Program e-Trash Bank (e-TB) untuk Mewujudkan SDGs Desa Sadar Lingkungan dan Meningkatkan Penghasilan Rumah Tangga di Desa Tarowang

Muh. Riyadh Ma’arif(1*), Tauhid Sidiq Makulau(2), Ahmad Alif Maqbul(3), Nurkhofifah Awini(4), Asri Ismail(5), Bobby Poerwanto(6),

(1) Tim PPK Ormawa Maperwa Universitas Negeri Makassar
(2) Tim PPK Ormawa Maperwa Universitas Negeri Makassar
(3) Tim PPK Ormawa Maperwa Universitas Negeri Makassar
(4) Tim PPK Ormawa Maperwa Universitas Negeri Makassar
(5) Tim PPK Ormawa Maperwa Universitas Negeri Makassar
(6) Tim PPK Ormawa Maperwa Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v4i2.56383

Abstract


Abstrak - Implementasi Program e-Trash Bank Tarowang (e-TB Tarowang) sebagai solusi inovatif dalam mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) di Desa Tarowang, Kabupaten Jeneponto merupakan bentuk pengabdian yang merealisasikan upaya mitigasi masalah sosial-ekonomi dan isu lingkungan yang dialami masyarakat Desa Tarowang. Metode pengabdian yang digunakan adalah pemberdayaan kelompok, pembimbingan, penerapan teknologi tepat guna pengolahan limbah dan teknologi informasi. Selama pengabdian, masyarakat desa terlibat aktif dalam upaya manajemen persampahan, pengelolaan sampah, dan praktik pelestarian lingkungan yang berkelanjutan. Selain itu, program ini berhasil meningkatkan penghasilan rumah tangga melalui sistem insentif yang diberikan kepada masyarakat yang tergabung sebagai nasabah bank sampah dan hasil penjualan produk e-TB Tarowang. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam program ini juga meningkatkan aksesibilitas dan efisiensi dalam proses pengumpulan, pendataan, dan penilaian sampah. Melihat atensi dan antusias masyarakat Desa Tarowang menunjukkan bahwa Program e-TB memiliki potensi besar untuk memperkuat kerangka kerja SDGs di tingkat desa, terutama dalam hal pencapaian tujuan lingkungan dan keberlanjutan ekonomi. Namun, tantangan implementasi seperti pendanaan yang berkelanjutan, partisipasi masyarakat yang konsisten, dan infrastruktur teknologi yang andal tetap perlu dijaga.

 

Kata Kunci : e-Trash Bank (e-TB), Sosial-ekonomi, Sustainable Development Goals (SDGs), Kesadaran Lingkungan, Desa Tarowang.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Bismala, L. (2016). Model manajemen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk meningkatkan efektivitas usaha kecil menengah. Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship, 5(1), 19-26.

BPS Sulsel. (2023). Tingkat Pengangguran Terbuka di Sulawesi Selatan Sebesar 5,26 Persen.

Budi, E. (2017). Pemanfaatan briket arang tempurung kelapa sebagai sumber energi alternatif. Sarwahita, 14(01), 81-84.

Khoiriyah, H. (2021). Analisis Kesadaran Masyarakat Akan Kesehatan terhadap Upaya Pengelolaan Sampah di Desa Tegorejo Kecamatan Pegandon Kabupaten Kendal. Indonesian Journal of Conservation, 10(1), 13-20.

Mandasari, D. J., Widodo, J., & Djaja, S. (2019). Strategi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Batik Magenda Tamanan Kabupaten Bondowoso. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(1), 123-128.

Mangkau, A. (2011). Karakteristik Pembakaran Briket limbah Tongkol Jagung dan Sekam Padi Dengan Berbagai Perbandingan Tongkol Jagung Dan Sekam Padi. Laporan Penelitian Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin.

Wardi, J., & Putri, G. E. (2020). Pentingnya penerapan pengelolaan keuangan bagi UMKM. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis.


Article Metrics

Abstract view : 77 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.