Meningkatkan Kualitas Sanitasi Lingkungan Perumahan Melalui Konstruksi Drainase Saluran Pembuangan Air Kotor Rumah Tangga

Faizal Amir(1*), Muhammad Ardi(2), Bakhrani A. Rauf(3), Putri Ida Sunaryathy Samad(4), Alimuddin Sa'ban Miru(5),

(1) Dosen Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(2) Dosen Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(3) Dosen Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(4) Dosen Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(5) Dosen Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v4i2.56382

Abstract


ABSTRAK - Kelompok sasaran Program Kemitraan Masyarakat (PKM) adalah masyarakat ekonomi lemah di Desa Samangki Kabupaten Maros. Oleh karena itu mitra kegiatan ini adalah Kepala Desa Samangki, yakni  Ibu Hj. Darwana, S.Pd; sebagai perwakilan masyarakat ekonomi lemah di Desa Samangki.  Rumah tempat tinggal kelompok sasaran umumnya tidak memiliki saluran pembuangan air kotor yang sehat dan aman terhadap lingkungan. Akibatnya lingkungan perumahan tercemar oleh buangan air kotor rumah tangga. Pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman kelompok sasaran membuat konstruksi drainase pengaliran air kotor rumah tangga (sanitasi lingkungan) sangat terbatas.  Oleh karena itu kelompok sasaran perlu dibimbing untuk mengatasi permasalahan lingkungannya. Permasalahan PKM: (1) pengetahuan  kelompok sasaran membuat  drainase pembuangan air kotor rumah tangga tergolong rendah,  (2) kelompok sasaran tidak menganal alat dan bahan yang digunaka untuk membuat drainase pembuangan air kotor rumah tangga,  (3) keterampilan  kelompok sasaran membuat  drainase pembuangan air kotor rumah tangga sangat rendah.   Solusi permasalahan:  (1) memberikan penyuluhan kepada kelompok sasaran tentang   drainase pembuangan air kotor rumah tangga, (2) memperkenalkan  alat dan bahan yang digunaka untuk membuat drainase pembuangan  air kotor rumah tangga,  (3) melatih dan mendampingi kelompok sasaran membuat  drainase pembuangan air kotor rumah tangga. Dengan demikian tujuan PKM adalah:  (1) meningkatkan pengetahuan  kelompok sasaran membuat  drainase pembuangan air kotor rumah tangga,  (2) memperkenalkan alat dan bahan yang digunakan untuk membuat drainase pembuangan air kotor rumah tangga,  (3) meningkatkan keterampilan  kelompok sasaran membuat  drainase pembuangan air kotor rumah tangga yang sehat dan aman terhadap lingkungan.  Metode pelaksanaan: (1) melakukan perizinan dan  persiapan lokasi, (2)  melakukan sosialisasi, (3) melakukan penyuluhan, (4) memperkenalkan bahan bangunan dan alat yang digunakan, (5) melakukan pelatihan dan pendampingan membuat drainase pembuangan air kotor,  dan (6) melakukan evaluasi. Hasil yang dicapai berupa, Kelompok sasaran: (1) memiliki pengetahuan membuat drainase pembuangan air kotor rumah tangga,  (2) mengenal alat dan bahan yang digunaka untuk membuat drainase pembuangan air kotor rumah tangga,  (3) terampil membuat drainase pembuangan air kotor rumah tangga, (4) satu unit rumah kelompok sasaran memiliki drainase pembuangan air kotor yang aman terhadap lingkungan.

 

Kata Kunci:  Pengetahuan, Masyarakat, Drainase, Pembuangan air kotor, dan Ekonomi lemah

Full Text:

PDF

References


Bakhrani A. Rauf. 2018. Model Konstruksi Jamban Keluarga Untuk Masyarakat Ekonomi Lemah yang Aman Terhadap Lingkungan pada Wilayah Dataran Tinggi Provinsi Sula-wesi Selatan. Makassar: Lem-baga Penilitan UNM.

Notoatmodjo. 2010. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku: Jakarta: Rineka

UU RI No. 32 Tahun 2009 Tentang tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Ahmadi. 2012. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Adnani. 2011. Ilmu Kesehatan Masyarakat. Cetakan 1. Yoyakarta: Nuha Medika.

Adnil, Edwin Nurdin. 2011. Tumbuh Kembang Perilaku Manusia. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC,.

Muhammad Ardi. 2019. Pene-litian Eksperimen Untuk Me-ningkatkan Kualitas Lingku-ngan Permukiman di Kabupa-ten Soppeng. Makassar: Lem-baga Penelitian UNM.

Muhammad Ardi dan Faizal Amir. 2020. Meningkatkan Kualitas Lingkungan Permuki-man di Kabupaten Soppeng (Eksperimen pada Masyarakat yang Menghuni Rumah Tipe Sedang). Makassar: Lembaga Penelitian UNM.

Faizal Amir dan Muhamad Ardi. 2021. Meningkatkan Kualitas Sanitasi Lingkungan Permuki-man Pada Masyarakat Ber-penghsilan Rendah di Kabupa-ten Soppeng. Makassar: Lemba-ga Penelitian UNM.


Article Metrics

Abstract view : 34 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.