimana tercermin dari 83,3% peserta telah mampu membuat media animasinya sendiri, serta didukung hasil kuesioner yang menunjukkan bahwa mitra memberikan respons positif sebesar 88,04% terhadap kegiatan pelayanan ini. Kegiatan ini meningkatkan kemampuan guru dalam menciptakan media pembelajaran yang interaktif dan inovatif untuk persiapan materi pengajaran di sekolah. Media pembelajaran berbasis animasi merupakan salah satu inovasi terbaru bagi para guru di SDN 008 Sungai Kunjang.

 

Kata kunci: Pelatihan Guru, Media Pembelajaran, Animasi, Animaker

Full Text:

PDF

References


Astuti, I. A. D., Dasmo, D., & Sumarni, R. A. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis android dengan menggunakan aplikasi Appypie di SMK Bina Mandiri Depok. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 24(2), 695–701.

Fadilla, N., Sari, I. Y., Arafah, F., & Azmi, N. N. (2023). Peranan Media Animasi Interaktif Untuk Mengenalkan Nilai-Nilai Keagamaan Di Sekolah Dasar. Jurnal AL-Mutaaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 1–17.

Ginting, D., & Jiuangga, V. V. (2022). Pemantapan Literasi Multimedia Guru-Guru Smpk Sang Timur Dalam Perancangan Media Ajar Digital. WIDYA LAKSANA, 11(1), 106–117.

Januanesbi, G., Sunarhadi, M. A., & others. (2014). Pembelajaran Vulkanologi Secara 3D Berbasis Augmented Reality. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nurhasanah, E., Maspuroh, U., & Rizal, A. (2021). Pelatihan Perancangan Media Animasi Berbasis Aplikasi Animaker Bagi Guru MTs Ikhwanul Muslimin dan MTs Nahdlatul Ulama Garunggung Kabupaten Karawang. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(1), 449–460.

Pangestu, D. M., & Rahmi, A. (2022). Metaverse: Media Pembelajaran di Era Society 5.0 untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Indonesia. Journal of Pedagogy and Online Learning, 1(2), 52–61.

Raharjo, J. F., & Karimah, N. I. (2021). Pelatihan e-learning dan pembuatan buku ajar digital bagi peningkatan peran guru millenial. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 1(02).

Rahmadhani, E., & Noviani, J. (2023). Pelatihan Pembuatan Video Animasi Menggunakan Platform Animaker Bagi Guru Matematika Smp. Aptekmas Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 6(3), 157–162.

Sidabutar, Y. A., Simanjuntak, T. A., Tambunan, M. A., & Purba, L. (2022). Sosialisasi Pembuatan Media Animasi dalam Pembelajaran Bahasa di Era Digital. Jurnal Abdidas, 3(1), 212–217.

Sriyanto, S., Banowati, E., & Kurniawan, E. (2021). Pelatihan penyusunan bahan ajar digital bagi guru-guru IPS SMP di Kabupaten Batang. Educate: Journal of Community Service in Education, 1(2), 69–77.

Suherman, Y. R., Nugroho, T. A., Quraini, F. B., & Yasin, M. (2023). Analisis Perkembangan Industrialisasi Era 5.0 Terhadap Kondisi Pendidikan Di Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik Jawa Timur. Jurnal Kajian dan Penelitian Umum, 1(3), 169–182.

Syahroni, M., Dianastiti, F. E., & Firmadani, F. (2020). Pelatihan media pembelajaran berbasis teknologi informasi untuk meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran jarak jauh. International Journal of Community Service Learning, 4(3), 170–178.

Werdistira, I. W. A., Prayoga, I. G. P. A., Suryasa, I. W., & Suwartama, I. M. (n.d.). Implementation of animation digital literacy culture-based English teaching and the use of virtual learning environment (VLE) at SMAN 1 Blahbatuh.

Yanti, R. D., Thaha, H., & others. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Pada Peserta Didik SD. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 4(1), 81–95.

Yunefri, Y. Y., Fadrial, Y. E., & others. (2022). Pelatihan Pembuatan Buku Ajar Digital TPACK Dengan Flipbook Bagi Guru SMK Negeri 2 Pinggir. Mejuajua: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 2(1), 50–55.

Zulfa, P. I., Ni’mah, M., & Amalia, N. F. (2023). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi IT dalam Mengatasi Keterbatasan Pendidikan di Era 5.0 pada Sekolah Dasar. eL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 5(1), 1–15.


Article Metrics

Abstract view : 62 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.