PKM Coaching Clinic Olahraga Permainan Petanque pada Club Aspec Pamboang Sulawesi Barat

Sudiadharma Sudiadharma(1*), Abdul Rahman(2), Ahmad Rum Bismar(3),

(1) Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar
(2) Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar
(3) Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v3i2.40862

Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah pemain Club Aspec Pamboang Sulawesi Barat. Masalahanya adalah : (1) kurangnya pengetahuan tentang olahraga permainan petanque, (2) kurangnya kemampuan atau keterampilan dalam bermain olahrga permainan petanque, (3) kurangnya pengetahuan tentang perkembangan olahraga permainan petanque, (4) pencarian pembibitan olahraga permainan petanque.  Sasaran eksternal adalah kemampuan atau keterampilan bermain olahraga petanque pada pemain Club Aspec Pamboang Sulawesi Barat. Metode yang digunakan adalah : pendekatan langsung, demontrasi, ceramah, diskusi, praktek dan evaluasi. Hasil yang dicapai adalah : (1) mitra  mampu melakukan dan mengaplikasikan teknik dasar olahraga permainan petanque dengan baik dan benar, (2) mitra memiliki keterampilan yang memadai tentang teknik dasar olahraga permainan petanque dengan baik dan benar, (3) mitra memiliki pengetahuan tentang perkembangan olahraga permainan petanque, (4) mitra mampu mengangkat prestasi olahraga permainan petanque di Kabupaten Majene Kkecamatan Pamboang pada khususnya dan Provinsi Sulawesi Selatant pada umumnya.

Kata kunci: permainan petanque, choaching, clinic

Full Text:

PDF

References


Basir Annas. (2011). Olahraga Petanque, Cara Bermain dan Sejarahnya. Diakses dari http://sibukforever.blogspot.com/2011/11/olahraga-petanque-cara-bermain-dan.html, tanggal 15 Maret 2017.

Bogi Triyadi. (2011). Apa Itu Petanque. Diakses dari http://bola.liputan6.com/read/362674/apaitu-petanque, tanggal 15 Maret 2017.

Pengurus Besar Federasi Olahraga Petanque Indonesia. (2012). Program dan Teknik Dasar Bermain Petanque. Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 92 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.