Pelatihan Disiplin Positif Bagi Guru-Guru SMP Negeri 3 Kabupaten Bantaeng: Suatu Upaya Mereduksi Perilaku Misbehave Siswa
(1) Program Studi Pendidikan Teknologi Pertanian, Universitas Negeri Makassar
(2) Program Studi Bimbingan Konseling, Universitas Negeri Makassar
(3) Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v3i1.33472
Abstract
Abstrak. Mitra kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) adalah SMPN 3 Kabupaten Bantaeng. Masalah dalam PKM adalah: (1) guru SMPN 3 masih belum memiliki pengetahuan terkait bagaimana mendisiplinkan siswa dengan menggunakan pendekatan psikologi behavioristik, 2) masih belum memiliki keterampilan melatihkan disiplin positif meliputi: hukuman dan disiplin, misbehave, konsekuensi logis, kesepakatan kelas dan sekolah. Sasaran dalam kegiatan PKM adalah: (1) meningkatkan kemampuan guru menggunakan teori psikologi behavioristik dalam upaya meningkatkan pemahaman guru menerapkan disiplin positif di kelas dan di sekolah, (2) meningkatkan keterampilan guru dalam melatih disiplin positif siswa melalui penerapan materi tugas perkembangan, hukuman dan disiplin positif, perilaku misbehave, konsekuensi logis, kesepakatan kelas dan sekolah. Metode yang digunakan adalah: workshop, diskusi, curah pendapat dan praktek simulasi pelatihan disiplin positif secara partisipatif. Hasil yang dicapai adalah (1) mitra mampu meningkatkan pengetahuan dalam memahami materi disiplin positif di sekolah, (2) mitra memiliki keterampilan dalam menerapkan disiplin positif meliputi: hukuman dan disiplin, misbehave, konsekuensi logis, kesepakatan kelas dan sekolah.
Kata Kunci: Disiplin Positif, Perilaku Misbehave
Full Text:
PDFReferences
Bidell & Deacon. (2010). School Counselors Connecting the Dots Between Disruptive Classroom Behavior and Youth Self-Concept
Katharine., (2017). “Don’t Jime It Out on Your Kids: A Parent’s and Teacher’sGuidetoPositiveDiscipline”.http://www.cei.net/~rcox/dontake.html [10/10/2005. “Disiplin Positif Pendekatan Menyeluruh” Manual Pelatihan untuk Guru, oleh Eka T.P.Simanjuntak, Dkk . Jakarta: Yayasan Nusantara Sejati
Markham, L. (2012). Peaceful Parents, Happy Kids. Penguin Group.
Nielsen, Mark. (2006). Copying Actions and Copying Outcomes: Social Learning Through the Second Year. Developmental Psychology by the American Psychological Association, (42) 3, 555–565
Ockwell, Sarah & Smith. (2017). The Gentle Discipline Book. Great Britain: Piatkus Publishing.
Pia Todras. (2007). Teachers Perspective of Disruptive Behavior in the Classroom. Dissertation. Faculty of the Chicago School of Professional Psychology
Simanjuntak, Eko T.P., (2017). Disiplin Positif Pendekatan Menyeluruh” Manual Pelatihan Untuk Guru (Jakarta: Yayasan Nusantara Sejati.
Santrock, J. W. (2012). Lifespan Development : Perkembangan Masa Hidup Jilid I. (B. Widyasinta, Penerj.) Jakarta: Penerbit Erlangga.
UNICEF dan YIM (2020) Modul Disiplin Positif, Makassar
Wijaya, Ign. Dharta Ranu. (2015). “Disiplin Positif dalam Pengasuhan dan Pendidikan”. Tersedia: http://documents.tips/documents/bukupanduan-disiplin-positif.html diakses 28 Oktober 2017
Article Metrics
Abstract view : 601 times | PDF view : 48 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.