PKM Sosialisasi Mengenal dan Memahami Anak Autis dan Anak ADHD Kepada Guru- Guru SLB Negeri 1 Kabupaten Gowa

Tatiana Meidina(1*), Bastiana Bastiana(2), St. Kasmawati(3), Dwiyatmi Sulasminah(4), Wizerty Ariastuti(5),

(1) Jurusan Pendidikan Khusus. Fakultas Ilmu Pendidikan. UNM
(2) Jurusan Pendidikan Khusus. Fakultas Ilmu Pendidikan. UNM
(3) Jurusan Pendidikan Khusus. Fakultas Ilmu Pendidikan. UNM
(4) Jurusan Pendidikan Khusus. Fakultas Ilmu Pendidikan. UNM
(5) Jurusan Pendidikan Khusus. Fakultas Ilmu Pendidikan. UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v3i2.40871

Abstract


Abstrak. Mitra kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah SLB Negeri 1 Kabupaten Gowa yang mengalami kesulitan untuk dapat mengenal memahami dan melakukan penanganan sederhana terhadap kondisi anak autis dan Anak ADHD yang sama-sama memiliki masalah dengan perhatian. Perilaku mereka suka berubah tiba-tiba (impulsif) dan juga sulit berkomunikasi. Mereka mempunyai masalah dalam berhubungan dengan orang lain. Karena terlihat mirip, kadang orang menyamakan kondisi ADHD dengan autisme. Jika hal ini dibiarkan berlanjut maka penanganannya akan mengalami hambatan.  Sebagai Langkah awal, diperlukan sosialisasi untuk mengenal, memahami dan melakukan penanganan sederhana terhadap anak autis dan anak ADHD tersebut.  Metode yang digunakan adalah melalui ceramah, tanya jawab dan simulasi penanganan. dengan jumlah guru yang hadir sebanyak 16 orang guru. Hasil yang diperoleh setelah pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat adalah terjadinya peningkatan pengetahuan mengenai kondisi anak autis dan anak ADHD dilihat dari hasil pre-test dan post-test yang telah dilakukan, yaitu terdapat peningkatan pada 93% peserta pelatihan, dengan rata-rata peningkatan sebesar 7%-93% sehingga dapat disarankan untuk memperluas lingkup mitra dan memperdalam sosialisasi penanganan anak autis dan anak ADHD.

Kata Kunci : Autis, ADHD, Penanganan Sederhana


Full Text:

PDF

References


Darmawan, A..dan Rumani, M. 2018.. Aplikasi deteksi dini autis dan ADHD pada anak-anak menggunakan skala penilaian perilaku anak hiperaktif berbasis android. E.Proceeding of Engineering, 5(3).

Ousley, O. & Cermak, T. (2014). Autism spectrum disorder: Defining dimensions and subgroups. Curr Dev Disord Rep, 1, 20- 28. DOI 10.1007/s40474-013-0003-1

Wender, P.H. & Tomb, D.A. (2017). ADHD: A guide to understanding symptoms, causes, diagnosis, treatment, and changes over time in children, adolescents, and adult (5th Ed.). New York: Oxford University Press.


Article Metrics

Abstract view : 129 times | PDF view : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.