Diskusi Publik Artificial Intelligence (AI): Mengoptimalkan Pemanfaatan Teknologi untuk Kemajuan Pendidikan dan Produktivitas Masyarakat
(1) Program Studi Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
(2) Program Studi Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
(3) Program Studi Pendidikan Pendidik Sekolah Dasar, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v4i1.46358
Abstract
Abstrak. Mitra pada kegiatan diskusi publik ini adalah Laboratorium Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Diskusi publik Artificial Intelligence (AI): Mengoptimalkan Pemanfaatan Teknologi untuk Kemajuan Pendidikan dan Produktivitas Masyarakat dilaksanakan berdasarkan permasalahan: (1) rendahnya tingkat pemahaman masyarakat tentang konsep dan manfaat AI dalam kehidupan sehari-hari; (2) adanya stigma dan ketakutan publik bahwa AI mampu menggantikan tenaga kerja manusia; (3) kurangnya akses dan pengetahuan tentang teknologi AI di kalangan siswa, mahasiswa, dan pendidik, sehingga belum teroptimalkan dalam proses belajar mengajar; (4) kurangnya upaya dari pihak-pihak terkait untuk menyediakan pelatihan dan pembelajaran tentang penggunaan teknologi AI yang tepat dan efektif. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini berupa talkshow, diskusi, dan curah pendapat. Kegiatan diskusi publik ini bertujuan untuk memberikan informasi terkait pemanfaatan teknologi AI untuk kemajuan pendidikan dan produktivitas masyarakat, sehingga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang manfaat dan potensi teknologi AI, serta meningkatkan keterampilan dan pengetahuan tentang penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
Kata Kunci: Artificial Intelligence (AI), Kecerdasan Buatan, Diskusi Publik, Produktivitas.
Full Text:
PDFReferences
Adiguzel, T., Kaya, M. H., & Cansu, F. K. (2023). Revolutionizing education with AI: Exploring the transformative potential of ChatGPT. Contemporary Educational Technology, 15(3), ep429. https://doi.org/10.30935/cedtech/13152
Bitzenbauer, P. (2023). ChatGPT in physics education: A pilot study on easy-to-implement activities. Contemporary Educational Technology, 15(3), ep430. https://doi.org/10.30935/cedtech/13176
Jaya, H., Sabran, S., Idris, M., Djawad, Y. A., Ilham, A., & Ahmar, A. S. (2018). Kecerdasan Buatan. Makassar: Falkultas MIPA Universitas Negeri Makassar.
Kraugusteeliana, K., Indriana, I. H., Krisnanik, E., Muliawati, A., & Irmanda, H. N. (2023). Utilisation of ChatGPT’s Artificcial Intelligence in Improving the Quality and Productivity of Lecturers’ Work. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 3245–3249. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13650
Manongga, D., Rahardja, U., Sembiring, . I., Lutfiani, N., & Yadila, A. B. (2022). Dampak Kecerdasan Buatan Bagi Pendidikan. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 3(2), 41–55. https://doi.org/10.34306/abdi.v3i2.792
Skrabut, S. (2023). 80 Ways to Use ChatGPT in the Classroom: Using AI to Enhance Teaching and Learning. ebook. ISBN 9798985553741.
Subakti, H., Romli, I., Nur Syamsiyah, S. T., Budiman, A. A., Kom, M., Herianto, S. P., ... & MSI, M. (2022). Artificial Intelligence. Media Sains Indonesia
Article Metrics
Abstract view : 835 times | PDF view : 16 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.