Diversifikasi Olahan Produk Perikanan Sebagai Wujud Pemulihan Ekonomi Nasional Di Desa Sampulungan Kabupaten Takalar

Indra Cahyono(1*), Nuraeni L. Rapi(2), Wayan Kantun(3), Harianti Harianti(4), Suryawati Salim(5), Fatahuddin Fatahuddin(6), Anugerah Saputra(7),

(1) Jurusan Sumber Daya Akuatik, Institut Teknologi dan Bisnis maritim Balik diwa
(2) Jurusan Sumber Daya Akuatik, Institut Teknologi dan Bisnis maritim Balik diwa
(3) Jurusan Sumber Daya Akuatik, Institut Teknologi dan Bisnis maritim Balik diwa
(4) Jurusan Sumber Daya Akuatik, Institut Teknologi dan Bisnis maritim Balik diwa
(5) Jurusan Kewirausahaan Perikanan, Universitas Bosowa
(6) Jurusan ilmu kelautan, Institut Teknologi dan Bisnis maritim Balik diwa
(7) Jurusan Budidaya Perairan, Institut Teknologi dan Bisnis maritim Balik diwa
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v3i2.40868

Abstract


Abstrak. Mitra Program kedaireka ini adalah adalah Koperasi Serba Usaha TURIN. Masalahnya adalah: (1) diperlukan program diversifikasi yang dapat mendukung pemulihan masyarakat nelayan (2) terkait pengelolahan limbah di desa sampulungan kabupate takalar perlu dilakukan edukasi kepada masyarat. Sasaran eksternal adalah hasil olahan perikanan baik makanan maupun hasil olahan dari limbah dalam bentuk pupuk cair. Metode yang digunakan adalah: ceramah, demonstrasi, diskusi, tanya jawab, dan pendampingan serta pengarahan hingga penjualan produk. Hasil yang dicapai adalah (1) Masyarakat nelayan mampu menghasilkan penghasilan tambahan melalui program diversifikasi produk olahan hasil perikanan berupa aneka kreasi makanan.(2)Masyarakat nelayan mempu mengatasi permasalahan limbah dengan metode pengolahan yang dikembangkan oleh dosen kami yakni Pupuk cair olahan sotong.

 

Kata kunci: Diversifikasi, Olahan hasil perikanan, produk makanan, Produk olahan limbah


Full Text:

PDF

References


Dwicaksono, M. R. B., Suharto, B., & Susanawati, L. D. (2013). Pengaruh penambahan effective microorganisms pada limbah cair industri perikanan terhadap kualitas pupuk cair organik. Jurnal Sumberdaya Alam dan Lingkungan, 1(1), 7-11.

Herawati, V. E., Saraswati, L. D., & Juniarto, A. Z. (2020). Penguatan Komoditi Unggulan Masyarakat Melalui Diversifikasi Produk Olahan Ikan di Desa Asinan Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang. Jurnal Pasopati: Pengabdian Masyarakat dan Inovasi Pengembangan Teknologi, 2(4).

Ismanadji, I dan Sudari. 1985. Petunjuk Pengolahan Bakso Ikan dalam Rangka Diversifikasi Pengolahan Hasil Perikanan Dirijen Perikanan bekerjasama dengan International Development Research Centre. Jakarta


Article Metrics

Abstract view : 247 times | PDF view : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.