PKM Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi pada Kelompok MGMP Bahasa Indonesia SMP di Kabupaten Majene

Mahmudah Mahmudah(1*), Syamsudduha Syamsudduha(2),

(1) Fakultas Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar
(2) Fakultas Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v3i2.40865

Abstract


Abstrak. Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini telah dilakukan kepada kelompok  Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia SMPN di Kabupaten Majene, untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan menulis teks deskripsi menggunakan pendekatan Linguistik Sistemik Fungsional yang terdiri atas struktur teks deskripsi, ciri-ciri kebahasaan teks deskripsi, dan keterampilan tentang langkah-langkah menulis teks deskripsi. Hasilnya menunjukkan bahwa peserta pelatihan yang terdiri atas 13 orang sangat antusias dan bertanggung jawab. Antusias mereka dibuktikan dengan peserta pelatihan dalam mengikuti pelatihan penulisan teks deskripsi tahap demi tahap yang dimulai dari tahap pretest¸ pemberian materi, melakukan praktik penulisan teks deskripsi, hingga sampai pada posttes yang dilakukan secara digital dengan hasil yang menggembirakan. Kegiatan ini berdampak bagi siswa dan guru. Bagi siswa agar mampu mengembangkan ide dalam menulis teks deskripsi yang memiliki sifat kekhususan dari sesuatu yang diuraikan. Bagi guru bahasa Indonesia, agar memiliki pengetahuan/keterampilan yang memadai untuk menemukan cara  mudah dalam hal: a) menemukan struktur teks deskripsi,  b) menentukan ciri kebahasaan teks deskripsi, dan c) merancang teks deskripsi secara tepat dengan pendekatan Linguistik Sistemik Fungsional. 

 

Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Teks Deskripsi, Kelompok MGMP, LSF

Full Text:

PDF

References


Imawati, Eni. 2017. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Teks Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi, Jurnal: Literasi, Vol. 1, Nomor 1, 2017

Keraf, Gorys, 1981. Eksposisi dan Deskripsi. Jakarta, Yayasan Kanisius.

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia, Jakarta: Rajawali Press.

Masrawati dan Muradi, Ahmad 2019. Pembelajaran Menulis Berbasis Teks pada Madrasah Tsanawiyah, Jurnal

Semi, A. 2007. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa Sutama, I Made, Pembelajaran Menulis Berbasis Penemuan,

http://s3pbi.fkip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2016/01/I-Made-Sutama.pdf. diakses 9 april 2019

Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis Merupakan Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. 2013 Edisi Revisi

Tim Penyusun Kamus. 1997. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Wiratno, 2018. Pengantar Ringkas Linguistik Sistemik Fungsional. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zainurrahman. 2011. Menulis dari Teori Hingga Praktik. Bandung: Alfabeta.

Solihin, Lukman. dkk. 2019. Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi. Penerbit: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


Article Metrics

Abstract view : 100 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.