Pelatihan Penggunaan Trainer Pembelajaran Smart Relay bagi Guru SMK

Fathahillah Fathahillah(1*), Akhyar Muchtar(2), Nur Anny S. Taufieq(3), Anas Arfandi(4),

(1) Jurusan Teknik Informatika dan Komputer, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas Negeri Makassar
(4) Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v3i1.33475

Abstract


ABSTRAK. Pelatihan ini merupakan hasil kerjasama antara Tim PKM UNM dengan SMK di Kabupaten Pinrang sebagai mitra. Tujuan kegiatan PKM menitikberatkan pada peningkatan kompetensi siswa dalam bidang otomasi, melalui pembuatan media pembelajaran Smart Relay bagi guru SMK. Tahap pelaksanaan pelatihan diawali dengan melakukan observasi lapangan oleh Tim PKM. Selanjutnya adalah menentukan solusi berupa pembuatan modul trainer pembelajaran Smart Relay. Kemudian perancangan dan pembuatan trainer pembelajaran Smart Relay, penyusunan manual book dan pengujian alat. Tahap terakhir dari kegiatan ini adalah pelaksanaan pelatihan penggunaan Trainer pembelajaran Smart Relay bagi guru SMK Pinrang. Hasil kuesioner pelatihan menunjukkan dari 30 responden yang telah mengikuti pelatihan, terdapat 83% responden sangat memahami apa itu sistem otomasi, 7% memahami dan 10% cukup memahami. Dari segi kemudahan penggunaan dan kebermanfaatannya, semua responden (100%) sangat setuju menyatakan trainer pembelajaran Smart Relay mudah digunakan dan sangat bermanfaat.

 

Kata Kunci: smart relay, trainer, media pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Anshary, I. & Edidas, E. (2018). Pengembangan Trainer Mikrokontroler sebagai Media Pembelajaran dengan Metode Fault-Finding. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), 6 (2): 80-84.

Azhar, Arsyad. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Harahap, P., Adam, M. & Balisranislam, B. (2021). Implementasi Trainer Kit Pembangkit Listrik Tenaga Surya sebagai Pengembangan Media Pembelajaran Instalasi Listrik. ABDI SABHA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), 2 (2): 198-205.

Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran ( Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta: Referensi


Article Metrics

Abstract view : 52 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.