PKM Workshop Pengembangan Perangkat Project Based Learning bagi Guru-Guru Mgmp Ipa Wilayah IV Kab. Polewali Mandar

Salma Samputri(1*), Ramlawati Ramlawati(2), Rifda Nur Hikmahwati Arif(3),

(1) Prodi Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v3i2.40867

Abstract


Abstrak. Sejak ditetapkannya Corona Virus (Covid-19) sebagai wabah dengan status darurat kesehatan global oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) memaksa pemerintah untuk mengeluarkan berbagai kebijakan demi memastikan stabilnya sektor kesehatan, sosial, budaya, pendidikan dan sector lainnya. Pengalihan proses pembelajaran dari konvensional ke daring tentu dihadapkan dengan banyak persoalan. Workshop pengembangan perangkat project based learning bagi guru-guru-guru MGMP IPA wilayah IV Kabupaten Polewali Mandar dilakukan dengan tujuan untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman kepada guru-guru IPA dalam hal mengembangkan perangkat pembelajaran menjadi project based learning sehubungan dengan bergantinya kurikulum saat ini menjadi Prototype yang dimana kurikulum Prototype ini berbasis kompetensi untuk mendukung pemulihan pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran berbasis proyek untuk mendukung pengembangan karakter sesuai dengan profil pelajar pancasila. Tujuan diadakannya pengembangan perangkat pembelajaran ialah untuk menghasilkan sebuah produk baru atau menyempurnakan produk yang sudah ada yang dapat dipertanggungjawabkan. Selain itu bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang mampu memecahkan masalah pembelajaran di kelas.

 

Kata Kunci: perangkat pembelajaran, PjBL, workshop


Full Text:

PDF

References


Arsyad, M., Helmi, H., & Khaeruddin, K. PKM bagi Guru IPA Fisika se-Kabupaten Maros. In Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 2019, No. 2).

Arsyad, M., Helmi, H., & Malago, J. PKM Pembelajaran Sains Fisika dengan Metode Eksperimen Disertai Lembar Kerja Siswa (LKPD) Untuk MGMP IPA Guru di Kabupaten Maros. In Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.

Mahlianurrahman, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013. Attadib: Journal of Elementary Education, 4(1), 1-13.

Munawaroh, R., Subali, B., & Sopyan, A. (2012). Penerapan Model Project Based Learning Dan Kooperatif Untuk Membangun Empat Pilar Pembelajaran Siswasmp. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 1(1).

Siagian, P., Simanjuntak, E., & Samosir, K. (2016). Prototype pembelajaran matematika SMA sesuai kurikulum 2013 untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah di Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 22(2), 91-108.


Article Metrics

Abstract view : 96 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.