Integrasi Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Pada Kurikulum Sekolah

Rika Kurnia R.(1*), Sulaiman Samad(2), Irmawati Irmawati(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v4i2.56386

Abstract


Abstrak Tujuan pengabdian ini memberikan pelatihan kepada 15 orang guru SMA Negeri 2 Majene dan akan menghasilkan kurikulum terintegrasi nilai karakter dengan cara memberikan pengetahuan tentang pengintegrasian nilai kejujuran, disiplin, tanggung jawab dan empati dalam pembelajaran pada kurikulum sekolah. Menggunakan metode pembelajaran kontekstual dengan pendekatan whole school approach melibatkan seluruh komponen sekolah. Data diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Langkah kegiatannya menggunakan model pengembangan ADDIE dengan lima tahapan yang dimulai dengan melakukan analisis kebutuhan, merancang kurikulum, mengembangkan kurikulum, implementasi dan evaluasi. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa pengintegrasian nilai karakter dalam pembelajaran 86% sangat setuju untuk dilakukan. Pengintegrasian nilai karakter dapat membuat guru lebih siap menghadapi tantangan zaman. Dengan menanamkan nilai karakter dalam pembelajaran diharapkan dapat membantu siswa menjadi pribadi yang lebih baik, dari segi sikap maupun perilaku.

Kata kunci: Integrasi, Nilai karakter, Kurikulum.

Full Text:

PDF

References


Aswidar dkk, 2021. Karakter Religius,Toleransi, dan Disiplin pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran Volume 6 Nomor 1, 2021, pp 134-142 E-ISSN: 2615-6091; P-ISSN: 1858-4543 DOI:

http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v6i1

Hamdani, A. A., & Khair, M. (2020). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Berbasis Nilai Karakter.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 7684.

Hasan, S. H. (2012). Pendidikan Sejarah untuk Memperkuat Pendidikan Karakter. Paramita: Historical Studies Journal, 22(1).

https://doi.org/10.15294/paramita.v22i1.1 875.

Indriani dkk, (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Khazanah Pendidikan. Jurnal Ilmiah Kependidikan. P-ISSN: 1979 – 6668 e-ISSN: 2807 – 1379 Vol. 17, No. 1 Maret 2023. Diakses 1 Agustus 2023.

Khafid, M., & Rofiqoh, R. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Nilai Karakter dalam Kurikulum

Khalisah Humairah, "Strategi Implementasi Pendidikan Karakter kepada Peserta Didik di Era Merdeka Belajar", Diakses Pada 10

Juni 2023,

https://www.kompasiana.com/khalisahhmr /638f43ee4addee2b844fab62/strategiimplementasi-pendidikan-karakter-kepadapeserta-didik-di-era-merdeka-belajar

Khozin dkk., 2021. Pengembangan Integrasi Kurikulum. Tadarus: Jurnal Pendidikan

Islam Issn: 2089-9076 (Print) Issn: 25490036 (Online) Website: http://journal.umsurabaya.ac.id/index.php/Tadarus

TADARUS: Jurnal Pendidikan Islam/Vol

, No 1 (2021) (84-94)

Lestari, P. (2016). Membangun Karakter Siswa Melalui Kegiatan Intrakurikuler, Ekstrakurikuler, dan Hidden Curriculum di SD Budi Mulia Dua Pandeansari Yogyakarta. Jurnal Penelitian, 10(1), 71.

https://doi.org/10.21043/jupe.v10i1.1367.

Maharani dkk., 2023. Analisis Integrasi NilaiNilai Karakter dalam Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas IV SD 3 Robayan. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) (eISSN: 2614-8854) Volume 6, Nomor 4, April

(2519-2526) 2519

Mailita, 2019. Integrasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Tarbiyah Islamiyah volume 9 no 1, 2019.

Muhamad Nova. (2017). Character Education in Indonesia EFL Classroom Implementation and Obstacles. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2).

https://doi.org/10.21831/jpk.v7i2.13650

Priantini, Dewa Ayu Made Manu Okta, Ni Ketut Suarni, dkk. (2022). /Analisis Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu.

(2).

Ramdani (2018). Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial

Saputro, J. D., & Murdiono, M. (2020). Implementation of Character Education through a Holistic Approach to Senior High School Students. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(11), 460– 470. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v7i11.2146.

Siti Zulaiha, dkk (2023) “Problematika Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar,” Jurnal Pendidikan dan

Pembelajaran Dasar 9, no. 2 (2022): 163– 177. Diakses 1 Agustus 2023.

Suherman, 2022. Character education in the family as a strengthening of moderation during the pandemic era. Journal of Social Studies (JSS), ISSN: 1858-2656 (p); 2721-

(e) Vol. 18. No. 2 (2022), pp. 237-

doi: 10.21831/jss.v18i2. 53229.237-

Supriatna, E. dkk.,(2019). Model Pembelajaran Berbasis Kontekstual dengan Pendekatan Nilai-Nilai Karakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan:

Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(6), 822-828.

Suriadi, H. J., Firman, F., & Ahmad, R. (2021). Analisis Problema Pembelajaran Daring Rohmah et al. 159 Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 165–173. https://doi.org/10. 31004/edukatif.v3i1.251.

Susilowati, Evi. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembentukan Karakter Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Miskawaih: Journal of Science Education (MIJOSE).

(1).

Widhiartha, K., & Supriadi, D. (2020). Peningkatan Pendidikan Karakter melalui Penerapan Kurikulum Merdeka. Jurnal Kebijakan Pendidikan Indonesia, 9(2), 117-128.

Widodo, S., & Sunaryo, S. (2020). Evaluasi Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran IPS di SDN di Kabupaten Kebumen. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 64-71.

Wuryandani, W., Maftuh, B., & Budimansyah, D. (2014). pendidikan karakter disiplin di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2, 286–295.

https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2168.

Yasmin dkk., 2026. Hubungan Disiplin Dengan Tanggung Jawab Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 1 Nomor: 4 Bulan April Tahun 2016 Halaman: 692—697.


Article Metrics

Abstract view : 288 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.