PKM Peningkatan Pemahaman Pelaksanaan Pendidikan Inklusi di Perguruan Tinggi

Eva Meizara Puspita Dewi(1*), Amirah Aminaty Agussalim(2), Basti Tetteng(3), Mega Rezkyta Putri(4), Asmiati Asmiati(5),

(1) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(2) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(3) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(4) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(5) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v4i2.56394

Abstract


Abstrak: Setiap warna negara berhak untuk menerima pendidikan, termasuk penyandang disabilitas. Pendidikan inklusi merupakan wadah bagi penyandang disabilitas untuk mengakses pendidikan yang layak. Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi yang inklusi telah diamanatkan melalui Convention on The Rights of Persons With Disabilities (CRPD) dan aturan perundang-undangan di Indonesia. Oleh sebab itu, seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia khususnya yang menerima penyandang Disabilitas wajib melakukan langkah-langkah untuk memberikan akomodasi yang layak kepada mahasiswa penyandang disabilitas. Namun, masih sedikit Perguruan Tinggi yang sudah betul-betul memberikan layanan inklusif untuk mahasiswa disabilitas khususnya di Indonesia Timur.  Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pelaksanaan pendidikan inklusi di Perguruan Tinggi. Kegiatan ini menghadirkan beberapa narasumber yang telah mendapatkan surat rekomendasi dari Perguruan Tinggi terkait untuk menjadi narasumber dan memaparkan materi terkait Pendidikan Inklusi. Peserta dalam kegiatan ini berjumlah 88 orang, yang terdiri dari dosen, mahasiswa, masyarakat umum yang berasal dari seluruh Indonesia. Data pada kegiatan ini diperoleh dari hasil pre-test dan post test yang telah diisi oleh para peserta, serta dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif dan paired sampel t test. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa para peserta dalam kegiatan ini mengalami peningkatan pengetahuan mengenai pelaksanaan pendidikan inklusi di Perguruan Tinggi.

Kata Kunci: Pendidikan Inklusi, Perguruan Tinggi


Full Text:

PDF

References


Ainscow, M. (2002). Understanding the Development of Inclusive Schools. London: Taylor & Francis e-Library.

Amalia, R. (2022). Persepsi mahasiswa PGSD terhadap anak berkebutuhan khusus dalam konteks sekolah inklusi. Elia: Journal Educational Learning and Innovation, 2(1), 26-41.

Isjianto. (2005). Riset sumber daya manusia cara praktis mengukur stres, kepuasan kerja, komitmen, loyalitas, motivasi kerja & aspek-aspek kerja karyawan lainnya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Maris, A. W. I., & Rahmi, I. (2022). Strategi lembaga pendidikan tinggi inklusif dalam meningkatkan kemampuan kerja mahasiswa Difabel: Praktik Baik di Indonesia. Seminar Nasional Inovasi Vokasi, 1(1), 106-115.

Morgado, B., Cortés-Vega, M. a . D., López-Gavira, R., Álvarez, E., & Moriña, A. (2016). Inclusive Education in Higher Education? Journal of Research in Special Educational Needs, 16, 639–642.

Muhibbin, M.A. (2021). Tantangan dan strategi pendidikan inklusi di perguruan tinggi di Indonesia: Literature Review. Jurnal Pendidikan Inklusi, 4(2).

Prameswari, D. P., & Rahayu, T. S. (2020). Efektivitas model pembelajaran cooperative learning tipe make a match dan numbered head together: kajian meta – analisis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 202-210.

Republik Indonesia. (2009). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 70 Tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusif bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Republik Indonesia. (2016). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 8 tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Jakarta: Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Republik Indonesia. (2020). Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2020 tentang Akomodasi yang Layak untuk Peserta Didik Penyandang Disabilitas. Jakarta: Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Sastradiharja, E. E. J., Farizal, M. S., & Sutarya, M. (2020). Pendidikan inklusi di perguruan tinggi: studi pada pusat kajian dan layanan mahasiswa berkebuhan khusus Politeknik Negeri Jakarta. Alim: Jurnal of Islamic Education, 2(1), 101-118.

Yusuf, M. (2015). Pendidikan Inklusif di Perguruan


Article Metrics

Abstract view : 73 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.