PKM Kelompok Guru SMP Negeri 5 Marioriawa Kabupaten Soppeng Dalam Membuat Modul Ajar Kurikulum Merdeka
(1) Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v4i2.56402
Abstract
Abstrak – Permasalahan mitra yang telah diidentifikasi oleh tim pengusul dengan para guru di SMP Negeri 5 Marioriawa sebagai peserta sosialisasi adalah sebagai berikut 1) Para guru memiliki pemahaman yang masih kurang tentang penulisan modul ajar kurikulum merdeka belajar. 2) Para guru belum mampu melakukan penyusunan modul ajar dengan baik. 3) Para guru perlu mendapatkan pelatihan dan pendampingan dalam melakukan penyusunan modul ajar kurikulum merdeka. 4) Para guru perlu memperoleh pembinaan dari pihak yang kompeten dalam menyusun modul ajar kurikulum merdeka belajar. Metode pelaksanaan kegiatan ini berupa pelatihan kepada para guru di SMP Negeri 5 Marioriawa, Kabupaten Soppeng. Setelah diberi pelatihan, mereka dibimbing untuk membuat modul ajar Kurikulum Merdeka. Pelaksanaan PKM berlangsung di SMPN 5 Marioriawa Kabupaten Soppeng sekalgus sekolah tersebut menjadi Sekolah Penggerak Angkatan 2. Hasil yang diperoleh dari kegian PKM ini adalah para guru mampu membuat modul ajar sesuai dengan kriteria dalam Kurikulum Merdeka.
Kata kunci: Modul Ajar, Kurikulum Merdeka, Penulisan Modul.
Full Text:
PDFReferences
Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka Belajar. [online] di akses pada tanggal 5 Desember 2022.
https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp- content/unduhan/bukusaku.pd
Dewi, Y (2022). Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar SMP: Bedanya dengan Kurikulum 13. [Online] diakses pada tanggal 5 Desember 2022.
https://tirto.id/apa-itu-kurikulum-merdeka-belajar-smp-bedanya-dengan-kurikulum-13-guAS
Marlina, E (2022). Deskripsi Kebutuhan Pembelajaran Matematika Diskrit melalui Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal JRMST Vol. 2 No. 1. https://www.ejournal.unibba.ac.id/index.php/jrmst/article/view/906
Article Metrics
Abstract view : 58 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.