Pelatihan Mindfulness untuk Meningkatkan Regulasi Emosi Masyarakat Pasca Gempa

Lukman Lukman(1*), Perdana Kusuma(2), M. Ahkam Alwi(3), Andi Nasrawati Hamid(4),

(1) Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar
(2) Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar
(3) Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar
(4) Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v3i1.33904

Abstract


Abstrak. Kondisi emosi masyarakat korban pasca gempa Majene Sulawesi Barat belum normal, gejala-gejala trauma emosional yang dialami diantaranya cemas, ketakutan, iritasi, gangguan tidur, kesulitan untuk berpikir dan mengambil keputusan. Tujuan pelatihan ini adalah membantu masyarakat korban pasca gempa untuk mengelola, dan memodulasi emosi yang mereka alami dengan mengenalkan salah satu strategi regulasi emosi melalui pelatihan mindfulness. Hasil kegiatan ini adalah peserta mendapatkan pengetahuan dan pemahaman regulasi emosi sehingga peserta dapat merasakan pengalaman subjektif, mengelola respon fisiologik dan perilaku yang berhubungan dengan emosi lebih baik. Regulasi emosi merupakan kemampuan untuk menanggapi suatu tuntutan pengalaman dengan berbagai emosi dalam suatu cara yang bersifat spontan, termasuk kemampuan untuk menunda reaksi spontan yang diperlukan untuk menciptakan emosi positif korban gempa.

 

Kata Kunci: regulasi emosi, pelatihan mindfulness, masyarakat korban pasca gempa


Full Text:

PDF

References


Andrews, L. Harris, G., & Howie, B. (2005). Assessing positive and negative changes in the aftermath of adversity: Psychometric evaluation of the changes in the outlook questionnaire. Psychological Assessment, 17,70-80.

Atkinson, R. L., Atkinson, R. C., Smith, E. E., & Bern, D. J. (2000). Pengantar psikologi, edisi kesebelas jilid dua. Penerjemah: Widjaja Kusuma. Jakarta: Erlangga.

Guendelman, S., Medeiros, S., & Rampes, H. (2017). Mindfulness and emotion regulation: Insights from neurobiological, psychological, and clinical studies. Frontiers in Psychology, 8(220).

Gross, J. J. & Thompson, R. A. (2006). Emotion regulation: Conceptual foundations. Handbook of Emotion Regulation. New York: Guilford Press.

Hayes, S. C., Follette, V. M., & Linehan, M. (2004). Mindfulness and acceptance: Expanding the cognitive-behavioral tradition. New York: Guilford Press.

Kabat-Zinn, J. (2013). Full catastrophe living: Using the wisdom of your body and mind to face stress, pain, and illness. New York: Bantam Dell.

Koole, S. L. (2009). The psychology of emotion regulation: An integrative review. Cognition & Emotion, 23(1), 4-41.

Kostiuk, L. M., & Gregpry, F. T. (2002). Understanding of emotions and emotions regulation in adolescent females with conduct problem: A qualitative analysis. Journal of The Qualitative Report, 7(1).

Langer, E. (2002). Well-being: Mindfulness versus positive evaluation. Dalam C. R. Snyder & S. J. Lopez (Eds.), Handbook of positive psychology (hal. 214-230). Oxford: Oxford University Press.

Neff, K. D. (2003). The development and validation of a scale to measure self compassion. Self and Identitiy, 2, 223-250.

Phan, K. L., & Sripada, C. S. (2013). Emotion regulation. In J. Armony & P. Vuilleumier (Eds), The Cambridge handbook of human affective neuroscience (pp. 373-400). New York: Cambridge University Press.

Raybum, N. R., Wenzel, S. L., Elliott, M. N., Hambarsoomians, K., Marshall, G. N, ÄTucker, J. S. (2005). Trauma, depression, coping, and mental health service seeking among impoverished women. Journal of Consulting and Clinical Psychology, 73, 667-677.

Wood, J. T. (2009). Interpersonal communication: Everyday encounters, (6th Ed.). Boston, USA: Engage Learning.


Article Metrics

Abstract view : 132 times | PDF view : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.